GRISELDIS A

15 Desember 2021 01:47

Iklan

Iklan

GRISELDIS A

15 Desember 2021 01:47

Pertanyaan

πšŠπš™πšŠ πš’πšŠπš—πš πšπš’πš–πšŠπš”πšœπšžπš πš™πšŠπš—πšπšžπš—


77

8

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Ayu

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

15 Desember 2021 09:20

Jawaban terverifikasi

Halo Griseldials A. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Pantun adalah salah satu jenis puisi lama yang tiap bait biasanya terdiri atas empat baris dan bersajak a-b-a-b. Cermati pembahasan berikut. Pantun adalah salah satu jenis puisi lama yang berasal dari Indonesia. Pantun berasal dari kata patuntun dalam bahasa Minangkabau yang berarti "penuntun". Pantun memiliki nama lain dalam bahasa-bahasa daerah: dalam bahasa Jawa, pantun dikenal dengan parikan; dalam bahasa Sunda, pantun disebut paparikan; dan dalam bahasa Batak, pantun dikenal dengan sebutan umpasa. Ciri-ciri pantun, yaitu: 1. 1 bait terdiri atas empat baris. 2. Baris pertama dan kedua merupakan sampiran. 3. Baris ketiga dan keempat merupakan isi. 4. Bersajak a-b-a-b. 5. Tiap baris terdiri atas 8-12 suku kata. Dengan demikian, disimpulkan bahwa pantun adalah salah satu jenis puisi lama yang tiap bait biasanya terdiri atas empat baris dan bersajak a-b-a-b. Semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

Alpha J

15 Desember 2021 02:17

Pantun ialah suatu bentuk puisi Indonesia β€œmelayu”, tiap bait β€œkuplet” terdiri dari sebuah empat baris yang bersajak β€œa-b-a-b”, pada tiap larik biasanya terdiri atas sebuah empat kata, baris pertama dan baris kedua biasanya untuk suatu tumpuan β€œsampiran” saja sedangkan pada baris ketiga dan keempat ialah isi.


'NIa '

15 Desember 2021 04:55

Pantun adalah, salah satu jenis puisi lama yang sangat luas dikenal di Nusantara. Kata "Pantun" kata pantun berasal dari kata patuntun dalam Bahasa Minangkabau yang memiliki arti "Penuntun".


Muhammad S

19 Desember 2021 11:02

hay ka


Naila S

17 Desember 2021 12:01

pantun adalah bentuk puisi Indonesia


Badrul M

18 Desember 2021 15:08

pantun adalah karangan orang yang dibuat dengan. bait setiap bait terdiri dari empat baris . dan bisa. dibilang. pantun adalah bahan tertawa orang pantun nya tergantung. ada tentang cinta, nasehat,dan sebagainya


Kireiinaa K

19 Desember 2021 04:15

Pantun adalah satu jenis puisi lama


Javeline T

21 Desember 2021 11:30

pantun adalah puisi lama yang masih terikat oleh aturan


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bambang Pamungkas adalah sosok striker nomor satu di timnas. Ia menekuni profesi sebagai pesepakbola memang sedari kecil. Ia bukan dari keluarga yang berkecukupan, namun karena kegigihannya berlatih, sekarang ia menjadi tulang punggung di garis depan tim sepakbola Indonesia. Hal yang patut diteladani dari tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah

127

5.0

Jawaban terverifikasi