Roboguru

Yesterday you met a friend of yours, Charlie. Charlie told you a lot of things. Here are some of the things he said to you. My father is in hospital. Later that day you tell another friend what Charlie said. Use reported speech.

Pertanyaan

Yesterday you met a friend of yours, Charlie. Charlie told you a lot of things. Here are some of the things he said to you.


My father is in hospital.

Later that day you tell another friend what Charlie said. Use reported speech.

Pembahasan Soal:

Pada soal diperintahkan untuk menceritakan kembali kepada teman yang lain tentang apa yang telah Charlie katakan dan diperintahkan juga untuk menggunakan reported speech. Kita dapat menggunakan cara pengubahan kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung atau perubahan dari direct speech menjadi indiret speech. Untuk mengubah kalimat langsung menjadi tidak langsung, kita dapat menggunakan beberapa cara seperti menghilangkan tanda kutip, mengubah tenses, mengganti kata ganti, atau mengganti keterangan waktu. Adapun perubahan tersebut disesuaikan dengan bentuk kalimatnya.

Dalam kalimat soal termuat perkataan charlie kemarin. Hal ini menunjukkan bahwa kalimat berbentuk lampau atau Simple Past Tense jika diceritakan kembali. Untuk mengubah perkataan Charlie menjadi kalimat tidak langsung, kita dapat menambahkan Charlie said pada awal kalimat. Lalu kata "My" dapat diubah menjadi "His". Kata "His" digunakan karena merujuk kepada Ayahnya Charlie. Setelah itu, karena kalimatnya berbentuk Simple Past Tense, maka Verbnya juga harus berbentuk Simple Past Tense (V2) yaitu dengan mengubah kata "Is" menjadi "Was".

Jadi, jawaban yang tepat adalah Charlie said that his father was in hospital.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 02 Maret 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved