Roboguru

Yah tertawa kecil, tiada berlagu. "Engkau menempuh jalan kesenangan, aku menempuh jalan berduri, melukai seluruh jiwaku.... Aku dikawinkan dengan laki-laki yang tidak aku sukai, barangkali tiada mengapa. Kata orang, cinta baru timbul kalau sudah kawin, tetapi lakiku itu sudah tua... dua puluh tahun beda umur kami. Aku dibawanya ke Palembang. Ah, apa perlunya lagi kuterangkan panjang-panjang" (Belenggu, Armijn Pane) Sesuai dengan penggalan novel tersebut, penggambaran keterkaitan tema dengan sosial budaya secara tepat adalah . . .

Pertanyaan

Yah tertawa kecil, tiada berlagu. "Engkau menempuh jalan kesenangan, aku menempuh jalan berduri, melukai seluruh jiwaku.... Aku dikawinkan dengan laki-laki yang tidak aku sukai, barangkali tiada mengapa. Kata orang, cinta baru timbul kalau sudah kawin, tetapi lakiku itu sudah tua... dua puluh tahun beda umur kami. Aku dibawanya ke Palembang. Ah, apa perlunya lagi kuterangkan panjang-panjang"

(Belenggu, Armijn Pane)


Sesuai dengan penggalan novel tersebut, penggambaran keterkaitan tema dengan sosial budaya secara tepat adalah . . .undefined 

 

  1. Hati yang hancur, perkawinan dan perceraian usia muda. biasa terjadi.undefined 

  2. Liku-liku hidup berumah tangga, masalah sosial, dalam rumah tangga pasti terjadi perselisihan. undefined 

  3. Perkawinan yang tidak bahagia, masalah sosial, cinta biasanya muncul setelah saling mengenal satu sama lain.undefined 

  4. Kekecewaan hati seorang wanita, masalah sosial, meninggalkan suami sendiri.undefined 

  5. Belenggu perkawinan, mengawinkan anak pada usia muda.undefined 

Pembahasan Soal:

Memberi ulasan pada sebuah buku fiksi haruslah dengan hasil analisis yang objektif dan menyuluruh. Tema adalah bagian unsur intrinsik yang perlu dipahami dari sebuah buku yang hendak diulas, tema selalu memiliki kaitan dengan nilai sosial budaya yang merupakan bagian dari unsur ekstrinsik.

Berdasarkan penggalan novel tersebut, keterkaitan tema dengan sosial budaya digambarkan bahwa ada beberapa perkawinan yang tidak bahagia sebagai dampak dari perjodohan, menggambarkan permasalahan sosial di tengah masyarakat yang memiliki pola pikir bahwa cinta biasanya muncul setelah saling mengenal satu sama lain.

Pilihan jawaban (a) tidak tepat karena tidak ada pernyataan dari teks tersebut mengenai perceraian usia muda, pilihan jawaban (b) juga tidak sesuai karena di dalam penggalan novel tersebut tidak diberi penggambaran mengenai liku-liku hidup berumah tangga, begitu pun pada pilihan jawaban (d) dan (e) tidak tepat dan tidak sesuai dari isi penggalan novel tersebut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 18 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved