Yudhistira Y

16 Agustus 2022 06:22

Iklan

Yudhistira Y

16 Agustus 2022 06:22

Pertanyaan

13. Penulisan kalimat di bawah ini menggunakan kata baku, kecuali ... a. Skripsinya sudah disahkan oleh dosen pembimbing. b. Adiknya kuliah di fakultas teknik. c. Sejak dulu nasihat orang tuanya tak pernah dihiraukan. d. Siswa baru itu meminta izin tidak masuk sekolah selama tiga hari. e. Ayah mengenyampingkan barang-barang bekas ke dalam gudang.

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

16

:

39

:

52

Klaim

5

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

P. Avivah

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

27 September 2022 05:03

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah E. Ayah mengenyampingkan barang-barang bekas ke dalam gudang.</p><p>&nbsp;</p><p>Kata baku adalah kata yang digunakan untuk menulis atau berkomunikasi sesuai dengan bahasa yang benar. Kata yang baku sesuai dengan aturan, pedoman, dan kaidah kebahasaan bahasa Indonesia. Pada pilihan di atas, kalimat yang tidak menggunakan kata baku adalah "Ayah mengeyampingkan barang-barang bekas ke dalam gudang". Kata <i>mengenyampingkan </i>bukan merupakan kata baku, karena kata yang benar adalah <i>mengesampingkan</i>.</p><p>&nbsp;</p><p>Maka, dapat disimpulkan bahwa penulisan kalimat yang tidak menggunakan kata baku yaitu "Ayah mengenyampingkan barang-barang bekas ke dalam gudang".</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, jawaban yang tepat yaitu E.</p>

Jawaban yang benar adalah E. Ayah mengenyampingkan barang-barang bekas ke dalam gudang.

 

Kata baku adalah kata yang digunakan untuk menulis atau berkomunikasi sesuai dengan bahasa yang benar. Kata yang baku sesuai dengan aturan, pedoman, dan kaidah kebahasaan bahasa Indonesia. Pada pilihan di atas, kalimat yang tidak menggunakan kata baku adalah "Ayah mengeyampingkan barang-barang bekas ke dalam gudang". Kata mengenyampingkan bukan merupakan kata baku, karena kata yang benar adalah mengesampingkan.

 

Maka, dapat disimpulkan bahwa penulisan kalimat yang tidak menggunakan kata baku yaitu "Ayah mengenyampingkan barang-barang bekas ke dalam gudang".

 

Jadi, jawaban yang tepat yaitu E.


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan