Kanaya K

12 Agustus 2023 05:43

Iklan

Kanaya K

12 Agustus 2023 05:43

Pertanyaan

1 .jika kita mengunyah nasi lama-kelamaan nasi tersebut agak manis mengapa demikian.?

1 .jika kita mengunyah nasi lama-kelamaan nasi tersebut agak manis mengapa demikian.?

 

alt

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

02

:

15

:

34

:

37

Klaim

6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Rendi R

Community

12 Agustus 2023 05:49

Jawaban terverifikasi

<p>bantu jwb ya kk</p><p>&nbsp;</p><p>Nasi yang dikunyah lama-kelamaan terasa manis karena enzim ptialin dalam ludah telah memecah karbohidrat nasi menjadi gula.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Enzim ptialin adalah enzim yang dihasilkan oleh kelenjar ludah. Enzim ini berfungsi untuk mengubah amilum (zat tepung) menjadi gula sederhana.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Semakin lama nasi dikunyah, semakin banyak enzim ptialin yang dapat bekerja, sehingga semakin banyak gula yang dihasilkan. Inilah yang menyebabkan nasi yang dikunyah lama-kelamaan terasa manis.</p><p>&nbsp;</p><p>Berikut adalah reaksi kimia yang terjadi saat nasi dikunyah oleh enzim ptialin:</p><p>Amilum (zat tepung) + Enzim ptialin → Maltosa + Glukosa</p><p>&nbsp;</p><p>Maltosa adalah gula sederhana yang terbentuk dari dua molekul glukosa. Glukosa adalah gula sederhana yang paling manis. Jadi, semakin banyak maltosa dan glukosa yang terbentuk, semakin manis rasa nasi.</p><p>&nbsp;</p><p>Proses pencernaan nasi oleh enzim ptialin ini hanya terjadi di mulut. Setelah nasi ditelan, proses pencernaan nasi akan dilanjutkan di lambung dan usus halus. Di lambung, nasi akan dicerna oleh enzim pepsin dan asam klorida. Di usus halus, nasi akan dicerna oleh enzim amilase, maltase, sukrase, dan laktase. Enzim-enzim ini akan mengubah karbohidrat nasi menjadi gula sederhana yang dapat diserap oleh tubuh.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, rasa manis yang kita rasakan saat mengunyah nasi adalah gula yang dihasilkan oleh enzim ptialin di mulut. Gula ini kemudian akan diserap oleh tubuh dan digunakan sebagai sumber energi.</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

bantu jwb ya kk

 

Nasi yang dikunyah lama-kelamaan terasa manis karena enzim ptialin dalam ludah telah memecah karbohidrat nasi menjadi gula. 

 

Enzim ptialin adalah enzim yang dihasilkan oleh kelenjar ludah. Enzim ini berfungsi untuk mengubah amilum (zat tepung) menjadi gula sederhana. 

 

Semakin lama nasi dikunyah, semakin banyak enzim ptialin yang dapat bekerja, sehingga semakin banyak gula yang dihasilkan. Inilah yang menyebabkan nasi yang dikunyah lama-kelamaan terasa manis.

 

Berikut adalah reaksi kimia yang terjadi saat nasi dikunyah oleh enzim ptialin:

Amilum (zat tepung) + Enzim ptialin → Maltosa + Glukosa

 

Maltosa adalah gula sederhana yang terbentuk dari dua molekul glukosa. Glukosa adalah gula sederhana yang paling manis. Jadi, semakin banyak maltosa dan glukosa yang terbentuk, semakin manis rasa nasi.

 

Proses pencernaan nasi oleh enzim ptialin ini hanya terjadi di mulut. Setelah nasi ditelan, proses pencernaan nasi akan dilanjutkan di lambung dan usus halus. Di lambung, nasi akan dicerna oleh enzim pepsin dan asam klorida. Di usus halus, nasi akan dicerna oleh enzim amilase, maltase, sukrase, dan laktase. Enzim-enzim ini akan mengubah karbohidrat nasi menjadi gula sederhana yang dapat diserap oleh tubuh.

 

Jadi, rasa manis yang kita rasakan saat mengunyah nasi adalah gula yang dihasilkan oleh enzim ptialin di mulut. Gula ini kemudian akan diserap oleh tubuh dan digunakan sebagai sumber energi.

 


 


Iklan

CALL.ME.ARGANI C

12 Agustus 2023 06:20

<p>karena banyaknya enzim ptialin di mulut</p>

karena banyaknya enzim ptialin di mulut


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan