Rezky P

28 Oktober 2023 01:45

Iklan

Rezky P

28 Oktober 2023 01:45

Pertanyaan

18. Pernyataan yang benar mengenai terbentuknya embun di permukaan daun pada pagi hari a dalah ... a. Partikel uap air menyerap kalor dari lingkungan sehingga suhu lingkungan menjadi dingin. b. Partikel uap air menyerap kalor dari lingkungan sehingga daun mengeluarkan titik-titik air. c. Partikel uap air melepaskan kalor sehingga terbentuk titik-titik air di permukaan daun. d. Partikel daun melepaskan kalor sehingga muncul titik-titik air di pagi hari pada permukaannya.​

18. Pernyataan yang benar mengenai terbentuknya embun di permukaan daun pada pagi hari adalah ... a. Partikel uap air menyerap kalor dari lingkungan sehingga suhu lingkungan menjadi dingin. 

b. Partikel uap air menyerap kalor dari lingkungan sehingga daun mengeluarkan titik-titik air. 

c. Partikel uap air melepaskan kalor sehingga terbentuk titik-titik air di permukaan daun. 

d. Partikel daun melepaskan kalor sehingga muncul titik-titik air di pagi hari pada permukaannya.​

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan ruangbelajar

Habis dalam

00

:

00

:

57

:

51

Klaim

12

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

R. Mutia

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

28 Oktober 2023 03:22

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah c. Partikel uap air melepaskan kalor sehingga terbentuk titik-titik air di permukaan daun.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Soal ini dapat diselesaikan dengan memahami konsep mengembun. Mengembun adalah proses perubahan wujud zat dari gas ke cair. Perhatikan gambar terlampir.</p><p>Peristiwa <i><strong>terbentuknya embun di permukaan daun pada pagi hari&nbsp;</strong></i> adalah salah satu contoh proses mengembun, dimana partikel uap air melepaskan kalor sehingga terbentuk titik-titik air di permukaan daun.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi jawaban yang tepat adalah c. Partikel uap air melepaskan kalor sehingga terbentuk titik-titik air di permukaan daun.&nbsp;</p>

Jawaban yang benar adalah c. Partikel uap air melepaskan kalor sehingga terbentuk titik-titik air di permukaan daun. 

 

Soal ini dapat diselesaikan dengan memahami konsep mengembun. Mengembun adalah proses perubahan wujud zat dari gas ke cair. Perhatikan gambar terlampir.

Peristiwa terbentuknya embun di permukaan daun pada pagi hari  adalah salah satu contoh proses mengembun, dimana partikel uap air melepaskan kalor sehingga terbentuk titik-titik air di permukaan daun. 

 

Jadi jawaban yang tepat adalah c. Partikel uap air melepaskan kalor sehingga terbentuk titik-titik air di permukaan daun. 

alt

Iklan

Vincent M

Community

28 Oktober 2023 03:06

Jawaban terverifikasi

<p>Pernyataan yang benar mengenai terbentuknya embun di permukaan daun pada pagi hari adalah:</p><p>c. Partikel uap air melepaskan kalor sehingga terbentuk titik-titik air di permukaan daun.</p><p>Embun terbentuk saat uap air dalam udara yang terkandung dalam udara mengalami pendinginan dan berubah menjadi air cair. Ketika partikel-partikel uap air yang terdapat di udara bersentuhan dengan permukaan daun yang lebih dingin, mereka melepaskan kalor dan mengembun, membentuk titik-titik air. Ini adalah hasil dari proses kondensasi di mana uap air berubah menjadi air cair karena melepaskan kalor.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Pernyataan yang benar mengenai terbentuknya embun di permukaan daun pada pagi hari adalah:

c. Partikel uap air melepaskan kalor sehingga terbentuk titik-titik air di permukaan daun.

Embun terbentuk saat uap air dalam udara yang terkandung dalam udara mengalami pendinginan dan berubah menjadi air cair. Ketika partikel-partikel uap air yang terdapat di udara bersentuhan dengan permukaan daun yang lebih dingin, mereka melepaskan kalor dan mengembun, membentuk titik-titik air. Ini adalah hasil dari proses kondensasi di mana uap air berubah menjadi air cair karena melepaskan kalor.

 

 

 


Keiko K

30 Oktober 2023 06:25

<p>C&nbsp;</p>


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan