Roboguru

Wanita A mempunyai siklus menstruasi selam 30 hari. Pada tanggal 8 Oktober 2020, wanita tersebut mendapatkan haid hari pertama. Dengan demikian, perkiraan masa ovulasi dan haid berikutnya terjadi pada tanggal ....

Pertanyaan

Wanita A mempunyai siklus menstruasi selam 30 hari. Pada tanggal 8 Oktober 2020, wanita tersebut mendapatkan haid hari pertama. Dengan demikian, perkiraan masa ovulasi dan haid berikutnya terjadi pada tanggal ....undefined

 

  1. undefined

  2. undefined

  3. undefined

  4. undefined

Pembahasan Soal:

Hari pertama menstruasi yaitu tanggal 8 oktober dengan siklus 30 hari. Fase ovulasi adalah fase terjadinya pelepasan sel telur matang dari permukaan ovarium. Fase ini biasanya terjadi di pertengahan siklus. Dari hari pertama menstruasi tanggal 8 oktober, dua minggu kemudian merupakan masa ovulasi yaitu tanggal 21 Oktober. Haid selanjutnya yaitu dihitung dari 8 oktober 30 hari selanjutnya yaitu 6 November. Dengan demikian, masa ovulasi pada tanggal 6 Oktober dan haid selanjutnya terjadi pada tanggal 6 November.

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 29 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pernyataan di bawah ini berkaitan dengan masa reproduksi pada perempuan, KECUALI ...

Pembahasan Soal:

Setelah terjadinya pembuahan sel telur oleh sel sperma, maka siklus menstruasi pada wanita akan berhenti hingga ia melahirkan. Siklus haid terjadi dikarenakan adanya peningkatan hormon yang mempertebal jaringan endometrium atau rahim dan memperbanyak darah yang akan jadi zat makanan bagi telur yang sudah dibuahi. Jika terjadi pembuahan pada sel terlur oleh sel sperma, maka sel telur yang sudah dibuahi tersebut akan menempel pada dinding rahim. Sedangkan jika tidak terjadi pembuahan, maka sel telur akan meluruh dan keluar bersama lapisan dinding rahim sebagai darah haid (menstruasi).space  

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Jelaskan bagaimana tahapan-tahapan kehamilan sampai kehamilan 9 bulan dan bagaimana siklus menstruasi!

Pembahasan Soal:

Kehamilan dimulai sejak ovum yang telah dibuahi oleh sel sperma  tumbuh di dalam rahim. Sel telur yang telah dibuahi kemudian akan terus membelah hingga menjadi zigot. Pada usia lima minggu panjang bayi berkisar 10 mm. Wujud kepala, punggung, dan jantungnya mulai tampak. Pada usia delapan minggu panjang bayi sekitar 25 mm dan semua bagian utama tubuh telah terbentuk. Pada usia duabelas minggu sel-sel tetap aktif membelah diri dan berkembang serta membentuk kelengkapan akhir tubuh, seperti kelopak mata, kuku tangan, dan kuku kaki. Bayi akan terus berkembang dan menyempurnakan pembentukan organ hingga 9 bulan. 

Siklus menstruasi pada wanita dipengaruhi oleh hormon. Siklus menstruasi terbagi menjadi 4 fase yaitu menstruasi, pra ovulasi, ovulasi dan pasca ovulasi.

Masa pra-ovulasi (proliferase) – 7 hari 

  1. FSH dan LH mulai dibentuk. 
  2. FSH meningkat. 
  3. FSH menstimulasi perkembangan folikel primer menjadi folikel de Graaf. 
  4. Pembentukan hormon estrogen. 

Masa ovulasi (subur) – 3 hari 

  1. Estrogen meningkat, memicu peningkatan LH. 
  2. LH menstimulasi ovulasi dan pembentukan korpus luteum. 
  3. Pelepasan oosit sekunder menuju oviduk. 
  4. Oosit sekunder berkembang menjadi ovum. Saat yang tepat untuk terjadinya fertilisasi

Masa pasca-ovulasi – 14 hari 

  1. Progesteron mulai dibentuk. 
  2. Estrogen dan progesteron meningkat, memicu penurunan FSH dan LH. 
  3. Penebalan endometrium oleh estrogen dan persiapan kehamilan oleh progesteron

Masa menstruasi – 7 hari 

  1. Estrogen dan progesteron turun, memicu pembentukan FSH dan LH. 
  2. Peluruhan endometrium dan ovum yang tidak dibuahi.undefined 
     

0

Roboguru

Ketika ovum tidak dibuahi sel sperma, kadar progesteron dan estrogen menjadi rendah. perubahan kadar hormon ini mengakibatkan ...

Pembahasan Soal:

Setelah masa ovulasi, korpus rubrum berubah menjadi korpus 1uteum. Korpus luteum akan menghasilkan hormon progesteron yang berfungsi mempersiapkan endometrium menerima embrio. Apabila ovum tidak dibuahi, korpus luteum akan berubah menjadi korpus albikans sehingga kadar progesteron dan estrogen menjadi rendah. Keadaan ini mengakibatkan luruhnya endometrium sehingga terjadilah menstruasi, Setelah terjadi menstruasi, hipofisis akan mengeluarkan PSH yang berfungsi memacu pematangan folikel baru.

0

Roboguru

Menstruasi terjadi karena menurunnya hormon ...

Pembahasan Soal:

Fase menstruasi terjadi bila ovum tidak dibuahi oleh sperma, sehingga korpus luteum (massa jaringan kuning di dlama ovarium) akan menghentikan produksi hormon yang bernama estrogen dan progesteron. Turunnya kadar estrogen dan progesteron menyebabkan lepasnya ovum dari dinding uterus yang menebal (endometrium). Setelah ovum lepas, endometrium menjadi sobek dan meluruh, sehingga dindingnya juga menjadi menipis. Karena dinding endometrium banyak mengandung pembuluh darah, maka terjadilah pendarahan pada fase menstruasi.space 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Perhatikan kondisi endometrium uterus pada siklus menstruasi. Pada saat menstruasi terjadi peluruhan dinding uterus. Kondisi ini terjadi pada fase ....

Pembahasan Soal:

Menstruasi adalah keluarnya darah pada wanita yang terjadi ketika ovum yang sudah matang tidak dibuahi oleh sperma dan disertai dengan peluruhan lapisan endometrium. Menstruasi terjadi secara periodik sehingga disebut siklus menstruasi. Pada umunya siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari sekali. Siklus menstruasi terdiri dari 4 fase yaitu :

  1. Fase menstruasi, yaitu fase ketika ovum tidak dibuahi oleh sperma. Dalam keadaan tersebut, korpus luteum menghentikan produksi hormon estrogen dan progesteron sehingga ovum meluruh bersama dengan endometrium. 
  2. Fase pra ovulasi-(fase folikel), yaitu fase ketika hipotalamus menghasilkan hormon gonadotropin yang merangsang pembentukan folicle stimulating hormone (FSH). FSH kemudian memacu pembentukan folikel yang mengelilingi oosit primer hingga matang. Ovum matang yang diselubungi folikel disebut folikel de Graaf. Folikel de Graaf kemudian menghasilkan estrogen yang dapat memacu pembentukan endometrium.
  3. Fase ovulasi, yaitu fase peningkatan estrogen yang mengakibatkan terhambatnyapembentukan FSH sehingga hipofisis melepaskan luteinizing hormone (LH). LH merangasnag terjadinya ovulasi. Pada saat ovulasi, oosit sekunder terlepas dari folikel.
  4. Fase pasca-ovulasi (fase luteal), yaitu fase ketika LH merangsang folikel yang telah kosong menjadi korpus luteum (badan kuning). Korpus luteum menghasilkan estrogen dan progesteron. Progesteron bekerja sama dengan estrogen memacu penebalan endometrium. Hal ini berfungsi untuk persiapan implantasi zigot dalam uterus setelah terjadi pembuahan. Apabila sampai akhir fase tidak terjadi pembuahan, maka akan kembali ke fase menstruasi. 

Berdasarkan uraian siklus menstruasi di atas, peluruhan dinding endometrium terjadi pada fase menstruasi. Pada gambar soal, fase menstruasi ditunjukkan oleh tahap I.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved