En E

23 Agustus 2021 10:05

Iklan

Iklan

En E

23 Agustus 2021 10:05

Pertanyaan

1. Faktor produksi yang dimiliki perusahaan ini digunakan sebagai penunjang untuk mempercepat dan menambah kemampuan dalam proses produksi, misalnya aset. Pernyataan tersebut menunjukkan ciri faktor produksi.... 2. Biaya yang tidak berubah dengan adanya output perusahaan dalam jangka pendek disebut..... 3. Suatu perusahaan pada suatu periode memiliki total biaya lebih besar daripada penerimaannya. Kondisi tersebut menunjukkan perusahaan mengalami .... 4. Kegiatan belanja negara sesuai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) merupakan wujud peran rumah tangga pemerintah sebagai.... 5. Interaksi antara rumah tangga konsumen (RTK) dan rumah tangga produsen dalam kegiatan perekonomian yang saling menguntungkan disebut arus lingkaran kegiatan perekonomian ... sektor.


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Kusumaningrum

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

24 Agustus 2021 06:23

Jawaban terverifikasi

Hallo, Nomor 1 Faktor produksi terdiri dari: 1. Sumber daya alam 2. Sumber daya manusia 3. Modal 4. Skills Faktor produksi modal berperan penting dalam menunjang kelancaran proses produksi dengan balas jasa berupa Interest (Bunga). Sifat faktor produksi modal adalah dinamis. Oleh karena itu, jawabannya adalah faktor produksi modal. Nomor 2 Komponen biaya dalam jangka pendek, 2 di antaranya: 1. Biaya Tetap (Fixed Cost/FC) adalah komponen biaya yang jumlahnya tetap, tidak dipengaruhi oleh banyaknya output yang dihasilkan. Contoh: biaya sewa gedung. 2. Biaya Variabel (Variable Cost/VC) adalah komponen biaya yang jumlahnya berubah-ubah, dipengaruhi oleh banyaknya output yang dihasilkan. Contoh: upah harian buruh, harga bahan baku. Berdasarkan soal di atas, maka jawaban yang tepat adalah biaya tetap. Nomor 3 Beberapa kondisi berkaitan dengan total penerimaan dan total biaya: 1. TR > TC maka laba 2. TR < TC maka rugi 3. TR = TC maka mencapai BEP Keterangan TR = Totoal revenue/ total penerimaan TC = Total cost/ biaya BEP = Break event point (kondisi dimana tidak rugi/tidak untung) Oleh krena itu, jawaban yang tepat adalah rugi. Nomor 4 Dalam perekonomian tiga sektor terdapat peran pemerintah yang memiliki peran yang berbeda untuk pembuat kebijakan, konsumen dan produsen. Berikut penjelasan masing-masing dari peran pemerintah: 1. Pemerintah sebagai regulator adalah pemerintah sebagai pembuat dan pengatur kebijakan dalam perekonomian Indonesia, sebagai contohnya ada pemberlakuan kebijakan fiskal melalui APBN dan pajak. 2. Pemerintah sebagai konsumen adalah pemerintah juga butuh membeli barang untuk keperluan publik dari perusahaan atau swasta. Misalkan butuh kendaraan dinas maka akan membeli mobil dan sepeda motor untuk karyawan di instansi pemerintah 3. Pemerintah sebagai produsen adalah pemerintah memiliki perusahaan yang dikenal dengan BUMN seperti PT Pertamina (Persero), PDAM, PLN, dll. Pemerintah akan menyediakan barang kebutuhan vital masyarakat. Ketika pemerintah melakukan kegiatan belanja negara sesuai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Maka pemerintah berperan sebagai konsumen. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah konsumen. Nomor 5 Perekonomian 2 sektor terdiri dari: RTK dan RTP Perekonomian 3 sektor terdiri dari: RTK, RTP dan pemerintah Perekonomian 4 sektor terdiri dari: RTK, RTP, pemerintah dan masyarakat luar negeri Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah 2 sektor. Jenjang: SMA Topik: Kegiatan dan Pelaku Kegiatan Ekonomi Semoga membantu ya, have a nice day!


En E

24 Agustus 2021 07:26

hallo kak terimakasih atas bantuannya tolong bantu pertanyaan saya yang lainya juga ya kak

Iklan

Iklan

Selvi M

18 September 2022 03:09

Nomor 1 Faktor produksi dari: 1.Sumber daya alam 2.Sumber daya manusia 3.Modal 4.Skills Faktor produksi modal beperan penting dalam menunjang kelancaran proses produksi dengan balas jasa berupa interest (bunga). Sifat faktor produksi modal adalah dinamis. Oleh karena itu, jawabannya adalah faktor produksi modal.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

faktor penyebab kelangkaan

183

0.0

Jawaban terverifikasi