Soffyramadhani S

06 Juni 2024 10:28

Iklan

Iklan

Soffyramadhani S

06 Juni 2024 10:28

Pertanyaan

*Perbaikan pelajaran bahasa Jawa kelas X* _Wangsulana pitakon-pitakon ngisor Iki !_ 1. Sebutna wujute tembang macapat Kanti urut lan pralambange. 2. Sebutna ciri- cirine basa Ngoko lugu lan wenehana tuladha ukarane. 3. Sebutna tegese lan panganggone basa Ngoko lugu. 4. Apa tegese tetembungan ngisor Iki! - Nglungguhi klasa Gumelar - Emban Cinde emban ciladan 5. Apa falsafah tembang mijil lan pocung. 6. Kepriye panulise aksara dentawanjana 7. Kowe sesuk dikon teka ana kantor jam Pitu lho pak? 8. Tulisen nganggo aksara Jawa - Ibu mundhut lemper ana pasar Sukoharjo - Aku tuku sepatu regane 555.000 rupiyah. - Sebutna wujud aksara murda lan tuladhane Tembunge. 10. Sebutna wujud aksara rekan lan tuladhane Tembunge.


4

1


Iklan

Iklan

Daniel N

05 Juli 2024 03:40

<p>Semoga berguna untuk kamu <strong>Soffyramadhani S &lt;3</strong></p><p>&nbsp;</p><p>Untuk memahami dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, berikut adalah jawaban yang sesuai dengan konteks pelajaran bahasa Jawa kelas X:</p><p>1. **Sebutna wujute tembang macapat Kanti urut lan pralambange.**<br>&nbsp; Tembang macapat adalah salah satu bentuk puisi Jawa klasik yang memiliki aturan dan struktur tertentu. "Kanti urut lan pralambange" berarti dengan urutan dan pembagian yang teratur. Ini mengacu pada susunan dan pengelompokan bait-bait dalam tembang macapat.</p><p>2. **Sebutna ciri- cirine basa Ngoko lugu lan wenehana tuladha ukarane.**<br>&nbsp; Basa Ngoko lugu adalah bentuk bahasa Jawa yang sederhana dan tidak terlalu formal. Wenehana tuladha ukarane berarti ciri-cirinya adalah menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti dan kalimat-kalimat yang sederhana.</p><p>3. **Sebutna tegese lan panganggone basa Ngoko lugu.**<br>&nbsp; Tegese (artinya) lan panganggone (penggunaannya) basa Ngoko lugu adalah untuk berkomunikasi dengan orang-orang sehari-hari atau dalam situasi yang tidak terlalu resmi.</p><p>4. **Apa tegese tetembungan ngisor Iki!**<br>&nbsp; Tetembungan ngisor Iki artinya adalah ungkapan-ungkapan atau kalimat-kalimat di bawah ini. Artinya, ini adalah daftar atau kumpulan kalimat berikut ini:</p><p>&nbsp; - Nglungguhi klasa Gumelar<br>&nbsp; - Emban Cinde emban ciladan</p><p>5. **Apa falsafah tembang mijil lan pocung.**<br>&nbsp; Tembang mijil dan pocung adalah jenis-jenis tembang dalam sastra Jawa yang mengandung pesan moral atau falsafah hidup. Mijil cenderung menekankan pada nasihat atau ajaran yang baik, sedangkan pocung menekankan pada kehidupan yang seimbang dan bijak.</p><p>6. **Kepriye panulise aksara dentawanjana**<br>&nbsp; Aksara dentawanjana adalah aksara Jawa kuno yang digunakan dalam penulisan teks-teks klasik Jawa seperti kakawin atau tembang macapat.</p><p>7. **Kowe sesuk dikon teka ana kantor jam Pitu lho pak?**<br>&nbsp; Ini adalah pertanyaan dalam bahasa Jawa yang artinya, "Kamu besok mau ke mana? Di kantor jam berapa ya?"</p><p>8. **Tulisen nganggo aksara Jawa**<br>&nbsp; Tulisan menggunakan aksara Jawa adalah:</p><p>&nbsp; - Ibu mundhut lemper ana pasar Sukoharjo<br>&nbsp; - Aku tuku sepatu regane 555.000 rupiyah.</p><p>9. **Sebutna wujud aksara murda lan tuladhane Tembunge.**<br>&nbsp; Aksara murda adalah aksara Jawa yang besar atau kapital. Tuladhane Tembunge adalah contoh-contoh penggunaan aksara murda dalam tembang.</p><p>10. **Sebutna wujud aksara rekan lan tuladhane Tembunge.**<br>&nbsp; &nbsp;Aksara rekan adalah aksara Jawa yang kecil atau huruf kecil. Tuladhane Tembunge adalah contoh-contoh penggunaan aksara rekan dalam tembang.</p><p>&nbsp;</p>

Semoga berguna untuk kamu Soffyramadhani S <3

 

Untuk memahami dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, berikut adalah jawaban yang sesuai dengan konteks pelajaran bahasa Jawa kelas X:

1. **Sebutna wujute tembang macapat Kanti urut lan pralambange.**
  Tembang macapat adalah salah satu bentuk puisi Jawa klasik yang memiliki aturan dan struktur tertentu. "Kanti urut lan pralambange" berarti dengan urutan dan pembagian yang teratur. Ini mengacu pada susunan dan pengelompokan bait-bait dalam tembang macapat.

2. **Sebutna ciri- cirine basa Ngoko lugu lan wenehana tuladha ukarane.**
  Basa Ngoko lugu adalah bentuk bahasa Jawa yang sederhana dan tidak terlalu formal. Wenehana tuladha ukarane berarti ciri-cirinya adalah menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti dan kalimat-kalimat yang sederhana.

3. **Sebutna tegese lan panganggone basa Ngoko lugu.**
  Tegese (artinya) lan panganggone (penggunaannya) basa Ngoko lugu adalah untuk berkomunikasi dengan orang-orang sehari-hari atau dalam situasi yang tidak terlalu resmi.

4. **Apa tegese tetembungan ngisor Iki!**
  Tetembungan ngisor Iki artinya adalah ungkapan-ungkapan atau kalimat-kalimat di bawah ini. Artinya, ini adalah daftar atau kumpulan kalimat berikut ini:

  - Nglungguhi klasa Gumelar
  - Emban Cinde emban ciladan

5. **Apa falsafah tembang mijil lan pocung.**
  Tembang mijil dan pocung adalah jenis-jenis tembang dalam sastra Jawa yang mengandung pesan moral atau falsafah hidup. Mijil cenderung menekankan pada nasihat atau ajaran yang baik, sedangkan pocung menekankan pada kehidupan yang seimbang dan bijak.

6. **Kepriye panulise aksara dentawanjana**
  Aksara dentawanjana adalah aksara Jawa kuno yang digunakan dalam penulisan teks-teks klasik Jawa seperti kakawin atau tembang macapat.

7. **Kowe sesuk dikon teka ana kantor jam Pitu lho pak?**
  Ini adalah pertanyaan dalam bahasa Jawa yang artinya, "Kamu besok mau ke mana? Di kantor jam berapa ya?"

8. **Tulisen nganggo aksara Jawa**
  Tulisan menggunakan aksara Jawa adalah:

  - Ibu mundhut lemper ana pasar Sukoharjo
  - Aku tuku sepatu regane 555.000 rupiyah.

9. **Sebutna wujud aksara murda lan tuladhane Tembunge.**
  Aksara murda adalah aksara Jawa yang besar atau kapital. Tuladhane Tembunge adalah contoh-contoh penggunaan aksara murda dalam tembang.

10. **Sebutna wujud aksara rekan lan tuladhane Tembunge.**
   Aksara rekan adalah aksara Jawa yang kecil atau huruf kecil. Tuladhane Tembunge adalah contoh-contoh penggunaan aksara rekan dalam tembang.

 


Iklan

Iklan

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Owahana ukara ing ngisor iki dadi ngoko alus, krama lugu lan krama alus ! 3. Mulihe ibu lan bapak isih mengko sore

72

3.0

Jawaban terverifikasi