Diandra D

17 Juli 2022 01:57

Iklan

Iklan

Diandra D

17 Juli 2022 01:57

Pertanyaan

1) Kalender Hijriah dibangun berdasarkan rata-rata siklus siondik. Bulan yang rnemiliki 12 Bulan dalam setahun. 2) Jumlah hari dalam kalender Hijrian bergantung pada posisi Bulan, Bumi, dan Matahari . 3) Penentuan awal Bulan pada kalender Hijriah ditandai dengan munculnya Bulan sabit pertama (hilal) setelah Bulan baru (ijtimak) . 4) Jika hilal tidak terlihat pada hari ke29, jumlah hari akan dibulatkan menjadi 30 hari . Disadur dari : https://www.cnnindonesia.com/, diunduh 21 September 2020 2. lnformasi pokok paragraf tersebut terdapat pada angka .... a. 1) b. 2) c. 3) d. 4)


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

F. Anintya

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Gresik

30 Agustus 2022 01:13

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang sesuai untuk soal ini adalah (A) 1). Soal ini menanyakan informasi pokok dalam paragraf. Cara menemukan informasi penting dalam bacaan adalah: 1. Membaca judul bacaan supaya pembaca memperoleh gambaran mengenai sesuatu yang dibahas dalam bacaan. 2. Membaca skimming atau membaca sekilas untuk mengetahui poin-poin penting dalam bacaan. 3. Menemukan kalimat utama untuk mengetahui kata kunci dalam bacaan. 4. Membaca dengan teliti dilakukan untuk mengetahui inti dari setiap kalimat dalam paragraf. 5. Mencatat pokok paragraf yang berisi keterangan 5W + 1H (what, who, when, where, why, dan how). Untuk menemukan informasi penting dalam kalimat ini, lakukan cara nomor 3, yaitu kita harus menemukan kalimat utama dalam bacaan. Informasi pokok yaitu topik permasalahan yang dibahas dalam paragraf. Informasi pokok merupakan kalimat utama dalam paragraf. Kalimat utama biasanya terdapat di awal atau di akhir paragraf. Topik permasalahan dalam paragraf ini dijelaskan pada kalimat pertama, yaitu "Kalender Hijriah dibangun berdasarkan rata-rata siklus siondik. Bulan yang rnemiliki 12 Bulan dalam setahun" (jawaban A). Jadi, jawaban yang tepat adalah (A) 1).


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dalam teks eksplanasi, pernyataan umum, isi, dan penutup harus berkaitan dan saling ... . a. memahami b. mendorong c. menggambarkan d. menjelaskan

132

1.0

Jawaban terverifikasi