Sasya S

11 Mei 2024 13:36

Iklan

Iklan

Sasya S

11 Mei 2024 13:36

Pertanyaan

1. BPR merupakan bank milik siapa? 2. Apa kelebihan BPR utamanya dalam hal pinjaman?


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Mycookies M

12 Mei 2024 02:27

Jawaban terverifikasi

<p>&nbsp;</p><p>Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dapat dimiliki oleh individu dan perusahaan yang memenuhi standar yang ditetapkan. Berdasarkan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan, pengaturan dan pengawasan terhadap BPR dilaksanakan oleh OJK. Berdasarkan kepemilikannya, BPR dapat dibedakan menjadi dua, yaitu: BPR milik Pemerintah (umumnya Pemerintah Daerah Tingkat II) dan BPR milik swasta.<br>&nbsp;</p><p>Kelebihan utama BPR dalam hal pinjaman adalah sebagai berikut:</p><ul><li><strong>Jenis Jaminan yang Disyaratkan Tidak Sulit</strong>: Dalam BPR, jaminan atau agunan memang dijadikan salah satu syarat kredit. Tetapi bukan berarti jaminan merupakan syarat utama yang menjadi pertimbangan pemberian kredit. Pada pinjaman BPR, yang dijadikan pertimbangan utama dalam menyetujui pinjaman adalah prospek usaha jangka panjangnya, alias seberapa besar kemungkinan bisnis Anda sukses.</li><li><strong>Mengutamakan Unsur Kepercayaan</strong>: BPR bukanlah sebuah lembaga keuangan yang mengutamakan keuntungan atau profit. Hal yang menjadi prioritas dari BPR adalah unsur saling percaya.</li><li><strong>Memiliki Sistem Pemasaran yang Baik</strong>: Dengan visinya untuk membantu pengembangan usaha mikro dan kecil menengah (UMKM) dari unsur modal, BPR selalu berusaha untuk menjangkau UMKM yang berada di pedesaan atau wilayah terpencil.</li><li><strong>Pencairan Dana Cepat dan Mudah</strong>: Lagi-lagi karena tujuannya adalah untuk menolong pemodalan usaha mikro dan kecil menengah (UMKM), maka pencairan dananya dipercepat yaitu hanya sekitar 2 hingga 3 hari kerja.</li></ul>

 

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dapat dimiliki oleh individu dan perusahaan yang memenuhi standar yang ditetapkan. Berdasarkan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan, pengaturan dan pengawasan terhadap BPR dilaksanakan oleh OJK. Berdasarkan kepemilikannya, BPR dapat dibedakan menjadi dua, yaitu: BPR milik Pemerintah (umumnya Pemerintah Daerah Tingkat II) dan BPR milik swasta.
 

Kelebihan utama BPR dalam hal pinjaman adalah sebagai berikut:

  • Jenis Jaminan yang Disyaratkan Tidak Sulit: Dalam BPR, jaminan atau agunan memang dijadikan salah satu syarat kredit. Tetapi bukan berarti jaminan merupakan syarat utama yang menjadi pertimbangan pemberian kredit. Pada pinjaman BPR, yang dijadikan pertimbangan utama dalam menyetujui pinjaman adalah prospek usaha jangka panjangnya, alias seberapa besar kemungkinan bisnis Anda sukses.
  • Mengutamakan Unsur Kepercayaan: BPR bukanlah sebuah lembaga keuangan yang mengutamakan keuntungan atau profit. Hal yang menjadi prioritas dari BPR adalah unsur saling percaya.
  • Memiliki Sistem Pemasaran yang Baik: Dengan visinya untuk membantu pengembangan usaha mikro dan kecil menengah (UMKM) dari unsur modal, BPR selalu berusaha untuk menjangkau UMKM yang berada di pedesaan atau wilayah terpencil.
  • Pencairan Dana Cepat dan Mudah: Lagi-lagi karena tujuannya adalah untuk menolong pemodalan usaha mikro dan kecil menengah (UMKM), maka pencairan dananya dipercepat yaitu hanya sekitar 2 hingga 3 hari kerja.

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

12 Mei 2024 08:39

Jawaban terverifikasi

<p>1. BPR adalah singkatan dari Bank Perkreditan Rakyat. Bank Perkreditan Rakyat merupakan bank yang dimiliki oleh masyarakat atau entitas hukum yang berada di wilayah pedesaan atau perkotaan kecil. Mereka seringkali didirikan oleh kelompok masyarakat setempat, seperti kelompok tani, koperasi, atau pengusaha kecil.</p><p>2. Salah satu kelebihan utama BPR dalam hal pinjaman adalah akses yang lebih mudah bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). BPR cenderung lebih fleksibel dalam memberikan pinjaman kepada UMKM yang mungkin sulit mendapatkan akses keuangan dari bank-bank besar. Selain itu, proses pengajuan pinjaman di BPR seringkali lebih cepat dan kurang rumit dibandingkan dengan bank komersial. BPR juga cenderung memberikan layanan yang lebih personal dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dengan membiayai proyek-proyek kecil dan usaha mikro di wilayah pedesaan atau perkotaan kecil.</p>

1. BPR adalah singkatan dari Bank Perkreditan Rakyat. Bank Perkreditan Rakyat merupakan bank yang dimiliki oleh masyarakat atau entitas hukum yang berada di wilayah pedesaan atau perkotaan kecil. Mereka seringkali didirikan oleh kelompok masyarakat setempat, seperti kelompok tani, koperasi, atau pengusaha kecil.

2. Salah satu kelebihan utama BPR dalam hal pinjaman adalah akses yang lebih mudah bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). BPR cenderung lebih fleksibel dalam memberikan pinjaman kepada UMKM yang mungkin sulit mendapatkan akses keuangan dari bank-bank besar. Selain itu, proses pengajuan pinjaman di BPR seringkali lebih cepat dan kurang rumit dibandingkan dengan bank komersial. BPR juga cenderung memberikan layanan yang lebih personal dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dengan membiayai proyek-proyek kecil dan usaha mikro di wilayah pedesaan atau perkotaan kecil.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan kedua kutipan berikut! Kutipan 1 Pada tahun 1942 Asrul Sani pindah ke SMP Taman Siswa, Jakarta. Di sekolah ini Asrul berkenalan dengan Pramoedya Ananta Toer dan bersama-sama menjadi anggota kelompok “Penggemar Sastra”. Setelah tamat SMP, Asrul masuk ke Sekolah Kedokteran Hewan, Bogor dan melanjukan ke Perguruan Tinggi Kedokteran. Kutipan 2 S. Sinansari Ecip merupakan nama samaran dari Sution yang terkenal sebagai pengarang novel, puisi, cerpen dan cerita anak. Dia pernah memimpin redaksi majalah Almamater yang diterbitkan oleh Dewan Mahasiswa UI. Dia juga aktif menulis dalam Harian Kami edisi Jakarta, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Dia bekerja sebagai penulis dan dosen. Seabagai seorang penulis, ia beberapa kali memperoleh penghargaan atas hasil karyanya. Perbedaan penggunaan kaidah kebahasaan kedua kutipan tersebut adalah ..... * Kutipan 1 : Menggunakan keterangan waktu Kutipan 2 : Menggunakan kata ganti orang/pronomina persona Kutipan 1 : Menggunakan konjungsi antarkalimat Kutipan 2 : Menggunakan keterangan waktu Kutipan 1 : Mengguanakan kata ganti orang/pronomina Kutipan 2 : Menggunakan konjungsi antar kalimat Kutipan 1 : Menggunakan konjungsi koordinatif Kutipan 2 : Menggunakan kata ganti pronomina penunjuk Kutipan 1 : Menggunakan konjungsi subordinatif Kutipan 2 : Menggunakan konjungsi korelatif

10

5.0

Jawaban terverifikasi