Lyra O

12 Maret 2024 02:04

Iklan

Lyra O

12 Maret 2024 02:04

Pertanyaan

1. Apa yg di maksud dengan konflik politik 2. Tuliskan 2 contoh konflik politik

1. Apa yg di maksud dengan konflik politik 

2. Tuliskan 2 contoh konflik politik

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

15

:

03

:

25

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Salsabila M

Community

12 Maret 2024 10:12

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Konflik Politik:</strong> Konflik politik merujuk pada benturan atau pertentangan di dalam masyarakat yang berasal dari perbedaan kepentingan, pandangan politik, atau tindakan politik. Konflik ini dapat muncul di berbagai tingkatan, mulai dari tingkat lokal hingga tingkat nasional, dan melibatkan aktor-aktor politik, kelompok masyarakat, atau pemerintah.</p><p><strong>Contoh Konflik Politik:</strong> a. <strong>Pemilu Kontroversial:</strong></p><ul><li>Suatu negara mengalami konflik politik saat pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) disertai dengan sengketa terkait hasil pemilihan, dugaan kecurangan, atau ketidakpuasan terhadap sistem pemilu. Kontroversi semacam ini bisa menciptakan ketegangan dan perselisihan antarpartai politik atau antargrup masyarakat.</li><li>Konflik politik juga dapat muncul dalam bentuk pemberontakan atau gerakan separatisme di mana suatu kelompok atau daerah berupaya untuk memisahkan diri dari pemerintah pusat. Motifnya dapat berupa perbedaan etnis, budaya, atau politik yang menciptakan ketidakpuasan dan keinginan untuk otonomi atau kemerdekaan. Contoh dapat ditemukan dalam sejarah berbagai negara di mana kelompok etnis atau wilayah tertentu ingin merdeka dari pemerintah pusat.</li></ul><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Konflik Politik: Konflik politik merujuk pada benturan atau pertentangan di dalam masyarakat yang berasal dari perbedaan kepentingan, pandangan politik, atau tindakan politik. Konflik ini dapat muncul di berbagai tingkatan, mulai dari tingkat lokal hingga tingkat nasional, dan melibatkan aktor-aktor politik, kelompok masyarakat, atau pemerintah.

Contoh Konflik Politik: a. Pemilu Kontroversial:

  • Suatu negara mengalami konflik politik saat pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) disertai dengan sengketa terkait hasil pemilihan, dugaan kecurangan, atau ketidakpuasan terhadap sistem pemilu. Kontroversi semacam ini bisa menciptakan ketegangan dan perselisihan antarpartai politik atau antargrup masyarakat.
  • Konflik politik juga dapat muncul dalam bentuk pemberontakan atau gerakan separatisme di mana suatu kelompok atau daerah berupaya untuk memisahkan diri dari pemerintah pusat. Motifnya dapat berupa perbedaan etnis, budaya, atau politik yang menciptakan ketidakpuasan dan keinginan untuk otonomi atau kemerdekaan. Contoh dapat ditemukan dalam sejarah berbagai negara di mana kelompok etnis atau wilayah tertentu ingin merdeka dari pemerintah pusat.

 

 

 


 


Iklan

Meita R

17 Maret 2024 20:31

Jawaban terverifikasi

<p>Hai bantu jawab ya</p><p>&nbsp;</p><p>Konflik politik merupakan konflik yang terjadi karena akibat dari kepentingan atau tujuan politis individu maupun kelompok.</p><p>&nbsp;</p><p>Contoh konflik politik yaitu</p><p>1. Pemberontak PKI</p><p>2. Pemberontak DI/TII</p><p>3. Kudeta Angkatan Perang Ratu Adil&nbsp;</p>

Hai bantu jawab ya

 

Konflik politik merupakan konflik yang terjadi karena akibat dari kepentingan atau tujuan politis individu maupun kelompok.

 

Contoh konflik politik yaitu

1. Pemberontak PKI

2. Pemberontak DI/TII

3. Kudeta Angkatan Perang Ratu Adil 


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan