Roboguru

Watak tokoh Ishak dalam penggalan drama di atas ad...

Watak tokoh Ishak dalam penggalan drama di atas adalah…. space

  1. pemarah space

  2. pembual space

  3. pemberani space

  4. sombong undefined 

Jawaban:

    Tokoh adalah orang atau karakter dalam suatu cerita atau karya sastra, sementara penokohan atau perwatakan adalah pelukisan mengenai tokoh cerita, baik keadaan lahirnya maupun batinnya yang dapat berubah, pandangan hidupnya, sikapnya, keyakinannya, adat istiadatnya, dan sebagainya. Ada beberapa karakter perwatakan tokoh, yaitu protagonist, antagonis, dan tritagonis.
    Pengarang dapat menyampaikan watak tokoh melalui cara langsung dan tidak langsung. Penyampaian watak secara langsung (analitik) adalah melalui pengarang itu sendiri. Pengarang akan mendeskripsikan seorang tokoh melalui penjelasan berupa kalimat-kalimat. Cara ini mempermudah pembaca memahami karakter tokoh karena penyampaian watak-wataknya dilakukan secara tersurat. 
    Penyampaian watak secara tidak langsang dapat dilakukan melalui Dialog antartokoh, Tanggapan/reaksi dari tokoh lain terhadap tokoh utama, Pikiran-pikiran dalam hati tokoh, Lingkungan di sekitar tokoh atau penampilan tokoh (rapi, bersih, teratur), Bentuk fisik tokoh, Tingkah laku, tindakan tokoh atau reaksi tokoh terhadap suatu masalah
    Dalam penggalan dialog tersebut, watak tokoh Ishak adalah pemarah. Watak tersebut digambarkan melalui dialog antar tokoh. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. undefined
 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved