Lena L

14 Januari 2023 05:40

Iklan

Lena L

14 Januari 2023 05:40

Pertanyaan

√(6 − 3√3) = a√2 + b√6, maka b/a = .... A. −3 B. −1 C. 1 D. 3 E. 5

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

10

:

40

:

45

Klaim

8

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

A. Aisyiyah

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

31 Januari 2023 18:05

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah -1/3 (Tidak ada pilihan jawaban yang benar) Konsep : √((a+b) – 2√(a · b)) = √(a) – √(b) √(a²) = a √(a) · √(b) = √(a · b) Untuk merasionalkan bentuk pecahan a/√(b) dilakukan dengan mengalikan masing-masing pembilang dan penyebut dengan √(b) a/√(b) · √(b)/√(b) = a√(b)/(√(b)·√(b)) = a√(b)/(√(b²)) = a√(b)/b = (a/b)√(b) Pembahasan : √(6 − 3√3) = √(6 – 2 · (3/2)√(3)) = √(6 – 2 · √(3/2)² · √(3)) = √(6 – 2 · √(9/4) · √(3)) = √(6 – 2 · √[(9/4) · (3)]) = √(6 – 2 · √(27/4)) = √(12/2 – 2√(9/2 · 3/2)) = √((9/2 + 3/2) – 2√(9/2 · 3/2)) = √(9/2) – √(3/2) = √(9)/√(2) – √(3)/√(2) = (√(9) – √(3))/√(2) = (3 – √(3))/√(2) = (3 – √(3))/√(2) · √(2)/√(2) = (3 – √(3))√(2)/(√(2) · √(2)) = (3√(2) – √(3) · √(2))/(√(2²)) = (3√(2) – √(3 · 2))/2 = (3√(2) – √(6))/2 = (3/2)√(2) – (1/2)√(6) Karena √(6 − 3√3) = a√2 + b√6 Maka : a = 3/2 b = -1/2 b/a = (-1/2)/(3/2) = (-1/2) · (2/3) = -2/6 = -1/3 Jadi diperoleh nilai b/a = -1/3 Tidak ada pilihan jawaban yang benar


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan