Roboguru

Wilayah Kalimantan relatif datar, sementara wilayah Papua berpegunungan. Jenis tanah di kedua wilayah tersebut juga berbeda. Fenomena ini berkaitan dengan aspek....

Pertanyaan

Wilayah Kalimantan relatif datar, sementara wilayah Papua berpegunungan. Jenis tanah di kedua wilayah tersebut juga berbeda. Fenomena ini berkaitan dengan aspek....

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Aspek geografi terbagi menjadi dua, yaitu aspek fisik yang meliputi aktivitas dan objek alami, serta aspek sosial yang meluputi aktivitas dan objek manusia. Pada bahasan di soal, aspek yang tepat adalah Aspek fisik. 

Aspek fisik geografi menitikberatkan pada kajian mengenai fenomena-fenomena geosfer yang mempengaruhi hidup manusia. Pada umumnya, aspek fisik geografi berurusan dengan fenomena-fenomena yang dipengaruhi oleh alam secara langsung, bukan oleh manusia. Pada dasarnya, aspek fisik geografi dapat dikategorikan sebagai berikut :

  1. Litosfer (Lapisan Kulit)
  2. Atmosfer (Lapisan Udara)
  3. Hidrosfer (Lapisan Air)
  4. Biosfer (Lapisan Makhluk Hidup, hewan dan tumbuhan)

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kajian geografi yang berkaitan dengan proses vulkanisme termasuk bagian dari aspek geografi, yaitu….

Pembahasan Soal:

Proses vulkanisme berkaitan dengan fenomena alami bumi sehingga termasuk dalam bagian dari aspek fisik geografi. Aspek fisik geografi  merupakan aspek kajian geografi yang mengenai kondisi alamiah bumi. Aspek fisik terdiri dari unsur biotik, abiotik dan topologi.

0

Roboguru

Perbedaan antara aspek fisik dan nonfisik yang tepat terletak pada ....

Pembahasan Soal:

Aspek kajian geografi dapat dibagi menjadi dua, yaitu aspek fisik dan aspek nonfisik. Perbedaan keduanya dapat dilihat pada pokok bahasannya. Jika aspek fisik berkaitan dengan fenomena yang bersifat fisik, aspek nonfisik berkaitan dengan fenomena yang berkaitan dengan kegiatan manusia. Jawaban yang tepat adalah D.

1

Roboguru

Pernyataan: (1) kemarau panjang terjadi pada tahun ini; (2) beberapa wilayah di Indonesia mengalami kekeringan; (3) petani mengerjakan sawahnya; (4) badai topan di Amerika Serikat; (5) masyarakat...

Pembahasan Soal:

Ada dua aspek Geografi yang kita harus ketahui, yang pertama Aspek Fisik dan Aspek Non Fisik. Penjelasan menganai Aspek Fisik ialah segala kejadian atau fenomena yang terjadi tidak ada pengaruh dari kegiatan manusia, sedangkan Aspek Non Fisik ialah segala kejadian atau fenomena yang terjadi karena ada pengaruh dari kegiatan manusia. Oleh karena itu pada soal ini jawaban yang tepat adalah kemarau panjang terjadi pada tahun ini, beberapa wilayah di indonesia mengalami kekeringan, dan badai topan di Amerika Serikat.

0

Roboguru

Fenomena geosfer dalam geografi yang termasuk aspek fisik adalah ....

Pembahasan Soal:

Aspek fisik adalah yang berkaitan dengan kondisi alamiah. Contoh fenomena geosfer tentang aspek fisik, yaitu sebagai berikut :

  1. Gempa bumi vulkanik yang terjadi karena aktivitas magma.
  2. Gempa bumi tektonik yang terjadi karena pergeseran lempeng tektonik.
  3. Erosi atau tanah longsor yang terjadi pada wilayah yang memiliki kemiringan lereng tinggi dan curah hujan yang tinggi.
  4. Banjir yang terjadi akibat curah hujan yang tinggi.
  5. Banjir rob yang terjadi karena permukaan tanah di kawasan pesisir lebih rendah dibandingkan dengan permukaan laut.
  6. Intrusi air laut yang terjadi di wilayah pesisir.
  7. Terjadi perubahan musim pada setiap bagian belahan bumi.
  8. Peristiwa abrasi yang terjadi di kawasan pesisir karena gelombang laut yang kuat.
  9. Tsunami yang terjadi setelah gempa bumi tektonik di dasar laut.
  10. Bencana kekeringan yang terjadi pada saat musim kemarau.

1

Roboguru

Fenomena geosfer: (1) badai tropik menghantam permukiman warga; (2) rusaknya lahan pertanian oleh hama; (3) letusan gunung api merusak lahan pertanian; (4) terjadi kebakaran rumah warga akibat led...

Pembahasan Soal:

Pengertian aspek fisik secara umum adalah aspek geografis yang mengkaji segala fenomena geosfer yang memengaruhi keberlangsungan hidup manusia. Aspek fisik meliputi aspek kimiawi, biologis, astronomis, dan semua fenomena alam yang langsung dapat diamati. Terdapat 3 macam aspek fisik yakni aspek topografi, aspek biotik dan aspek non-biotik. Berikut merupakan macam macam aspek fisik dan penjelasan lengkapnya.Pengertian aspek sosial secara umum adalah aspek geografi yang membahas fenomena yang terjadi di geosfer yang masih berhubungan dengan kegiatan manusia. Tujuan aspek sosial adalah mengetahui pola hubungan manusia dan lingkungannya. Aspek sosial meliputi kegiatan sosial, ekonomi, politik dan budaya. Berikut merupakan macam macam aspek sosial dan penjelasannya lengkap.

Fenomena aspek fisik yang terjadi dapat dilihat pada fenomena badai tropik yang menghantam permukiman warga, letusan gunung merusak lahan pertanian dan terjadi musim kemaru panjang. Untuk fenomena rusaknya lahan pertanian oleh hama dan terjadinya kebakaran akibat ledakan gas adalah masuk kedalam fenomena aspek non fisik.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved