Gin G

30 Mei 2023 09:08

Gin G

30 Mei 2023 09:08

Pertanyaan

1. Mengapa kondisi bumi tanpa atmosfer tampak seperti gambar? Ke manakah kehiduydan hidrosfer yang ada di bumi? Jelaskan! 2. Berdasarkan gambar tersebut, terlihat perbedaan kondisi benua zaman dahulu dengan zaman sekarang. Perbedaan tersebut terjadi karena ada pergerakan lempeng. Jika permukaan bumi berbentuk padat, mengapa di bumi terjadi pergerakan lempeng? Jelaskan! 3. Kita ketahui bahwa sumber air terbesar berada di laut atau samudra. Jika kamu perhatikan gambar pada soal, letak air terjun berada jauh di atas permukaan air laut. Mengapa di gunung terdapat sumber air seperti air terjun, sungai, maupun danau? 4. Jika terjadi peristiwa gempa bumi akibat aktivitas vulkanisme gunungapi, lalu diikuti dengan aktivitas gunungapi yang mulai meningkat, apa yang harus dilakukan masyarakat disekitar gunungapi dalam menghadapi situasi tersebut? 5. Revolysetiap planet memiliki waktu yang berbeda tergantung dari jaraknya dari matahari. Jika bumi menyelesaikan revolusinya, berapa kali Merkurius dan Venus mengelilingi matahari?

1. Mengapa kondisi bumi tanpa atmosfer tampak seperti gambar? Ke manakah kehiduydan hidrosfer yang ada di bumi? Jelaskan!

2. Berdasarkan gambar tersebut, terlihat perbedaan kondisi benua zaman dahulu dengan zaman sekarang. Perbedaan tersebut terjadi karena ada pergerakan lempeng. Jika permukaan bumi berbentuk padat, mengapa di bumi terjadi pergerakan lempeng? Jelaskan!

3. Kita ketahui bahwa sumber air terbesar berada di laut atau samudra. Jika kamu perhatikan gambar pada soal, letak air terjun berada jauh di atas permukaan air laut. Mengapa di gunung terdapat sumber air seperti air terjun, sungai, maupun danau?

4. Jika terjadi peristiwa gempa bumi akibat aktivitas vulkanisme gunungapi, lalu diikuti dengan aktivitas gunungapi yang mulai meningkat, apa yang harus dilakukan masyarakat disekitar gunungapi dalam menghadapi situasi tersebut?

5. Revolysetiap planet memiliki waktu yang berbeda tergantung dari jaraknya dari matahari. Jika bumi menyelesaikan revolusinya, berapa kali Merkurius dan Venus mengelilingi matahari?

alt

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

22

:

27

:

49

Klaim

6

2

Jawaban terverifikasi

Freshtia A

14 Juni 2023 22:33

Jawaban terverifikasi

1.Gambar menunjukkan kondisi bumi tanpa atmosfer karena atmosfer sangat penting untuk menjaga suhu bumi dan memfilter radiasi matahari yang berbahaya. Kehidupan dan sumber air di bumi tergantung pada atmosfer yang memiliki oksigen dan karbon dioksida. Hidrosfer bumi, yaitu air yang ada di bumi, terdapat di laut, sungai, danau, serta air tanah di bawah permukaan. Sedangkan kehidupan bumi terdapat di biosfer, yaitu di mana-mana di permukaan bumi serta di dalam tanah. 2.Meskipun permukaan bumi padat, lapisan di dalam bumi terdiri dari lempengan besar yang bergerak lambat. Gerakan lempeng terjadi karena adanya perbedaan suhu dan tekanan di dalam bumi. Hal ini menyebabkan tekanan dan gesekan yang akhirnya membuat lempengan bergeser dan menimbulkan gempa bumi serta perubahan bentuk daratan. 3.Air di gunung berasal dari curahan hujan dan salju yang mencair. Karena gravitasi menarik air ke bawah, air yang jatuh di lereng gunung akan mengalir ke arah yang lebih rendah. Hal ini membentuk air terjun dan sungai. Beberapa air mungkin juga menumpuk di cekungan-cukupan serta kerucut gunung api yang telah mati membentuk danau pegunungan. 4.Masyarakat di sekitar gunungapi sebaiknya mengikuti instruksi dari pihak berwenang, seperti evakuasi atau meninggalkan wilayah yang berisiko. Jangan mendekati gunungapi atau mencoba untuk mendekati kawah gunungapi. Bersiaplah dengan persediaan bahan makanan, minuman, obat-obatan, dan perlengkapan darurat seperti baterai cadangan, senter, radio komunikasi, dan pertolongan pertama. 5.Merkurius mengelilingi matahari sekali sekitar 88 hari, sementara Venus memerlukan waktu 225 hari untuk satu kali revolusi. Oleh karena itu, Merkurius mengelilingi matahari sekitar 4 kali, dan Venus sekitar 0,6 kali selama satu kali revolusi bumi.


Charynee C

02 Juni 2023 10:20

<p>1.Karena atmosfer merupakan unsur terpenting dalam kehidupan, untuk lebih jelasnya tanyakn di google mengapa atmosfer penting untuk kehidupan. Salah satu lapisan atmosfer adalah termosfer yg berfungsi untuk menghalang asteroid msk ke bumi dn menghancurkan bumi, bila tidak ada lapisan atmosfer maka kehidupan di bumi bisa hancur. Fungsi lapisan atmosfer&nbsp;</p><p>Troposfer : lapisan kehidupan yg terdapat cuaca, Stratosfer : lapisan kedua tempat pesawat melintas ,Mesosfer : lapisan ketiga yg terdapat ozon untuk melindungi bumi dari sinar ultraviolet matahari ,Termosfer : lapisan panas yg menghalang asteroid masuk ke bumi, Eksosfer : lapisan luar angkasa&nbsp;</p>

1.Karena atmosfer merupakan unsur terpenting dalam kehidupan, untuk lebih jelasnya tanyakn di google mengapa atmosfer penting untuk kehidupan. Salah satu lapisan atmosfer adalah termosfer yg berfungsi untuk menghalang asteroid msk ke bumi dn menghancurkan bumi, bila tidak ada lapisan atmosfer maka kehidupan di bumi bisa hancur. Fungsi lapisan atmosfer 

Troposfer : lapisan kehidupan yg terdapat cuaca, Stratosfer : lapisan kedua tempat pesawat melintas ,Mesosfer : lapisan ketiga yg terdapat ozon untuk melindungi bumi dari sinar ultraviolet matahari ,Termosfer : lapisan panas yg menghalang asteroid masuk ke bumi, Eksosfer : lapisan luar angkasa 


Charynee C

02 Juni 2023 10:24

2. Karena adanya aliran arus konveksi yg terjadi pada lapisan astenosfer

— Tampilkan 3 balasan lainnya

Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tempat berlangsungnya proses fotosintesis pada tumbuhan adalah … A. Akar B. Batang C. Daun D. Bunga

232

0.0

Jawaban terverifikasi