Lilly L

22 Agustus 2023 12:22

Iklan

Iklan

Lilly L

22 Agustus 2023 12:22

Pertanyaan

1. Jelaskan konsep skala prioritas yang kalian pahami! 2. Apa saja yang harus diperhatikan ketika membuat skala prioritas? 3. Buatlah skala prioritasmu sebagai seorang peserta didik!

1. Jelaskan konsep skala prioritas yang kalian pahami! 2. Apa saja yang harus diperhatikan ketika membuat skala prioritas? 3. Buatlah skala prioritasmu sebagai seorang peserta didik!


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

22 Agustus 2023 13:08

Jawaban terverifikasi

1. Skala prioritas mengacu pada penyusunan urutan tindakan berdasarkan tingkat pentingnya. Ini membantu dalam mengelola waktu dan sumber daya dengan efektif, fokus pada hal-hal yang paling relevan atau signifikan terlebih dahulu. 2. Saat membuat skala prioritas, perhatikan hal berikut: - Identifikasi tujuan utama: Tentukan apa yang ingin dicapai dan mengapa. - Nilai-nilai pribadi: Pertimbangkan apa yang benar-benar penting bagi Anda. - Urgensi dan dampak: Pertimbangkan seberapa mendesak dan berpengaruhnya tindakan tersebut. - Ketersediaan sumber daya: Pikirkan waktu, energi, dan aset yang Anda miliki. - Fleksibilitas: Biarkan ruang untuk perubahan dalam skala prioritas Anda. 3. Skala prioritas sebagai peserta didik: 1. Tugas dengan tenggat waktu mendekat yang mempengaruhi penilaian. 2. Studi untuk ujian atau kuis yang akan datang. 3. Proyek atau tugas besar yang memerlukan lebih banyak waktu. 4. Aktivitas ekstrakurikuler atau klub yang mendukung minat pribadi. 5. Waktu untuk istirahat dan perawatan diri untuk menjaga keseimbangan. 6. Tugas atau kegiatan opsional yang tidak berkaitan langsung dengan pembelajaran utama.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

22 Agustus 2023 15:16

Jawaban terverifikasi

<p><strong>1. Konsep Skala Prioritas:</strong> Skala prioritas adalah suatu sistem penilaian atau pengelompokan berbagai tugas, kegiatan, atau hal-hal yang perlu dilakukan berdasarkan tingkat pentingnya. Konsep ini membantu individu untuk mengidentifikasi dan mengatasi tugas-tugas yang memiliki dampak atau urgensi lebih besar terlebih dahulu, sementara hal-hal yang kurang penting dapat diatasi kemudian. Skala prioritas membantu mengatur waktu, sumber daya, dan energi agar digunakan secara efektif dalam menyelesaikan berbagai tugas atau tujuan.</p><p><strong>2. Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Skala Prioritas:</strong> Ketika membuat skala prioritas, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan agar pengaturan prioritas menjadi lebih efektif:</p><ul><li><strong>Tingkat Urgensi:</strong> Pertimbangkan batas waktu dan sejauh mana suatu tugas harus segera diselesaikan. Tugas yang memiliki batas waktu lebih dekat biasanya menjadi prioritas lebih tinggi.</li><li><strong>Tingkat Dampak:</strong> Evaluasi potensi dampak dari menyelesaikan suatu tugas. Apakah tugas tersebut memiliki dampak besar terhadap tujuan atau proyek secara keseluruhan?</li><li><strong>Ketersediaan Sumber Daya:</strong> Pertimbangkan sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu tugas, seperti waktu, tenaga, atau anggaran.</li><li><strong>Kepentingan Strategis:</strong> Fokus pada tugas-tugas yang sesuai dengan tujuan jangka panjang atau tujuan utama Anda. Prioritaskan tugas yang mendukung pencapaian tujuan besar.</li><li><strong>Kompleksitas:</strong> Tinjau tingkat kesulitan atau kompleksitas dari suatu tugas. Tugas yang lebih sederhana atau lebih mudah diselesaikan mungkin lebih baik untuk diatasi lebih awal.</li><li><strong>Konsekuensi Negatif:</strong> Pertimbangkan apakah menunda suatu tugas akan berdampak negatif pada hal lain atau menyebabkan masalah lebih lanjut.</li></ul><p><strong>3. Contoh Skala Prioritasmu sebagai Seorang Peserta Didik:</strong> Berikut adalah contoh skala prioritas untuk seorang peserta didik:</p><ol><li>Menyelesaikan Tugas Ujian Besok (Urgensi dan Dampak Tinggi)</li><li>Mengerjakan Tugas Rumah Matematika (Urgensi dan Dampak Sedang)</li><li>Menyiapkan Presentasi Kelompok yang Akan Dilakukan Besok (Urgensi Tinggi, Dampak Sedang)</li><li>Mengikuti Pelajaran Ekstrakurikuler yang Berkaitan dengan Minat (Kepentingan Strategis, Dampak Menengah)</li><li>Berolahraga untuk Menjaga Kesehatan Fisik (Kepentingan Strategis, Dampak Rendah)</li><li>Membaca Buku yang Diberikan oleh Guru sebagai Bahan Diskusi (Kepentingan Strategis, Dampak Rendah)</li><li>Bermain Game atau Menonton TV (Kepentingan Rendah, Dampak Rendah)</li></ol><p>Perhatikan bahwa skala prioritas ini disusun berdasarkan urgensi, dampak, kepentingan strategis, dan kompleksitas setiap tugas, sehingga memungkinkan peserta didik untuk mengatur waktu dan usaha secara efektif.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

1. Konsep Skala Prioritas: Skala prioritas adalah suatu sistem penilaian atau pengelompokan berbagai tugas, kegiatan, atau hal-hal yang perlu dilakukan berdasarkan tingkat pentingnya. Konsep ini membantu individu untuk mengidentifikasi dan mengatasi tugas-tugas yang memiliki dampak atau urgensi lebih besar terlebih dahulu, sementara hal-hal yang kurang penting dapat diatasi kemudian. Skala prioritas membantu mengatur waktu, sumber daya, dan energi agar digunakan secara efektif dalam menyelesaikan berbagai tugas atau tujuan.

2. Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Skala Prioritas: Ketika membuat skala prioritas, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan agar pengaturan prioritas menjadi lebih efektif:

  • Tingkat Urgensi: Pertimbangkan batas waktu dan sejauh mana suatu tugas harus segera diselesaikan. Tugas yang memiliki batas waktu lebih dekat biasanya menjadi prioritas lebih tinggi.
  • Tingkat Dampak: Evaluasi potensi dampak dari menyelesaikan suatu tugas. Apakah tugas tersebut memiliki dampak besar terhadap tujuan atau proyek secara keseluruhan?
  • Ketersediaan Sumber Daya: Pertimbangkan sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu tugas, seperti waktu, tenaga, atau anggaran.
  • Kepentingan Strategis: Fokus pada tugas-tugas yang sesuai dengan tujuan jangka panjang atau tujuan utama Anda. Prioritaskan tugas yang mendukung pencapaian tujuan besar.
  • Kompleksitas: Tinjau tingkat kesulitan atau kompleksitas dari suatu tugas. Tugas yang lebih sederhana atau lebih mudah diselesaikan mungkin lebih baik untuk diatasi lebih awal.
  • Konsekuensi Negatif: Pertimbangkan apakah menunda suatu tugas akan berdampak negatif pada hal lain atau menyebabkan masalah lebih lanjut.

3. Contoh Skala Prioritasmu sebagai Seorang Peserta Didik: Berikut adalah contoh skala prioritas untuk seorang peserta didik:

  1. Menyelesaikan Tugas Ujian Besok (Urgensi dan Dampak Tinggi)
  2. Mengerjakan Tugas Rumah Matematika (Urgensi dan Dampak Sedang)
  3. Menyiapkan Presentasi Kelompok yang Akan Dilakukan Besok (Urgensi Tinggi, Dampak Sedang)
  4. Mengikuti Pelajaran Ekstrakurikuler yang Berkaitan dengan Minat (Kepentingan Strategis, Dampak Menengah)
  5. Berolahraga untuk Menjaga Kesehatan Fisik (Kepentingan Strategis, Dampak Rendah)
  6. Membaca Buku yang Diberikan oleh Guru sebagai Bahan Diskusi (Kepentingan Strategis, Dampak Rendah)
  7. Bermain Game atau Menonton TV (Kepentingan Rendah, Dampak Rendah)

Perhatikan bahwa skala prioritas ini disusun berdasarkan urgensi, dampak, kepentingan strategis, dan kompleksitas setiap tugas, sehingga memungkinkan peserta didik untuk mengatur waktu dan usaha secara efektif.

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Salah satu faktor penghambat perdagangan internasional adalah ....

559

0.0

Jawaban terverifikasi