Roboguru

Zat kimia yang berkhasiat menstimulasi susunan saraf pusat pada kopi dan teh adalah ....

Pertanyaan

Zat kimia yang berkhasiat menstimulasi susunan saraf pusat pada kopi dan teh adalah ....space space

  1. Tarspace space

  2. Morfinspace space

  3. Kafeinspace space

  4. Nikotinspace space

  5. Ganjaspace space

Pembahasan Soal:

Kopi dan teh merupakan minuman yang umum dikonsumsi oleh banyak orang. Kesamaan kedua minuman ini adalah memiliki kandungan kafein. Kandungan kafein pada kedua minuman ini memiliki efek zat stimulan alami pada sel sel saraf pusat yang membantu terjaga dan segar lebih lama.
Sehingga opsi jawaban yang paling tepat adalah C

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Dian

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Zat psiko-aktif yang secara alami terdapat dalam kopi adalah ....

Pembahasan Soal:

Zat adiktif yang terkandung dalam kopi adalah Kafein. Selain ditemukan dalam kopi, kafein juga ditemukan pada teh dan dikenal dengan nama theine namun kadarnya tidak sebanyak kafein dalam kopi. Meskipun kafein merupakan zat psikoaktif, namun tidak ada larangan dalam penggunaannya. Umumnya kopi dikonsumsi dengan tujuan agar tidak mengantuk. Hal ini disebabkan karena kafein merupakan stimulus yang mampu meningkatkan kerja otak.space 

Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Jelaskan apa dampak positif dan negatif dari mengonsumsi kopi!

Pembahasan Soal:

Kopi merupakan minuman seduhan, dimana kafein merupakan zat yang terkandung di dalamnya. Beberapa senyawa dalam kopi memiliki manfaat untuk tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Berikut dampak positif mengonsumsi kopi:

  • Kopi dapat membantu meningkatkan memori jangka pendek manusia. Senyawa kafein yang terkandung dalam kopi, membantu proses stimulasi di otak dan mempercepat proses perangkaian neuron, sehingga informasi yang diterima lebih baik.
  • Kopi merupakan bahan diuretik yang baik. Kandungan kafein dalam kopi, menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak urine. Hal tersebut baik untuk membuang zat-zat yang sudah tidak terpakai lagi di dalam tubuh.
  • Kopi dapat membantu meredakan sakit kepala. Kandungan kafein memiliki sifat vasoconstrictive, yang memberikan efek berupa pembuluh darah menyempit yang dapat  membatasi aliran darah. Sakit kepala migran disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah, oleh sebab itu, jika mengonsumsi kopi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak akan membantu meredakan migran.

Jika dikonsumsi berlebihan, tentunya kopi juga dapat memberikan dampak negatif, diantaranya:

  • Penyebab insomnia. Penyebabnya jika kopi dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, karena kandungan kafein dapat menghambat kerja adenosine.
  • Beresiko bagi penderita diabetes. Kandungan kafein yang terlalu tinggi dapat merusak metabolisme dan pengolahan glukosa pada penderita diabetes melitus tipe 2.
  • Bagi pengidap penyakit jantung, dapat memperparah kondisinya. Konsumsi kopi yang berlebih dapat menyebabkan jantung bekerja lebih keras.

0

Roboguru

Perhatikan jenis-jenis narkotika berikut ini! Opium Kafein Ganja Kokain Barbiturat Amfetamin Narkotika yang memiliki efek stimulan adalah ….

Pembahasan Soal:

Kafein, amfetamin, kokain, dan nikotin merupakan jenis psikotropika yang tergolong dalam stimulan karena memiliki mekanisme meningkatkan aktivitas saraf pusat yaitu otak. Sedangkan opium, ganja, dan barbiturat merupakan golongan narkotika golongan depresan yang memiliki mekanisme menekan aktivitas saraf pusat. Sehingga psikotropika yang memiliki efek stimulan ditunjukan oleh nomor 2, 4, dan 6.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

NAPZA (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya) yang bersifat stimulan, antara lain  ... (1) kafein (2) ekstasi (3) alkohol  (4) kokain

Pembahasan Soal:

Jawaban : E Pembahasan : Stimulan adalah kelompok zat yang mamacu kerja organ untuk bekerja lebih cepat dan merangsang sistem saraf pusat sehingga menyebabkan penggunanya menjadi lebih senang dan bahagia. Ekstasi, kafein, kokain dan alkohol dalam jumlah sedikit termasuk ke dalam kelompok stimulan. Dengan demikian, pernyataan yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Stimulan yang bekerja dengan cara menjadi inhibitor kompetitif adalah ….

Pembahasan Soal:

Kafein merupakan senyawa yang secara struktur mirip dengan adenosin yaitu neurotransmitter yang menyebabkan rasa kantuk. Oleh karena strukturnya mirip, molekul kafein dapat menempati reseptor adenosin. Penempelan kafein pada reseptor adenosin menghalangi jalur pensinyalan adenosin, sehingga tubuh akan merasa segar dan tidak mengantuk. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved