Reyhan A

16 Februari 2020 03:47

Iklan

Iklan

Reyhan A

16 Februari 2020 03:47

Pertanyaan

1. Aldi dan Brian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Semarang yang telah lolos pertandingan gulat tingkat Provinsi Jawa tengah. 2 bulan yang akan datang mereka akan mengikuti pertandingan gulat tingkat Nasional. Oleh karena itu, mereka berlatih gigih bersama Pak Wahyu yang merupakan pelatih mereka, agar mereka pulang tanpa tangan kosong. Selain berlatih, Pak Wahyu juga meminta mereka untuk menjaga kondisi tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Dalam satu hari mereka diwajibkan untuk mengonsumsi 15 gram protein pada telur mentah. Terdapat dua macam telur yang dapat mereka konsumsi, yaitu telur ayam kampung mentah dan telur puyuh mentah. Setiap 5 gram protein terkandung dalam 1 butir telur ayam kampung mentah atau 5 butir telur puyuh mentah. Syarat untuk mengonsumsi telur tersebut adalah jika hari ini memakan telur puyuh mentah, maka besok memakan telur ayam kampung mentah. Jadi, jika hari ini Aldi memakan telur ayam kampung mentah, maka hari ini Brian memakan telur puyuh mentah. Berapa perbandingan banyak telur yang harus Brian dan Aldi makan pada hari ini? Tunjukkan perhitunganmu!


3

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Difhayanti

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

14 Januari 2022 18:36

Jawaban terverifikasi

Halo Reyhan A, Terimakasih sudah bertanya di Roboguru. Kaka bantu menjawab ya:) Jawaban yang benar untuk pertanyaan tersebut adalah 1 : 5. Ingat! Perbandingan adalah membandingkan dua nilai atau lebih dari suatu besaran yang sejenis dan dinyatakan dengan cara yang sederhana. Dalam satu hari mengonsumsi 15 gram protein pada telur mentah. Jika hari ini Aldi memakan telur ayam kampung mentah, maka hari ini Brian memakan telur puyuh mentah. Aldi: 1 butir telur ayam kampung mentah = 5 gram dengan membutuhkan 15 gram, maka: 15 gram ÷ 5 gram = 3 × 1 butir telur ayam = 3 butir telur ayam kampung mentah Brian: 5 butir telur puyuh mentah = 5 gram dengan membutuhkan 15 gram, maka: 15 gram ÷ 5 gram = 3 × 5 butir telur puyuh = 15 butir telur puyuh mentah Perbandingan banyak telur yang Aldi dan Brian makan adalah = 3 : 15 (disederhanakan dengan membagi 3) = 1 : 5 Jadi, perbandingan banyak telur yang harus Aldi dan Brian makan pada hari ini adalah 1 : 5. Semoga membantu ya!


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Diketahui S = {x | x ∈ Bilangan bulat positif kurang dari 12}, F = {x | x < 9, x ∈ Bilangan Asli} dan G = {x | 1 ≤ x ≤ 10, x ∈ bilangan Cacah}, maka nilai dari (F U G)^c adalah

5

0.0

Lihat jawaban (1)