Shafa D

24 Agustus 2023 07:34

Iklan

Iklan

Shafa D

24 Agustus 2023 07:34

Pertanyaan

10 macam jenis tari kreasi dan tradisi di Jawa Barat beserta asal daerahnya

10 macam jenis tari kreasi dan tradisi di Jawa Barat beserta asal daerahnya


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

24 Agustus 2023 08:47

Jawaban terverifikasi

Tari adalah bagian penting dari budaya Indonesia, termasuk di Jawa Barat. Berikut adalah 10 contoh tari kreasi dan tradisi di Jawa Barat beserta asal daerahnya: 1. **Jaipongan** - Berasal dari Karawang 2. **Ketuk Tilu** - Berasal dari Bandung 3. **Topeng Cirebon** - Berasal dari Cirebon 4. **Wayang Golek** - Berasal dari Sunda, Bandung 5. **Ronggeng Gunung** - Berasal dari Priangan Timur 6. **Tari Merak** - Berasal dari Cirebon 7. **Sisingaan** - Berasal dari Subang 8. **Tari Jaipong** - Berasal dari Bandung 9. **Tari Bajidor Kahot** - Berasal dari Cianjur 10. **Tari Panen** - Berasal dari Karawang Setiap tari memiliki cerita dan makna budaya yang unik, serta sering dipertunjukkan dalam berbagai acara adat, festival, dan acara penting di Jawa Barat.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

27 Agustus 2023 05:06

Jawaban terverifikasi

<p>Jawa Barat memiliki beragam jenis tari kreasi dan tradisi yang mencerminkan kekayaan budaya dan seni daerah tersebut. Berikut adalah 10 contoh jenis tari kreasi dan tradisi di Jawa Barat beserta asal daerahnya:</p><p><strong>Tari Jaipongan:</strong> Asal Daerah: Bandung Deskripsi: Tari Jaipongan adalah tarian yang energik dan dinamis, diiringi oleh musik khas Jaipongan. Tarian ini menggabungkan gerakan lincah dan ekspresi wajah yang kuat.</p><p><strong>Tari Topeng Cirebon:</strong> Asal Daerah: Cirebon Deskripsi: Tari Topeng Cirebon melibatkan pemain yang mengenakan topeng berwarna-warni yang mewakili karakter-karakter mitologis. Tarian ini menggambarkan berbagai cerita dan konflik dalam pertunjukan teater tradisional.</p><p><strong>Tari Gambyong Pareanom:</strong> Asal Daerah: Banyumas Deskripsi: Tari Gambyong Pareanom adalah tarian yang menggambarkan keanggunan dan kesederhanaan. Tarian ini biasanya ditampilkan dalam acara pernikahan atau upacara adat.</p><p><strong>Tari Serimpi:</strong> Asal Daerah: Keraton Kasepuhan, Cirebon Deskripsi: Tari Serimpi adalah tarian istana yang mengutamakan gerakan lemah gemulai dan gerakan tangan yang indah. Tarian ini biasanya menggambarkan kisah-kisah cinta atau pernikahan.</p><p><strong>Tari Merak:</strong> Asal Daerah: Subang Deskripsi: Tari Merak adalah tarian yang menggambarkan keindahan burung merak. Tarian ini terkenal dengan gerakan leher dan sayap yang elegan.</p><p><strong>Tari Wayang Golek:</strong> Asal Daerah: Sunda, Jawa Barat Deskripsi: Tari Wayang Golek adalah tarian yang diilhami oleh pertunjukan wayang golek. Para penari mengenakan kostum karakter wayang golek dan melakukan gerakan yang mencerminkan karakter tersebut.</p><p><strong>Tari Kliningan:</strong> Asal Daerah: Cirebon Deskripsi: Tari Kliningan adalah tarian yang diiringi oleh gamelan kliningan. Tarian ini sering menggambarkan cerita-cerita tradisional dan legenda.</p><p><strong>Tari Gembyang:</strong> Asal Daerah: Subang Deskripsi: Tari Gembyang adalah tarian yang meniru gerakan burung gembyang. Gerakan dalam tarian ini lincah dan penuh semangat.</p><p><strong>Tari Ronggeng Gunung:</strong> Asal Daerah: Tasikmalaya Deskripsi: Tari Ronggeng Gunung adalah tarian yang menggambarkan keindahan alam pegunungan. Para penari mengenakan pakaian adat dan melibatkan gerakan-gerakan yang menggambarkan pemandangan alam.</p><p><strong>Tari Ketuk Tilu:</strong> Asal Daerah: Bandung Deskripsi: Tari Ketuk Tilu adalah tarian yang diiringi oleh alat musik ketuk tilu. Tarian ini biasanya menggambarkan kehidupan sehari-hari dan interaksi antara laki-laki, perempuan, dan lingkungan sekitar.</p><p>Setiap jenis tari di Jawa Barat memiliki nilai budaya dan cerita tersendiri, dan merupakan bagian penting dari warisan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Jawa Barat memiliki beragam jenis tari kreasi dan tradisi yang mencerminkan kekayaan budaya dan seni daerah tersebut. Berikut adalah 10 contoh jenis tari kreasi dan tradisi di Jawa Barat beserta asal daerahnya:

Tari Jaipongan: Asal Daerah: Bandung Deskripsi: Tari Jaipongan adalah tarian yang energik dan dinamis, diiringi oleh musik khas Jaipongan. Tarian ini menggabungkan gerakan lincah dan ekspresi wajah yang kuat.

Tari Topeng Cirebon: Asal Daerah: Cirebon Deskripsi: Tari Topeng Cirebon melibatkan pemain yang mengenakan topeng berwarna-warni yang mewakili karakter-karakter mitologis. Tarian ini menggambarkan berbagai cerita dan konflik dalam pertunjukan teater tradisional.

Tari Gambyong Pareanom: Asal Daerah: Banyumas Deskripsi: Tari Gambyong Pareanom adalah tarian yang menggambarkan keanggunan dan kesederhanaan. Tarian ini biasanya ditampilkan dalam acara pernikahan atau upacara adat.

Tari Serimpi: Asal Daerah: Keraton Kasepuhan, Cirebon Deskripsi: Tari Serimpi adalah tarian istana yang mengutamakan gerakan lemah gemulai dan gerakan tangan yang indah. Tarian ini biasanya menggambarkan kisah-kisah cinta atau pernikahan.

Tari Merak: Asal Daerah: Subang Deskripsi: Tari Merak adalah tarian yang menggambarkan keindahan burung merak. Tarian ini terkenal dengan gerakan leher dan sayap yang elegan.

Tari Wayang Golek: Asal Daerah: Sunda, Jawa Barat Deskripsi: Tari Wayang Golek adalah tarian yang diilhami oleh pertunjukan wayang golek. Para penari mengenakan kostum karakter wayang golek dan melakukan gerakan yang mencerminkan karakter tersebut.

Tari Kliningan: Asal Daerah: Cirebon Deskripsi: Tari Kliningan adalah tarian yang diiringi oleh gamelan kliningan. Tarian ini sering menggambarkan cerita-cerita tradisional dan legenda.

Tari Gembyang: Asal Daerah: Subang Deskripsi: Tari Gembyang adalah tarian yang meniru gerakan burung gembyang. Gerakan dalam tarian ini lincah dan penuh semangat.

Tari Ronggeng Gunung: Asal Daerah: Tasikmalaya Deskripsi: Tari Ronggeng Gunung adalah tarian yang menggambarkan keindahan alam pegunungan. Para penari mengenakan pakaian adat dan melibatkan gerakan-gerakan yang menggambarkan pemandangan alam.

Tari Ketuk Tilu: Asal Daerah: Bandung Deskripsi: Tari Ketuk Tilu adalah tarian yang diiringi oleh alat musik ketuk tilu. Tarian ini biasanya menggambarkan kehidupan sehari-hari dan interaksi antara laki-laki, perempuan, dan lingkungan sekitar.

Setiap jenis tari di Jawa Barat memiliki nilai budaya dan cerita tersendiri, dan merupakan bagian penting dari warisan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan.

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tari Saronde berasal dari ...

116

0.0

Jawaban terverifikasi