Intan D

26 Mei 2024 12:41

Iklan

Iklan

Intan D

26 Mei 2024 12:41

Pertanyaan

(1) Dewi Sartika bermain di belakang gedung Kepatihan. (2) Sejak kecil, Dewi Sartika menunjukkan bakatnya sebagai pendidik. (3) Dewi Sartika menikah dengan Raden Kanduruan Agah Suriawinata (4) Dewi Sartika mengadakan peringatan pendiriannya sekolahnya. Kalimat yang mengandung verba material (kata kerja tindakan) bernomor... a. (1) dan (3) b. (2) dan (4) c. (4) e. (1), (2), (3) dan (4)

(1) Dewi Sartika bermain di belakang gedung Kepatihan.

(2) Sejak kecil, Dewi Sartika menunjukkan bakatnya sebagai pendidik.

(3) Dewi Sartika menikah dengan Raden Kanduruan Agah Suriawinata

(4) Dewi Sartika mengadakan peringatan pendiriannya sekolahnya. 

Kalimat yang mengandung verba material (kata kerja tindakan) bernomor...

a. (1) dan (3)

b. (2) dan (4)

c. (4)

e. (1), (2), (3) dan (4)


37

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

26 Mei 2024 12:52

Jawaban terverifikasi

【Penjelasan】: Verba material adalah kata kerja yang mengungkapkan tindakan yang dilakukan subjek. Dalam teks yang diberikan, kita akan mengidentifikasi kalimat yang mengandung verba material: 1. "Dewi Sartika bermain di belakang gedung kepatihan." - Kata kerja tindakan adalah "bermain". 2. "Dewi Sartika menunjukkan bakatnya sebagai pendidik." - Kata kerja tindakan adalah "menunjukkan". 3. "Dewi Sartika menikah dengan Raden Kanduruan Agah Suriawinata." - Kata kerja tindakan adalah "menikah". 4. "Dewi Sartika mengadakan peringatan pendiriannya sekolahnya." - Kata kerja tindakan adalah "mengadakan". Berdasarkan definisi verba material dan analisis kalimat, semua kalimat (1), (2), (3), dan (4) mengandung verba material. 【Jawaban】: E (1), (2)(3) dan (4)


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

27 Mei 2024 13:13

<p>jawabannya adalah B.</p><p>&nbsp;</p><ul><li>(2) "Sejak kecil, Dewi Sartika menunjukkan bakatnya sebagai pendidik." Di sini, verba material adalah "menunjukkan", yang menggambarkan tindakan atau aktivitas yang dilakukan oleh subjek Dewi Sartika.</li><li>(4) "Dewi Sartika mengadakan peringatan pendiriannya sekolahnya." Verba material dalam kalimat ini adalah "mengadakan", yang menunjukkan tindakan atau aktivitas yang dilakukan oleh Dewi Sartika.</li></ul>

jawabannya adalah B.

 

  • (2) "Sejak kecil, Dewi Sartika menunjukkan bakatnya sebagai pendidik." Di sini, verba material adalah "menunjukkan", yang menggambarkan tindakan atau aktivitas yang dilakukan oleh subjek Dewi Sartika.
  • (4) "Dewi Sartika mengadakan peringatan pendiriannya sekolahnya." Verba material dalam kalimat ini adalah "mengadakan", yang menunjukkan tindakan atau aktivitas yang dilakukan oleh Dewi Sartika.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. Jelaskan secara singkat perbedaan antara metode dan teori penelitian! 2. Berikan contoh penerapan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dalam suatu penelitian! 3. Jelaskan bagaimana teori penelitian dapat membantu dalam menentukan metode penelitian yang tepat! 4. Diskusikan potensi kelemahan dan keterbatasan dalam penggunaan metode dan teori penelitian! 5. Bagaimana seorang peneliti dapat memastikan bahwa penelitiannya memiliki validitas dan reliabilitas yang tinggi? 6. Buatlah sebuah diagram atau tabel yang menggambarkan hubungan antara metode, teori, dan tujuan penelitian!

2

4.3

Jawaban terverifikasi