Zykbn Z

07 Mei 2023 08:41

Iklan

Zykbn Z

07 Mei 2023 08:41

Pertanyaan

"Banyaknya remaja yang lebih senang terhadap budaya barat dibandingkan budaya nasional." Membuat rencana tindakan yang mencakup langkah- langkah yang dapat diambil agar kebijakan yang diusulkan diterima dan di laksanakan oleh pemerintah. Hal ini berupa penjelasan tentang: 1) Bagaimana dapat menumbuhkan dukungan pada individu dan kelompok dalam masyarakat terhadap rancangan tindakan yang diusulkan. 2) Mendeskripsikan individu atau kelompok yang berpengaruh dalam masyarakat yang mungkin hendak mendukung rancangan tindakan kelas dan bagaimana kalau dapat memperoleh dukungan tersebut. 3) Menggambarkan pula kelompok di masyarakat yang mungkin menentang rancangan tindakan dan bagaimana kalian dapat meyakinkan mereka untuk mendukung rencana tindakan

"Banyaknya remaja yang lebih senang terhadap budaya barat dibandingkan budaya nasional."

 

Membuat rencana tindakan yang mencakup langkah- langkah yang dapat diambil agar kebijakan yang diusulkan diterima dan di laksanakan oleh pemerintah. Hal ini berupa penjelasan

tentang: 1) Bagaimana dapat menumbuhkan dukungan pada individu dan kelompok dalam masyarakat terhadap rancangan tindakan yang diusulkan.

2) Mendeskripsikan individu atau kelompok yang berpengaruh dalam masyarakat yang mungkin hendak mendukung rancangan tindakan kelas dan bagaimana kalau dapat memperoleh dukungan tersebut.

3) Menggambarkan pula kelompok di masyarakat yang mungkin menentang rancangan tindakan dan bagaimana kalian dapat meyakinkan mereka untuk mendukung rencana tindakan

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

00

:

59

:

03

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Salsabila M

Community

23 Juni 2024 02:58

Jawaban terverifikasi

<p>Untuk mengatasi permasalahan bahwa banyak remaja lebih menyukai budaya barat daripada budaya nasional, berikut adalah rencana tindakan yang mencakup langkah-langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan penerimaan dan implementasi kebijakan oleh pemerintah:</p><p>1) Menumbuhkan Dukungan pada Individu dan Kelompok dalam Masyarakat</p><p><strong>a) Edukasi dan Kesadaran Budaya:</strong></p><ul><li><strong>Langkah:</strong> Mengadakan kampanye edukasi tentang pentingnya mempertahankan dan menghargai budaya nasional.</li><li><strong>Rasional:</strong> Memberikan informasi yang tepat dan relevan kepada masyarakat akan membantu mereka memahami nilai-nilai budaya lokal dan pentingnya melestarikannya.</li></ul><p><strong>b) Inklusi dan Partisipasi Masyarakat:</strong></p><ul><li><strong>Langkah:</strong> Melibatkan komunitas dalam proses perumusan kebijakan.</li><li><strong>Rasional:</strong> Memperoleh masukan dari masyarakat akan menciptakan rasa memiliki terhadap kebijakan yang diusulkan dan meningkatkan penerimaan terhadap implementasinya.</li></ul><p><strong>c) Media dan Kampanye Publik:</strong></p><ul><li><strong>Langkah:</strong> Menggunakan media sosial, televisi, dan media lainnya untuk mendukung pesan-pesan keberagaman budaya dan nasionalisme.</li><li><strong>Rasional:</strong> Media memiliki pengaruh besar dalam membentuk persepsi masyarakat. Dengan menggunakan media dengan strategi yang tepat, kita dapat membangun dukungan luas terhadap kebijakan ini.</li></ul><p>2) Individu atau Kelompok Berpengaruh dalam Masyarakat yang Mungkin Hendak Mendukung</p><p><strong>a) Tokoh Masyarakat dan Budayawan:</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Tokoh-tokoh yang dihormati dalam bidang budaya dan pendidikan.</li><li><strong>Mendapatkan Dukungan:</strong> Melibatkan mereka dalam proses konsultasi dan meminta dukungan mereka dalam memberikan informasi dan pemahaman yang lebih dalam kepada masyarakat.</li></ul><p><strong>b) Organisasi Pemuda dan Pendidikan:</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Organisasi-organisasi yang aktif dalam mempromosikan pendidikan dan kebudayaan.</li><li><strong>Mendapatkan Dukungan:</strong> Kolaborasi dengan organisasi-organisasi ini untuk mengadakan acara bersama, seminar, atau kampanye yang mendukung kebijakan ini.</li></ul><p>3) Kelompok di Masyarakat yang Mungkin Menentang</p><p><strong>a) Pemuda yang Lebih Tertarik pada Budaya Barat:</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Segmen pemuda yang lebih terpapar budaya barat.</li><li><strong>Meyakinkan untuk Mendukung:</strong> Menggunakan pendekatan yang inklusif dan berempati untuk memahami perspektif mereka. Menunjukkan bagaimana kebijakan ini dapat berdampingan dengan apresiasi terhadap budaya barat, bukan sebagai penggantinya.</li></ul><p><strong>b) Kelompok Konservatif Budaya:</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Individu atau kelompok yang kuat mempertahankan nilai-nilai tradisional.</li><li><strong>Meyakinkan untuk Mendukung:</strong> Menekankan pada nilai-nilai bersama seperti identitas nasional, kebanggaan akan warisan budaya, dan keberagaman sebagai kekayaan. Menyajikan kebijakan ini sebagai langkah untuk memperkaya, bukan menggantikan.</li></ul><p><strong>c) Kelompok Ekonomi dan Politik yang Tertentu:</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Kelompok yang mungkin memiliki kepentingan ekonomi atau politik tertentu terkait dengan globalisasi budaya.</li><li><strong>Meyakinkan untuk Mendukung:</strong> Menyoroti manfaat jangka panjang dari melestarikan budaya nasional dalam mendukung ekonomi lokal dan identitas nasional yang kuat.</li></ul>

Untuk mengatasi permasalahan bahwa banyak remaja lebih menyukai budaya barat daripada budaya nasional, berikut adalah rencana tindakan yang mencakup langkah-langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan penerimaan dan implementasi kebijakan oleh pemerintah:

1) Menumbuhkan Dukungan pada Individu dan Kelompok dalam Masyarakat

a) Edukasi dan Kesadaran Budaya:

  • Langkah: Mengadakan kampanye edukasi tentang pentingnya mempertahankan dan menghargai budaya nasional.
  • Rasional: Memberikan informasi yang tepat dan relevan kepada masyarakat akan membantu mereka memahami nilai-nilai budaya lokal dan pentingnya melestarikannya.

b) Inklusi dan Partisipasi Masyarakat:

  • Langkah: Melibatkan komunitas dalam proses perumusan kebijakan.
  • Rasional: Memperoleh masukan dari masyarakat akan menciptakan rasa memiliki terhadap kebijakan yang diusulkan dan meningkatkan penerimaan terhadap implementasinya.

c) Media dan Kampanye Publik:

  • Langkah: Menggunakan media sosial, televisi, dan media lainnya untuk mendukung pesan-pesan keberagaman budaya dan nasionalisme.
  • Rasional: Media memiliki pengaruh besar dalam membentuk persepsi masyarakat. Dengan menggunakan media dengan strategi yang tepat, kita dapat membangun dukungan luas terhadap kebijakan ini.

2) Individu atau Kelompok Berpengaruh dalam Masyarakat yang Mungkin Hendak Mendukung

a) Tokoh Masyarakat dan Budayawan:

  • Deskripsi: Tokoh-tokoh yang dihormati dalam bidang budaya dan pendidikan.
  • Mendapatkan Dukungan: Melibatkan mereka dalam proses konsultasi dan meminta dukungan mereka dalam memberikan informasi dan pemahaman yang lebih dalam kepada masyarakat.

b) Organisasi Pemuda dan Pendidikan:

  • Deskripsi: Organisasi-organisasi yang aktif dalam mempromosikan pendidikan dan kebudayaan.
  • Mendapatkan Dukungan: Kolaborasi dengan organisasi-organisasi ini untuk mengadakan acara bersama, seminar, atau kampanye yang mendukung kebijakan ini.

3) Kelompok di Masyarakat yang Mungkin Menentang

a) Pemuda yang Lebih Tertarik pada Budaya Barat:

  • Deskripsi: Segmen pemuda yang lebih terpapar budaya barat.
  • Meyakinkan untuk Mendukung: Menggunakan pendekatan yang inklusif dan berempati untuk memahami perspektif mereka. Menunjukkan bagaimana kebijakan ini dapat berdampingan dengan apresiasi terhadap budaya barat, bukan sebagai penggantinya.

b) Kelompok Konservatif Budaya:

  • Deskripsi: Individu atau kelompok yang kuat mempertahankan nilai-nilai tradisional.
  • Meyakinkan untuk Mendukung: Menekankan pada nilai-nilai bersama seperti identitas nasional, kebanggaan akan warisan budaya, dan keberagaman sebagai kekayaan. Menyajikan kebijakan ini sebagai langkah untuk memperkaya, bukan menggantikan.

c) Kelompok Ekonomi dan Politik yang Tertentu:

  • Deskripsi: Kelompok yang mungkin memiliki kepentingan ekonomi atau politik tertentu terkait dengan globalisasi budaya.
  • Meyakinkan untuk Mendukung: Menyoroti manfaat jangka panjang dari melestarikan budaya nasional dalam mendukung ekonomi lokal dan identitas nasional yang kuat.

Iklan

Nanda R

Community

02 Agustus 2024 11:03

Jawaban terverifikasi

<p>Untuk menangani masalah kebudayaan di mana banyak remaja lebih menyukai budaya Barat dibandingkan budaya nasional, rencana tindakan yang mencakup langkah-langkah untuk mengusulkan kebijakan ini harus dilakukan dengan cermat. Berikut adalah penjelasan tentang cara menumbuhkan dukungan, mendeskripsikan individu atau kelompok yang berpengaruh, serta cara menghadapi penentangan.</p><p>1. Menumbuhkan Dukungan pada Individu dan Kelompok</p><p><strong>a. Penyuluhan dan Pendidikan:</strong></p><ul><li><strong>Langkah:</strong> Mengadakan program penyuluhan dan pendidikan tentang pentingnya melestarikan budaya nasional melalui seminar, lokakarya, dan kursus di sekolah serta komunitas.</li><li><strong>Tujuan:</strong> Memberikan pemahaman yang mendalam tentang nilai dan keunikan budaya nasional serta dampak positifnya bagi identitas nasional dan perkembangan pribadi.</li></ul><p><strong>b. Penguatan Identitas Budaya:</strong></p><ul><li><strong>Langkah:</strong> Mendorong partisipasi aktif remaja dalam kegiatan budaya nasional seperti festival, lomba seni tradisional, dan kegiatan sosial yang mempromosikan budaya lokal.</li><li><strong>Tujuan:</strong> Membuat pengalaman positif dan menarik yang dapat meningkatkan minat dan kebanggaan terhadap budaya nasional.</li></ul><p><strong>c. Keterlibatan Media dan Sosial:</strong></p><ul><li><strong>Langkah:</strong> Menggunakan media sosial dan media massa untuk mempromosikan budaya nasional dengan cara yang kreatif dan menarik, serta menampilkan tokoh-tokoh muda yang aktif dalam budaya nasional.</li><li><strong>Tujuan:</strong> Menghasilkan konten yang relevan dan menarik bagi remaja, sehingga mereka lebih termotivasi untuk mendalami dan berpartisipasi dalam budaya nasional.</li></ul><p>2. Mendeskripsikan Individu atau Kelompok yang Berpengaruh</p><p><strong>a. Tokoh Pendidikan dan Akademisi:</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Para guru, dosen, dan akademisi yang memiliki pengaruh di kalangan pelajar dan mahasiswa.</li><li><strong>Strategi:</strong> Melibatkan mereka dalam pengembangan kurikulum yang menekankan nilai-nilai budaya nasional dan memberikan pelatihan untuk mengintegrasikan budaya nasional dalam pengajaran mereka.</li></ul><p><strong>b. Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama:</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Pemimpin masyarakat dan agama yang dihormati dan memiliki peran penting dalam kehidupan sosial.</li><li><strong>Strategi:</strong> Mengajak mereka untuk berbicara di acara-acara budaya dan menggunakan pengaruh mereka untuk mendukung kebijakan yang mempromosikan budaya nasional.</li></ul><p><strong>c. Influencer dan Artis Lokal:</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Individu yang memiliki pengaruh besar di media sosial dan dunia hiburan.</li><li><strong>Strategi:</strong> Mengajak mereka untuk mempromosikan budaya nasional melalui platform mereka dan berkolaborasi dalam proyek-proyek yang mempromosikan budaya lokal.</li></ul><p>3. Menghadapi Kelompok yang Mungkin Menentang Rancangan Tindakan</p><p><strong>a. Kelompok yang Menilai Budaya Nasional Kurang Relevan:</strong></p><ul><li><strong>Pendekatan:</strong> Menyediakan data dan informasi yang menunjukkan bagaimana budaya nasional berkontribusi pada identitas pribadi dan kesejahteraan sosial. Menyajikan contoh sukses dari individu atau komunitas yang berhasil memanfaatkan budaya nasional dalam kehidupan modern.</li></ul><p><strong>b. Kelompok yang Lebih Terbuka Terhadap Budaya Barat:</strong></p><ul><li><strong>Pendekatan:</strong> Menerapkan pendekatan integratif yang menunjukkan bagaimana budaya nasional dapat beradaptasi dan berdampingan dengan elemen-elemen budaya Barat. Menunjukkan bahwa menghargai budaya nasional tidak berarti menolak budaya luar, melainkan mengharmoniskan keduanya.</li></ul><p><strong>c. Masyarakat yang Skeptis terhadap Perubahan:</strong></p><ul><li><strong>Pendekatan:</strong> Mengadakan dialog terbuka dan forum diskusi untuk mendengarkan kekhawatiran mereka dan menjelaskan manfaat serta tujuan kebijakan. Menggunakan pendekatan partisipatif di mana mereka bisa terlibat dalam proses perencanaan dan implementasi.</li></ul>

Untuk menangani masalah kebudayaan di mana banyak remaja lebih menyukai budaya Barat dibandingkan budaya nasional, rencana tindakan yang mencakup langkah-langkah untuk mengusulkan kebijakan ini harus dilakukan dengan cermat. Berikut adalah penjelasan tentang cara menumbuhkan dukungan, mendeskripsikan individu atau kelompok yang berpengaruh, serta cara menghadapi penentangan.

1. Menumbuhkan Dukungan pada Individu dan Kelompok

a. Penyuluhan dan Pendidikan:

  • Langkah: Mengadakan program penyuluhan dan pendidikan tentang pentingnya melestarikan budaya nasional melalui seminar, lokakarya, dan kursus di sekolah serta komunitas.
  • Tujuan: Memberikan pemahaman yang mendalam tentang nilai dan keunikan budaya nasional serta dampak positifnya bagi identitas nasional dan perkembangan pribadi.

b. Penguatan Identitas Budaya:

  • Langkah: Mendorong partisipasi aktif remaja dalam kegiatan budaya nasional seperti festival, lomba seni tradisional, dan kegiatan sosial yang mempromosikan budaya lokal.
  • Tujuan: Membuat pengalaman positif dan menarik yang dapat meningkatkan minat dan kebanggaan terhadap budaya nasional.

c. Keterlibatan Media dan Sosial:

  • Langkah: Menggunakan media sosial dan media massa untuk mempromosikan budaya nasional dengan cara yang kreatif dan menarik, serta menampilkan tokoh-tokoh muda yang aktif dalam budaya nasional.
  • Tujuan: Menghasilkan konten yang relevan dan menarik bagi remaja, sehingga mereka lebih termotivasi untuk mendalami dan berpartisipasi dalam budaya nasional.

2. Mendeskripsikan Individu atau Kelompok yang Berpengaruh

a. Tokoh Pendidikan dan Akademisi:

  • Deskripsi: Para guru, dosen, dan akademisi yang memiliki pengaruh di kalangan pelajar dan mahasiswa.
  • Strategi: Melibatkan mereka dalam pengembangan kurikulum yang menekankan nilai-nilai budaya nasional dan memberikan pelatihan untuk mengintegrasikan budaya nasional dalam pengajaran mereka.

b. Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama:

  • Deskripsi: Pemimpin masyarakat dan agama yang dihormati dan memiliki peran penting dalam kehidupan sosial.
  • Strategi: Mengajak mereka untuk berbicara di acara-acara budaya dan menggunakan pengaruh mereka untuk mendukung kebijakan yang mempromosikan budaya nasional.

c. Influencer dan Artis Lokal:

  • Deskripsi: Individu yang memiliki pengaruh besar di media sosial dan dunia hiburan.
  • Strategi: Mengajak mereka untuk mempromosikan budaya nasional melalui platform mereka dan berkolaborasi dalam proyek-proyek yang mempromosikan budaya lokal.

3. Menghadapi Kelompok yang Mungkin Menentang Rancangan Tindakan

a. Kelompok yang Menilai Budaya Nasional Kurang Relevan:

  • Pendekatan: Menyediakan data dan informasi yang menunjukkan bagaimana budaya nasional berkontribusi pada identitas pribadi dan kesejahteraan sosial. Menyajikan contoh sukses dari individu atau komunitas yang berhasil memanfaatkan budaya nasional dalam kehidupan modern.

b. Kelompok yang Lebih Terbuka Terhadap Budaya Barat:

  • Pendekatan: Menerapkan pendekatan integratif yang menunjukkan bagaimana budaya nasional dapat beradaptasi dan berdampingan dengan elemen-elemen budaya Barat. Menunjukkan bahwa menghargai budaya nasional tidak berarti menolak budaya luar, melainkan mengharmoniskan keduanya.

c. Masyarakat yang Skeptis terhadap Perubahan:

  • Pendekatan: Mengadakan dialog terbuka dan forum diskusi untuk mendengarkan kekhawatiran mereka dan menjelaskan manfaat serta tujuan kebijakan. Menggunakan pendekatan partisipatif di mana mereka bisa terlibat dalam proses perencanaan dan implementasi.

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

Chat AiRIS

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Upaya yang dapat dilakukan pelajar dalam rangka mendukung upaya bela negara adalah…

39

3.7

Jawaban terverifikasi

1.Bagaimana hubungan antar Perundang - undangan sesuai dg herarkis tata urutan ? 2. Simaklah beberapa peraturan perundangan apakah peraturan tersebut SBG terjemahan atas peraturan perundangan atau tumpang tindih ? ( UU no 12 Tahun 2011, UU no 23Tahun 2014, UU No 25 Tahun 2004 ) 3 . Tuliskan peraturan perundangan yg di undangkan atas perintah TAP MPR NO I / MPR/ 2003 4.sebutkan produk UU atas perintah UUD NRI Tahun 1945 ( pasal18, pasal 22, pasal 23, Pasal 26 , Pasal 27,pasal ,pasal 28, pasal 29, pasal 30 ,pasal 31 dan pasal 33 )

59

2.2

Lihat jawaban (3)