Roboguru
SD

Zona selatan Jawa Barat memiliki morfologi berbukit-bukit dengan lereng yang terjal sehingga sangat berpotensi sebagai daerah rawan longsor. Prinsip geografi untuk memahami fenomena tersebut yaitu....

Pertanyaan

Zona selatan Jawa Barat memiliki morfologi berbukit-bukit dengan lereng yang terjal sehingga sangat berpotensi sebagai daerah rawan longsor.

Prinsip geografi untuk memahami fenomena tersebut yaitu....

  1. prinsip morfologi

  2. prinsip interelasi

  3. prinsip deskripsi

  4. prinsip korologi

  5. prinsip distribusi

D. Junior

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pada nomor 2 jawaban yang tepat yaitu prinsip interelasi, ilustrasi di soal menjelaskan hubungan sebab akibat daerah yang rawan longsor disebabkan oleh zona selatan Jawa Barat memiliki morfologi berbuki-bukit dengan lereng yang terjal.

Pembahasan

Ada empat prinsip geografi yang kita harus ketahui. Masing-masing prinsip memiliki perbedaan yang sangat terlihat, berikut pengertiannya masing-masing:

  1. Prinsip distribusi, adalah prinsip yang menjelaskan persebaran fenomena alam. Contohnya: Hutan hujan tropis tersebar di Indonesia bagian Barat.
  2. Prinsip deskripsi, adalah prinsip yang hanya menjelaskan suatu fenomena tertentu, dengan berbagai jenis data. Contohnya: Hutan hujan tropis adalah jenis hutan heterogen, yang ditumbuhi oleh tanaman yang memiliki daun yang lebat dan tinggi, Oleh karena itu keadaan tanahnya sangat lembab karena sinar matahari tidak tembus sampai ke permukaan tanah, dan hutan hujan tropis banyak ditemukan di seluruh indonesia bagian barat.
  3. Prinsip interelasi, adalah prinsip yang menjelaskan hubungan sebab akibat dari fenomena alam yang terjadi, Oleh karena itu mengakibatkan fenomena yang lain. Contohnya Di NTB banyak padang rumput, Oleh karena itu di NTB komoditi masyarakatnya ialah Peternakan.
  4. Prinsip korologi, adalah prinsip yang menjelaskan gabungan dari ketiga prinsip diatas, dan penjelasan ilustrasinya sangat panjang dan jelas.

Oleh karena itu pada nomor 2 jawaban yang tepat yaitu prinsip interelasi, ilustrasi di soal menjelaskan hubungan sebab akibat daerah yang rawan longsor disebabkan oleh zona selatan Jawa Barat memiliki morfologi berbuki-bukit dengan lereng yang terjal.

29

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Penebangan hutan di seluruh penjuru dunia secara berlebihan telah mengakibatkan perubahan iklim secara global dan timbulnya berbagai bencana, seperti banjir dan tanah longsor yang mengancam kehidupan....

62

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia