Nanajeyna N

12 Maret 2022 04:38

Iklan

Iklan

Nanajeyna N

12 Maret 2022 04:38

Pertanyaan

(1)Negara Indonesia merupakan miniatur dunia yang memiliki beragam kultur dan adat istiadat. (2) Keberagaman tersebut menunjukkan bahwa Indonesia kaya akan budaya yang […], mulai dari rumah adat, tarian adat, upacara adat, bahasa daerah, lagu daerah, pakaian, hingga ciri khas lainnya yang mewakili daerah-daerah dari seluruh Nusantara. (3) Sebagai bangsa dan negara yang majemuk, setiap masyarakat Indonesia harus terus belajar untuk hidup secara berdampingan dan menjalin hubungan baik di antara anggota masyarakat dan manusia lainnya. (4) Tidak bisa dimungkiri bahwa sebagai makhluk sosial, kita selalu membutuhkan bantuan ataupun pertolongan dari orang lain. (5) Tuhan menciptakan segala sesuatu dengan beraneka ragam. (6) Namun, di balik semua perbedaan yang ada, setiap manusia mempunyai hak yang sama. (7) Kita sama-sama ingin merdeka, sama-sama ingin dihormati, dihargai, sama-sama ingin diperlakukan secara adil, dan sama-sama ingin dilindungi. [….] Gagasan pada kalimat 3 dapat diungkapkan melalui kalimat … (A) Bangsa dan negara Indonesia memiliki kekayaan budaya yang beragam dan majemuk. (B) Masyarakat Indonesia mesti belajar untuk hidup berdampingan dalam kemajemukan. (C) Bangsa Indonesia adalah bangsa yang masyarakatnya hidup berdampingan dan baik. (D) Masyarakat Indonesia berasal dari suku, bangsa, serta budaya yang beragam dan majemuk.


86

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

P. Rahmalina

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

14 Maret 2022 10:26

Jawaban terverifikasi

Halo, Haruto H. Terima kasih sudah bertanya ke Roboguru. Kakak bantu jawab ya 😊 Jawaban dari pertanyaan di atas adalah B. Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut. Informasi pada teks adalah segala sesuatu yang menjadi isi dan pembahasan pada sebuah teks. Informasi dapat disampaikan secara tersirat maupun tersurat sehingga letak informasi harus dipahami dengan baik agar pembaca dapat memahami inti pembahasan tanpa mengalami kesalahpahaman. Langkah-langkah untuk menemukan informasi pada sebuah bacaan adalah sebagai berikut. 1) Bacalah teks dengan saksama. 2) Pahamilah makna setiap kalimat yang ada pada teks. 3) Temukanlah kalimat utama atau gagasan pokok dalam setiap paragraf. 4) Tandailah kata atau kalimat yang mengandung kata kunci. 5) Pahami setiap gambar, grafik, tabel, atau diagram yang menunjang informasi teks. 6) Cocokkan kembali informasi yang didapatkan dengan teks secara keseluruhan. Gagasan pada kalimat (3) dapat diungkapkan melalui kalimat "Masyarakat Indonesia mesti belajar untuk hidup berdampingan dalam kemajemukan." Hal ini sesuai dengan hal yang dikemukakan pada kalimat (3) yang berbunyi, "Sebagai bangsa dan negara yang majemuk, setiap masyarakat Indonesia harus terus belajar untuk hidup." Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B. Semoga membantu ya 😊


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Dapatkan akses pembahasan sepuasnya
tanpa batas dan bebas iklan!

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Ketahanan pangan kembali menjadi perhatian dan diskusi publik, kali ini terkait dengan situasi pandemi Covid-19. (2) Diskusi tersebut dilatarbelakangi terganggunya rantai pasokan pangan domestik dan proses produksi pangan akibat anjuran pembatasan sosial ditambah banyaknya pemutusan kerja. (3) Kenaikan angka pengangguran berpotensi menurunkan daya beli dan meningkatkan kerawanan pangan dan gizi. (4) Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) telah memperingatkan hal ini, termasuk menyoroti terganggunya ketersediaan pangan akibat perilaku menimbun makanan (panic buying) di Indonesia. (5) Menurut Kementerian Pertanian, pemerintah telah merumuskan agenda untuk menjaga kebutuhan stok pangan nasional, termasuk di dalamnya pengembangan pertanian modern yang mengusung pembangunanfood estate di atas lahan bekas proyek Pengembangan Lahan Gambut (PLG) di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). (6) Selain Kalimantan Tengah, pemerintah juga merencanakanfood estate di berbagai lokasi yang dibiayai APBN. (7) Program ini sudah berulang kali dilaksanakan dan mengalami kegagalan karena tidak berhasil mengefektifkan penggunaan lahan dan tidak dihasilkan produksi panen yang tinggi. (8) Sejumlah contoh kegagalanfoodestote adalah pada era Soeharto, yakni Program Food Estate PLG, Kalteng (1996) dan pada era SBY, yakni Program Food Estate Bulungan, Kalimantan Timur (2011); Program Merauke Integrated Food and Energy Estate, Papua (2011); dan Program Food Estate Ketapang, Kalimantan Barat (2013). (9) Rencana food estate terbaru ini lantas menyisakan pertanyaan besar, apa asumsi yang melatarbelakangi keputusan food estote sebagai agenda ketahanan pangan dan gizi? (10) Jika pilihan intervensi ini dinilai dapat meningkatkan efisiensi melalui pertanian skala besar dan meningkatkan ketersediaan pangan dalam bentuk energi atau kalori, maka ketahanan pangan dan gizi adalah penjaminan yang lebih luas [...] sekadar efisiensi dan ketersediaan pangan, sebagaimana disebut UU No. 18/2012 tentang Pangan. (11) UU Pangan menjamin kepastian keterjangkauan dan pemenuhan konsumsi pangan yang bermutu dan bergizi seimbang, secara merata, dan sepanjang waktu, dengan memanfaatkan sumber daya, kelembagaan, dan budaya lokal. Sumber: https://wri-indonesia.org, 30 Januari 2021 dengan beberapa penyesuaian 35. Kalimat mana pada bacaan yang memiliki pola dasar sama dengan pola dasar pada kalimat Pak Raden memasukkan uang ke bank? (A) Kalimat ke-1. (B) Kalimat ke-3 . (C) Kalimat ke-4. (D) Kalimat ke-9. (E) Kalimat ke-11.

146

0.0

Jawaban terverifikasi

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2019 dibacakan sebesar 5,07% secara year on year (YoY) oleh Badan Pusat Statistik (BPS) hari Senin (6/5/2019). Angka tersebut jauh di bawah ekspektasi konsensus pasar yang sebesar 5,19% berdasarkan hasil poling NBC Indonesia. Menurut lapangan usaha, sektor industri, perdagangan, dan pertanian masih menjadi penyumbang utama pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga kuartal I-2019. Sayangnya, pertumb han PDB di sektor pertanian hanya mampu tumbuh sebesar 1,81% YoY, sangat jauh dari pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Padahal sektor pertanian pada kuartal l-2018 masih bisa tumbuh sebesar 34%. Angka ini juga merupakan pertumbuhan PDB sektor pertanian yang paling rendah setidaknya sejak kuartal l-2017. Bahkan pada kuartal l-2019, pertumbuhan PDB tanaman pangan terkontraksi atau negatif hingga 5,94% YoY. Artinya produksi tanaman pangan, yang utamanya masih disumbang oleh beras jauh lebih sedikit sepanjang kuartal I-2019 dibanding tahun sebelumnya. Menurut Kepala BPS, Suhariyanto, hal tersebut terjadi karena adanya pergeseran masa panen padi. Pada tahun 2018, puncak masa panen padi terjadi di sekitar bulan Maret, sehingga masuk dalam perhitungan PDB kuartal I. Sedangkan pada tahun 2019, puncak masa panen padi jatuh di sekitar bulan April. Perbedaan tersebut membuat pertumbuhan PDB tanaman pangan kuartal I-2019 mengalami kontraksi yang sangat dalam. Tetapi, Suhariyanto juga menambahkan, bahwa itu bukan satu-satunya alasan kontraksi pertumbuhan PDB tanaman pangan. Karena pada tahun sebelumnya (kuartal I-2018) PDB tanaman pangan Indonesia juga terkontraksi hingga 3,42% YoY. Sama dengan tanaman pangan, PDB sektor kehutanan dan penebangan kayu juga mengalami kontraksi sebesar 2,86% YoY pada kuartal I-2019. Padahal kuartal I tahun sebelumnya masih bisa tumbuh hingga 5,4% YoY. Sektor tanaman hortikultura, meskipun tumbuh hingga 6,18% Y pada kuartal l-2019, namun sejatinya mengalami perlambatan dibanding tahun sebelumnya. Karena pada kuartal I-2018, sektor ini bisa tumbuh 7,02%. Tanaman perkebunan pun juga begitu, yang mana hanya tumbuh 3,33% YoY pada kuartal I-2019, melambat ketimbang kuartal l-2018 yang tumbuh hingga 7,19% YoY. Sebenarnya, hampir seluruh subsektor yang masuk dalam Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan tumbuh melambat pada kuartal I-2019 dibanding tahun sebelumnya. Hanya sektor peternakan saja yang mampu tumbuh 7,95% YoY atau lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yang sebesar 3,94% YoY. Artinya memang ada faktor lain yang menyebabkan pertumbuhan PDB di sektor pertanian jauh melambat dibanding tahun sebelumnya. Namun dalam konferensi pers hari Senin (6/5/2019), Suhariyanto enggan untuk mengelaborasi alasan tersebut lebih jauh. Sebagai informasi, tanaman pangan di Indonesia masih didominasi oleh beras, meskipun ada pula bagian dari jagung, singkong, ubi, dan kedelai. Mengingat beras memiliki andil yang cukup besar pada perhitungan inflasi dan juga batas garis kemiskinan, sewajarnya pemerintah menaruh perhatian yang lebih atas fakta-fakta tersebut. Perlambatan pertumbuhan ekonomi juga tak hanya menyerang sektor pertanian. Sektor industri pengolahan secara keseluruhan pada kuartal l-2019 juga hanya mampu tumbuh sebesar 3,86% YoY, melambat dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 4,6% YoY. Meskipun industri makanan dan minuman tumbuh cukup pesat, yaitu 6,77% YoY, namun sejatinya jauh melambat dibanding tahun sebelumnya. Karenaa kuartal I-2018, industri makanan dan minuman bisa tumbuh sebesar 12,77% YoY. Padahal Suhariyanto mengatakan bahwa kali ini industri makanan dan minuman sudah didorong oleh peningkatan produksi minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) serta persiapan menjelang Ramadan dan lebaran. (Sumber: https://www.cnbcindonesia.comlr:narket/2019050612658-170692/prtumbuhan-ekonomi-loyo-gara-gara-pertanan-pangan-negatif/2) 4. Berdasarkan diagram di atas, sektor lapangan usaha yang masuk dalam 3 besar mengalami pertumbuhan PDB yang cukup signifikan adalah .... A. Pertambangan, lndustri , dan pertanian B. lnformasi dan komunikasi, jasa keuangan dan asuransi, dan pengadaan air C. Real estate, jasa pendidikan, dan pertambangan D. lnformasi dan komunikasi, jasa perusahaan, dan jasa lainnya E. Jasa perusahaan, perdagangan, dan pertanian

13

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

(1) Kita sering menggunakan istilah "negara dunia ketiga" sebagai pengganti dari "negara miskin dan berkembang". (2) Sebaliknya, negara-negara kaya seperti Amerika Serikat dan Eropa digambarkan sebagai negara dunia pertama. (3) Dari mana perbedaan ini berasal? (4) Mengapa kita jarang mendengar "negara dunia kedua"? (5) Model geopolitik tiga dunia itu pertama kali muncul pada pertengahan abad ke-20 sebagai cara pemetaan berbagai pemain dalam Perang Dingin. (6) Para sejarawan merujuk pada ahli demografi asal Prancis bernama Alfred Sauvy untuk penamaan tiga dunia itu yang terbit dalam artikel tahun 1952 berjudul Three Worlds, One Planet. (7) Sauvy memasukkan Amerika Serikat, Eropa Barat, lepang, dan Australia dalam dunia pertama, lalu Uni Soviet dan Eropa Timur pada dunia kedua. (8) Sementara itu, dunia ketiga mencakup semua negara yang tidak aktif memihak pada suatu kubu dalam Perang Dingin. (9) Negara tersebut mencakup negara Eropa yang miskin, Afrika, Timur Tengah, Amerika Latin, dan Asia. (10) Pada zaman kiwari, negara-negara Barat dengan perekonomian yang kuat digambarkan sebagai dunia pertama. (11) Tampaknya, penyebutan negara dunia kedua telah usang pascaruntuhnya Uni Soviet. (12) Penyebutan negara dunia ketiga masih umum kita jumpai. (12) Namun, artinya telah menyimpang, dari negara Non-Blok menjadi negara berkembang. (13) Banyak akademisi melihat bahwa label dunia ketiga saat ini sudah ketinggalan zaman. (14) Istilah lain seperti negara berkembang atau negara berpenghasilan menengah ke bawah lebih sering digunakan sebagai penggantinya. Sumber: National Geographic indonesia, 20 Januari 2021. 34. Judul artikel yang terdapat pada kalimat ke-6 seharusnya ditulis dengan … (A) tanda petik (B) huruf tebal (C) huruf miring (D) tanda petik tunggal (E) huruf miring dan tanda petik

124

0.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah teks berikut secara cermat! Fungsi pendidikan adalah serangkaian tugas ataupun misi yang diemban dan dilaksanakan oleh pendidikan. Dari pengertian ini dapat dijelaskan bahwa sesungguhnya kegiatan atau praktik pendidikan di manapun bukanlah kegiatan tanpa makna atau tujuan yang jelas. Dalam kegiatan pendidikan tersirat suatu tugas atau misi yang harus diwujudkan. Oleh karena itu, para pendidik, pengelola pendidikan, dan pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan pendidikan seharusnya selalu menyadari akan tugas atau misi pendidikan yang dikelolanya. Dari segi kultural dan sosial, fungsi pendidikan adalah menumbuhkan kreativitas subjek didik, menjaga kelestarian nilai-nilai insaniah dan ilahiah; serta menyiapkan tenaga kerja produktif. Sementara itu, Bock mengatakan bahwa peran pendidikan adalah memasyarakatkan ideologi dan nilai sosio-kultural bangsa; menyiapkan tenaga kerja untuk memerangi kemiskinan, kebodohan, don mendorong perubahan sosial, serta memeratakan kesempatan dan pendapatan. Dari sumber tersebut jelas bahwa kegiatan atau praktik pendidikan memiliki misi atau tugas bukan hanya menjadikan peserta didik tumbuh dan berkembang potensi atau kemampuannya, melainkan juga (1) menjaga dan melestarikan nilai-nilai yang dianggap baik dan benar oleh masyarakat dan bangsa serta (2) menyiapkan peserta didik menjadi tenaga kerja produktif. Di pihak lain, fungsi pendidikan nasional menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa. Simpulan teks di atas yang paling tepat adalah .... A. Tujuan pendidikan nasional di Indonesia telah mencakup segi kultural dan sosial dan menjangkau semua lapisan masyarakat dalam hal mencerdaskan bangsa dan menyiapkan tenaga kerja produktif. B. Pendidikan bertugas menjadikan peserta didik tumbuh dan berkembang potensinya, melestarikan nilai-nilai yang benar, serta menyiapkan tenaga kerja produktif. C. Fungsi pendidikan menurut Undang- Undang No. 20 Tahun 2003 selaras dengan pendapat Bock yang mengatakan bahwa peran pendidikan adalah memasyarakatkan ideologi. D. Kegiatan pendidikan memiliki misi bukan hanya menjadikan peserta didik tumbuh dan berkembang potensinya, melainkan juga menjaga dan melestarikan nilai-nilai yang dianggap baik dan benar. E. Pendidikan nasional menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 berfungsi mengembangkan kemampuan, membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa.

181

0.0

Jawaban terverifikasi

Cara aman minum jamu untuk menurunkan berat badan. “Bila Anda penggemar jamu, ada baiknya jika jamu tersebut diracik oleh tangan sendiri. Apalagi bahan alami seperti telur, kunyit, dan bahan tradisional lainnya dapat lebih memberi manfaat bila diolah dan dikonsumsi secara murni,” kata dr. Dyan. Selain itu, dilansir dari Healthline, Anda bisa memanfaatkan beberapa rempah alami sebagai bahan racikan jamu buatan sendiri untuk membantu mengatasi obesitas, seperti: (1) Jahe: dapat membantu menghilangkan lemak perut (2) Oregano: terdiri atas daun min, basil, thyme, rosemary, dan sage yang mengandung senyawa carvacrol efektif untuk mengkontrol lemak dan menurunkan berat badan. (3) Ginseng: dapat menjaga mikrobiota pada usus dan mengkontrol lemak tubuh. (4) Kunyit: bantu mengatasi peradangan secara alami dan menurunkan berat badan. (5) Lada hitam: mengandung senyawa piperin yang dapat menghambat pembentukan lemak. (6) Kayu manis: untuk mengkontrol nafsu makan dan rasa lapar. (7) Kopi hijau: mengandung asam klorogenat yang bisa menurunkan berat badan. (8) Jinten: membantu pembakaran lemak dalam tubuh. Meski alami, usahakan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Jangan dikonsumsi lebih dari satu sendok makan (14 gram) per hari supaya tidak menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan. Terlepas dari aman atau tidaknya jamu dikonsumsi, prioritaskan diet sehat. Tingkatkan juga aktifitas fisik dengan olahraga secara rutin, dan istrahat yang cukup sebagai cara utama mengusahakan tubuh agar terbebas dari kelebihan berat badan dan obesitas. Diadaptasi dengan pengubahan dari https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3616138/. Melalui bacaan di atas, Anda dapat menyimpulkan secara tepat bahwa .... (A) Anda adalah penggemar jamu. (B) Jamu yang tidak melalui racikan tangan sendiri tidak aman dikonsumsi. (C) Sebagaimana pendapat dr. Dyan, telur, kunyit, dan bahan tradisional lainnya lebih memberi manfaat bila diolah dan dikonsumsi secara murni. (D) Meski alami, racikan jamu buatan sendiri sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari satu sendok makan per hari. (E) Diet sehat lebih baik daripada meminum jamu sekalipun racikan jamu buatan sendiri.

42

5.0

Jawaban terverifikasi