Pertanyaan

Read the text and answer the question!

    Whales are sea-living mammals. They therefore breathe air but cannot survive or land. Some species are very large indeed and the blue whale, which can exceed 30 meter length, is the largest animal which lives on earth. 

    Superficially, the whale looks rather like a fish, but there are important difference in its external structure; its tail consists of a pair of broad, flat horizontal paddles (the tail of a fish is vertical) and it has a single nostril on top of its breadth, broad head. The skin is smooth and shiny and beneath it lies a layer of flat (blubber). This is up to 30 meter in thickness and serves to conserve heat and body fluids. 

What is the text about?

What is the text about?

  1. sea-living mammals 

  2. the description of mammals 

  3. the difference between whales and fish 

  4. whales

  5. how whales survive themselves

M. Herlina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah D.

jawaban yang benar adalah D.

Pembahasan

Soal di atas menanyakan tentang "Apa isi teks di atas?" Berikut adalah makna dari teks tersebut: Paus adalah mamalia yang hidup di laut. Karena itu mereka menghirup udara tetapi tidak dapat bertahan hidup atau mendarat. Beberapa spesies memang sangat besar dan paus biru, yang panjangnya bisa melebihi 30 meter, adalah hewan terbesar yang hidup di bumi. Secara dangkal, paus tampak seperti ikan, tetapi terdapat perbedaan penting dalam struktur luarnya; ekornya terdiri dari sepasang dayung datar yang lebar dan datar (ekor ikan vertikal) dan memiliki lubang hidung tunggal di atas kepalanya yang lebar dan besar. Kulitnya halus dan berkilau dan di bawahnya terdapat lapisan datar (blubber). Ketebalannya mencapai 30 meter dan berfungsi untuk menghemat panas dan cairan tubuh. Berdasarkan teks di atas kita tahu bahwa teks tersebut membahas tentang paus atau 'whale'. Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Soal di atas menanyakan tentang "Apa isi teks di atas?"

Berikut adalah makna dari teks tersebut:

   Paus adalah mamalia yang hidup di laut. Karena itu mereka menghirup udara tetapi tidak dapat bertahan hidup atau mendarat. Beberapa spesies memang sangat besar dan paus biru, yang panjangnya bisa melebihi 30 meter, adalah hewan terbesar yang hidup di bumi.

    Secara dangkal, paus tampak seperti ikan, tetapi terdapat perbedaan penting dalam struktur luarnya; ekornya terdiri dari sepasang dayung datar yang lebar dan datar (ekor ikan vertikal) dan memiliki lubang hidung tunggal di atas kepalanya yang lebar dan besar. Kulitnya halus dan berkilau dan di bawahnya terdapat lapisan datar (blubber). Ketebalannya mencapai 30 meter dan berfungsi untuk menghemat panas dan cairan tubuh.

Berdasarkan teks di atas kita tahu bahwa teks tersebut membahas tentang paus atau 'whale'.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

990

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Answer the following questions. What kind of profession might be the writer?

21

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia