Roboguru

SBMPTN & STAN Biologi: Pertanyaan, Jawaban, Latihan Soal & Pembahasan

Urutkan

Lingkaran tahun pada batang pohon terjadi karena perbedaan ...

Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah A.

Lingkaran tahun terjadi akibat adanya aktivasi pertumbuhan sekunder pada kambium vasikuler. Pembelahan kambiun vesikuler ke arah dalam akan membentuk xilem sekunder sedangkan pembelahannya ke arah luar akan membentuk floem sekunder. Pembentukan xilem sekunder ini nanti akan disesuaikan dengan musim, sehingga menghasilkan ketebalan dinding dan ukuran sel yang berbeda. 

Dengan demikian lingkaran tahun pada batang pohon terjadi karena adanya perbedaan ketebalan dinding dan ukuran sel kayu yang tumbuh pada musim berbeda.

0

Roboguru

Tumbuban berhabitus herba atau perdu, pada beberapa jenis memiliki getah berwama putih, berdaun tunggal, filotaksis daun ada yang tersebar atau berhadapan, dengan tepi daun bergerigi, perbungaan terdiri dari bunga pita dan bunga tabung yang tersusun dalam kapitulum dan dilindungi oleh involukrum. Berdasarkan ciri-ciri tersebut, tumbuhan ini tergolong dalam suku ... 
 

Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah A. 

Tumbuhan yang ada disekita kita dikelompok dalam beberapa famili atau suku, pada famili Euphorbiaceae atau yang sering disebut suku getah-getahan mempunyai ciri-ciri antara lain batangnya mengandung getah berwarna putih, tulang daun menjari, dan umumnya mempunyai buah kotak. Contoh pada famili ini adalah  jarak, karet, dan ubi kayu. Pada famili Leguminosae atau biasa dkenal dengan suku polong-polongan yang terdiri dari berbagai bentuk tumbuhan seperti pohon, perdu, semak dan herba. Selain itu juga memiliki daun terletak selang seling atau berhadapan serta bertipe majemuk. Pada famili Asteraceae atau suku kenikir-kenikiran merupakan salah satu suku anggota tumbuhan berbunga. Famili ini dikenal mempunyai kepala bunga (capitula) yang dibentuk oleh ratusan atau ribuan bunga individu yang sangat kecil dan biasa disebut dengan pseudanthium (bunga palsu). Pada famili Graminae atau suku rumput-rumputan memiliki ciri-ciri bahwa daun berbentuk pita, tulang daun sejajar sekaligus melekat langsung pada batang, batang sedikit berongga, akar serabut serta bunga berbentuk bulir yang mudah terbang apabila tertiup oleh angin. Contoh tanaman ini yakni padi, gandum, serat bambu betung. Sedangkan pada famili Liliaceae atau suku bawang-bawangan termasuk pada tanamanan perdu atau herba, memiliki akar serabut, atau rimpang dan daun linier atau silindris. Contoh famili ini yakni lidah buaya (Aloe vera), bawang merah serta bawang putih.

Dengan demikian kelompok tumbuhan yang memiliki ciri bergetah berwarna putih termasuk kelompok Euphorbiaceae.

0

Roboguru
12

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved