Assya A

23 Maret 2024 06:26

Iklan

Iklan

Assya A

23 Maret 2024 06:26

Pertanyaan

1. Sekolah akan menjadi berkualitas dan maju jika seluruh komponen sekolah dapat menjalankan hak dan kewajibannya dengan baik. Kepala sekolah membuat kebijakan peningkatan mutu pendidikan dengan prioritas program layanan pembelajaran. Guru berkreasi untuk mengemas pembelajaran yang menarik dan senantiasa peduli dengan capaian belajar siswa. Siswa berkompetisi sehat untuk meningkatkan prestasi melalui bimbingan guru. Dampak hubungan sosial sesuai ilustrasi ditinjau dari teori struktural fungsional yaitu ….

1.      Sekolah akan menjadi berkualitas dan maju jika seluruh komponen sekolah dapat menjalankan hak dan kewajibannya dengan baik. Kepala sekolah membuat kebijakan peningkatan mutu pendidikan dengan prioritas program layanan pembelajaran. Guru berkreasi untuk mengemas pembelajaran yang menarik dan senantiasa peduli dengan capaian belajar siswa. Siswa berkompetisi sehat untuk meningkatkan prestasi melalui bimbingan guru. Dampak hubungan sosial sesuai ilustrasi ditinjau dari teori struktural fungsional yaitu ….


3

2


Iklan

Iklan

Dearta D

23 Maret 2024 10:07

Jawabannya adalah Situasi sekolah akan nyaman karena semua komponen saling menunjang Penjelasan: Dalam teori struktural fungsional, masyarakat atau kesatuan sosial lain seperti sekolah dipandang sebagai suatu sistem yang terintegrasi di mana setiap bagian memiliki fungsi dan berkontribusi pada stabilitas dan keseimbangan keseluruhan. Dalam konteks soal, sekolah akan menjadi berkualitas dan maju jika seluruh komponen sekolah dapat menjalankan hak dan kewajibannya dengan baik. Kepala sekolah, guru, dan siswa masing-masing memiliki peran dan fungsi mereka sendiri, dan mereka saling berinteraksi dan saling menunjang untuk mencapai tujuan bersama yaitu peningkatan mutu pendidikan. Oleh karena itu, jawaban yang paling sesuai adalah situasi sekolah akan menjadi nyaman karena semua komponen saling menunjang.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

24 Maret 2024 12:56

<p>Dalam konteks yang diberikan, dampak hubungan sosial tersebut sesuai dengan ilustrasi teori struktural fungsionalisme. Teori ini menekankan bahwa setiap bagian dari sistem sosial, termasuk institusi pendidikan seperti sekolah, berkontribusi pada kelangsungan dan stabilitas sistem secara keseluruhan. Dalam hal ini:</p><p><strong>Kepala Sekolah:</strong> Sebagai bagian dari sistem, kepala sekolah bertanggung jawab untuk membuat kebijakan peningkatan mutu pendidikan. Tindakan ini menggambarkan bagaimana kepala sekolah berperan dalam mempertahankan dan meningkatkan fungsi sistem pendidikan sebagai lembaga sosial yang melayani pembelajaran.</p><p><strong>Guru:</strong> Guru yang berkreasi untuk mengemas pembelajaran yang menarik dan peduli terhadap capaian belajar siswa memainkan peran penting dalam menjaga stabilitas dan kelangsungan sistem pendidikan. Mereka berkontribusi pada fungsi pendidikan dalam menyediakan pembelajaran yang efektif dan membantu siswa mencapai prestasi akademis.</p><p><strong>Siswa:</strong> Sikap siswa yang berkompetisi sehat untuk meningkatkan prestasi melalui bimbingan guru mencerminkan bagaimana siswa berpartisipasi dalam mencapai tujuan sistem pendidikan. Mereka berperan sebagai bagian dari sistem pendidikan yang berusaha mencapai kesuksesan akademis.</p><p><br>&nbsp;</p>

Dalam konteks yang diberikan, dampak hubungan sosial tersebut sesuai dengan ilustrasi teori struktural fungsionalisme. Teori ini menekankan bahwa setiap bagian dari sistem sosial, termasuk institusi pendidikan seperti sekolah, berkontribusi pada kelangsungan dan stabilitas sistem secara keseluruhan. Dalam hal ini:

Kepala Sekolah: Sebagai bagian dari sistem, kepala sekolah bertanggung jawab untuk membuat kebijakan peningkatan mutu pendidikan. Tindakan ini menggambarkan bagaimana kepala sekolah berperan dalam mempertahankan dan meningkatkan fungsi sistem pendidikan sebagai lembaga sosial yang melayani pembelajaran.

Guru: Guru yang berkreasi untuk mengemas pembelajaran yang menarik dan peduli terhadap capaian belajar siswa memainkan peran penting dalam menjaga stabilitas dan kelangsungan sistem pendidikan. Mereka berkontribusi pada fungsi pendidikan dalam menyediakan pembelajaran yang efektif dan membantu siswa mencapai prestasi akademis.

Siswa: Sikap siswa yang berkompetisi sehat untuk meningkatkan prestasi melalui bimbingan guru mencerminkan bagaimana siswa berpartisipasi dalam mencapai tujuan sistem pendidikan. Mereka berperan sebagai bagian dari sistem pendidikan yang berusaha mencapai kesuksesan akademis.


 


Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kutipan berikut untuk soal nomor 1-3. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) bukan istilah baru dalam dunia pendidikan. PJJ telah ada sejak 1984. Awal mulanya PJJ telah ada dan diterapkan di Universitas Terbuka sehingga kegiatan ini bukan menjadi kendala bagi lembaga perguruan tinggi di Indonesia untuk menggunakan sistem serupa. Pandemi Covid-19 yang mewabah pada berbagai sektor, termasuk bidang pendidikan. Berdasarkan data dari UNESCO hingga 13 Maret 2020, ada 61 negara di Afrika, Asia, Eropa, Timur Tengah, Amerika Utara, dan Amerika Selatan yang telah mengumumkan atau menerapkan pembatasan pembelajaran sekolah, serta universitas. Munculnya pandemi menuntut sejumlah lembaga pendidikan termasuk lembaga pendidikan tinggi untuk melakukan sebuah inovasi pembelajaran. Tujuannya agar pelaksanaan perkuliahan dapat tetap berjalan baik dengan memanfaatkan layanan pendidikan berbasis internet. Kita hanya perlu sedikit tekun dan melek teknologi agar tidak ketinggalan dalam belajar. Dalam memberikan penugasan kepada siswa atau mahasiswa, pendidik harus lebih mumpuni. Pendidik juga harus menguasai sejumlah fitur terkait dengan mata pelajaran atau mata kuliah. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh memang tidak lepas dari berbagai kendala, seperti terbatasnya akses internet dan perangkat yang dimiliki oleh siswa atau mahasiswa. Kondisi ini bukanlah menjadi suatu penghambat bagi guru atau dosen untuk melakukan inovasi, utamanya ketika pembelajaran secara daring. Apalagi Pemerintah juga telah memberikan bantuan subsidi pulsa atau kuota untuk tenaga pengajar dan siswa 2. Tentukan kalimat dengan konjungsi yang menyatakan hubungan waktu dan harapan, serta adverbia kualitatif dan kuantitatif dalam kutipan artikel tersebut!

2

5.0

Jawaban terverifikasi

Kutipan berikut untuk soal nomor 1-3. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) bukan istilah baru dalam dunia pendidikan. PJJ telah ada sejak 1984. Awal mulanya PJJ telah ada dan diterapkan di Universitas Terbuka sehingga kegiatan ini bukan menjadi kendala bagi lembaga perguruan tinggi di Indonesia untuk menggunakan sistem serupa. Pandemi Covid-19 yang mewabah pada berbagai sektor, termasuk bidang pendidikan. Berdasarkan data dari UNESCO hingga 13 Maret 2020, ada 61 negara di Afrika, Asia, Eropa, Timur Tengah, Amerika Utara, dan Amerika Selatan yang telah mengumumkan atau menerapkan pembatasan pembelajaran sekolah, serta universitas. Munculnya pandemi menuntut sejumlah lembaga pendidikan termasuk lembaga pendidikan tinggi untuk melakukan sebuah inovasi pembelajaran. Tujuannya agar pelaksanaan perkuliahan dapat tetap berjalan baik dengan memanfaatkan layanan pendidikan berbasis internet. Kita hanya perlu sedikit tekun dan melek teknologi agar tidak ketinggalan dalam belajar. Dalam memberikan penugasan kepada siswa atau mahasiswa, pendidik harus lebih mumpuni. Pendidik juga harus menguasai sejumlah fitur terkait dengan mata pelajaran atau mata kuliah. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh memang tidak lepas dari berbagai kendala, seperti terbatasnya akses internet dan perangkat yang dimiliki oleh siswa atau mahasiswa. Kondisi ini bukanlah menjadi suatu penghambat bagi guru atau dosen untuk melakukan inovasi, utamanya ketika pembelajaran secara daring. Apalagi Pemerintah juga telah memberikan bantuan subsidi pulsa atau kuota untuk tenaga pengajar dan siswa 1. Tentukan struktur kutipan artikel tersebut!

1

5.0

Jawaban terverifikasi