En E

16 Agustus 2021 10:46

Iklan

Iklan

En E

16 Agustus 2021 10:46

Pertanyaan

1. Mengapa produsen harus memecahkan masalah ekonomi modern sebelum berproduksi? 2. Apa upaya yang dilakukan produsen agar barang sampai kepada konsumen dengan baik? 3. Sistem ekonomi Indonesia saat ini termasuk sistem ekonomi campuran, yaitu gabungan antara sistem ekonomi liberal dan sistem ekonomi komando. Jelaskan makna pernyataan tersebut! 4. Masyarakat Desa Roa dalam memenuhi kebutuhan hidupnya masih bergantung pada alam. Tuliskan kelemahan sistem ekonomi Desa Roa! 5. BUMN ikut terlibat dalam pengembangan sistem demokrasi ekonomi. Apa peran BUMN dalam kegiatan perekonomian?


5

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Kusumaningrum

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

18 Agustus 2021 13:53

Jawaban terverifikasi

Hallo Endang, Nomor 1 Memecahkan masalah ekonomi merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh produsen sebelum memproduksi suatu barang. Sebab dengan memecahkan masalah tersebut di awal akan memudahkan produsen dalam kegiatan usahanya dan akan memudahkan dalam mendapatkan keuntungan. Masalah ekonomi modern mencakup: 1) Produsen harus mengamati produk apa yang sedang dibutuhkan konsumen (what), 2) Bagaimana proses produksinya (how), 3) untuk siapa barang tersebut diproduksi (for whom)? Nomor 2 Untuk mencapai tujuan distribusi ada beberapa cara yang dilakukan agar barang sampai kepada konsumen. Cara tersebut, antara lain: 1. Distribusi langsung adalah distribusi barang / jasa tanpa melalui perantara sehingga penyaluran langsung dari produsen kepada konsumen. Contoh, pedagang sate langsung menjual barang kepada konsumen. 2. Distribusi semi langsung adalah sistem distribusi dari produsen kepada konsumen melalui pedagang perantara yang merupakan bagian dari produsen. Contoh : pabrik tekstil menyalurkan kainnya melalui conventer. 3. Distribusi tidak langusung adalah sistem distribusi dari produsen kepada konsumen melalui agen, grosir, dll Nomor 3 Sistem ekonomi campuran merupakan sistem ekonomi gabungan antara sistem ekonomi liberal dengan sistem ekonomi komando dimana adanya peranan antara pemerintah dan pihak swasta. Peranan dari pihak pemerintah berupa menguasai sumber daya yang bersifat vital bagi masyarakat, sedangkan peranan dari pihak swasta selain dari kebutuhan vital. Nomor 4 Sistem ekonomi yang digunakan oleh Desa Roa adalah sistem ekonomi tradisional. Berikut kelemahan sistem ekonomi tradisional: 1. Masyarakat melakukan kegiatan barter hanya untuk memenuhi kebutuhan dan bukan meningkatkan kesejahteraan 2. Sulit untuk berkembang 3. Sulit untuk menetapkan ukuran barang yang ditukarkan karena belum terdapat alat tukar (uang). Nomor 5 Dalam sistem perekonomian disistem ekonomi demokrasi peran BUMN adalah sebagai pelopor/ perintis dalam sektor usaha yang belum diminati oleh pihak swasta serta menjadi sumber penerimaan negara. Jenjang: SMA Topik: Konsep dasar ilmu ekonomi Semoga membantu ya!


En E

20 Agustus 2021 12:20

hallo kak terimakasih atas bantuannya tolong bantu pertanyaan saya yang lainya juga ya kak

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada neraca saldo per 31 Desember 2017 terdapat akun sewa dibayar di muka Rp20.000.000,00. Sewa tersebut dibayar 1 September 2017, Atas dasar informasi tersebut maka pada waktu tutup buku per 31 Desember 2017 diminta anda untuk mencatat a. jurnal penyesuaian

971

0.0

Jawaban terverifikasi