Roboguru

Yang termasuk manfaat perdagangan internasional adalah ....

Pertanyaan

Yang termasuk manfaat perdagangan internasional adalah ....space 

  1. 1,3, dan 5space 

  2. 1,2, dan 3space 

  3. 2,4, dan 6space 

  4. 3,4, dan 5space 

  5. 4,5, dan 6space 

Pembahasan Soal:

Perdagangan internasional merupakan suatu kegiatan transaksi jual beli antara suatu negara dengan negara lainnya. Perdagangan internasional mencakup di dalamnya kegiatan ekspor dan impor.

Manfaat perdagangan internasional tentunya dapat dirasakan setelah adanya kesepakatan antara dua belah pihak, yakni dimana dalam hal ini adalah dua negara yang bekerjasama. Pada dasarnya perdagangan internasional bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang tidak dapat terpenuhi karena adanya keterbatasan-keterbatasan tertentu.

Kerjasama antar dua belah pihak atau lebih tentunya memberikan manfaat, salah satunya adalah kerjasama antar dua negara yang tentunya akan mendapatkan manfaat dari perdagangan internasional.

1. Peluang Kerja Terbuka Luas
Manfaat perdagangan internasional yang pertama yakni dapat membuka peluang kerja menjadi lebih luas. Hal ini dikarenakan perdagangan internasional membantu menghasilkan lebih banyak lapangan pekerjaan melalui pembangunan industri-industri baru guna memenuhi permintaan produk di berbagai negara.

Perdagangan internasional dapat mengurangi tingkat pengangguran di beberapa negara. Dengan adanya perdagangan internasional, seseorang akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan karena adanya kerjasama antar dua negara.

2. Membuat Hubungan Baik Antar Negara
Kerjasama yang terjalin antar dua negara tentunya akan membuat hubungan antar dua negara menjadi baik dan tentunya lebih erat. Hubungan baik yang terjalin antara dua negara tentunya akan dirasakan oleh negara-negara yang juga turut berpartisipasi dalam kerjasama tersebut.

3. Meningkatkan Kemakmuran Suatu Negara
Manfaat perdagangan internasional selanjutnya yakni dapat meningkatkan kemakmuran suatu negara. Perdagangan internasional memiliki peranan untuk menaikkan pendapatan dari masing-masing negara yang bersangkutan. Hal ini dikarenakan negara yang kelebihan dan kekurangan akan suatu barang dapat menjual dan memperoleh barang yang dibutuhkan.

Dengan adanya perdagangan internasional maka akan membuat kebutuhan terpenuhi dan membuat pendapatan menjadi meningkat. Sehingga dengan adanya peningkatan pendapatan negara akan meningkatkan kemakmuran suatu negara yang bersangkutan.

4. Memperluas Pasar dan Meningkatkan Pendapatan
Dapat memperluas pasar dan meningkatkan pendapatan merupakan manfaat perdagangan internasional selanjutnya yang bisa dirasakan oleh dua negara yang saling bekerjasama. Hal ini dilakukan dengan memproduksi secara optimal, tanpa takut kelebihan produksi dan harga jual yang turun.

Dengan adanya perdangan internasional pengusaha bisa menjalankan mesin-mesin produksinya secara maksimal dan menjual kelebihan produk yang dihasilkan ke luar negeri. Dengan begitu, tingginya produktivitas akan meningkatkan pendapatan.

5. Kebutuhan Hidup Mudah Terpenuhi
Manfaat perdagangan internasional selanjutnya yakni semakin dapat memenuhi kebutuhan hidup suatu negara. Dengan adanya perdagangan internasional akan memudahkan setiap negara untuk memenuhi kebutuhannya yang tidak diproduksi oleh negara tersebut. Hal ini bisa terjadi dikarenakan di setiap negara pasti memiliki kekayaan sumber dayanya masing-masing. Misalnya saja kondisi geografis, iklim, tingkat penguasaan iptek, dan lain sebagainya.

Jadi jawaban yang tepat adalah C.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 12 April 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved