Roboguru

Volume udara yang masih dapat dikeluarkan secara maksimal setelah melakukan ekspirasi biasa disebut....

Pertanyaan

Volume udara yang masih dapat dikeluarkan secara maksimal setelah melakukan ekspirasi biasa disebut....undefined 

  1. volume tidalundefined 

  2. volume residuundefined 

  3. volume total paru-paruundefined 

  4. volume cadangan inspirasiundefined 

  5. volume cadangan ekspirasi​​​​​​​​​​​​​​undefined 

Pembahasan Soal:

Volume udara yang dapat dikeluarkan dari paru-paru setelah melakukan ekspirasi yaitu udara cadangan ekspirasi (suplementer). Rata-rata volume udara cadangan ekspirasi adalah sebesar 1500cc. Contoh kegiatan saat kita mengeluarkan udara cadangan ekspirasi ini yaitu saat meniup balon dengan sekuat-kuatnya dan saat kita menghembuskan napas lega.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 29 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar di bawah ini! Udara yang masih ada dalam paru-paru meskipun sudah dilakukan penghembusan kuat disebut ....

Pembahasan Soal:

Macam-macam udara pernapasan:

  1. Udara Pernapasan (UP): udara yang masuk dan keluar paru-paru melalui permukaan alveolus sebagai akibat pernapasan biasa.
  2. Udara Komplementer/ cadangan inspirasi (UK): udara yang masih dapat dimasukkan ke dalam paru-paru secara maksimal setelah melakukan inspirasi normal.
  3. Udara Suplementer/ cadangan ekspirasi (UC): udara yang masih dapat dikeluarkan dari dalam paru-paru secara maksimal setelah melakukan ekspirasi normal.
  4. Udara Residu (UR): udara yang masih tersisa di dalam paru-paru setelah melakukan ekspirasi maksimal.
  5. Kapasitas Vital (KV): udara yang dapat dihembuskan semaksimal mungkin setelah melakukan inspirasi secara maksimal. KV = UP + UK + UC
  6. Volume Total Paru-paru (VTP): udara yang dapat tertampung secara maksimal di dalam paru-paru secara keseluruhan. VTP = (UP + UK + UC) + UR = KV + UR

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Roboguru

Seorang siswa melakukan percobaan respirasi menggunakan respirometer. Hasil percobaan diketahui bahwa volume total paru-paru 4.500 mL, udara pernapasan normal 500 mL, udara komplementer 1.500 mL, dan ...

Pembahasan Soal:

Udara sisa yang selalu berada dalam paru-paru dan tidak dapat diekspirasikan disebut dengan udara residu. Untuk mengetahui volume dari udara residu dapat dicari dengan cara sebagai berikut:

Jadi, besar volume udara yang tidak dikeluarkan dari dalam paru-paru (udara residu) adalah 1.000 ml.space space 

Roboguru

Volume udara yang masih dapat dikeluarkan secara maksimal setelah melakukan ekspirasi biasa sebesar ....

Pembahasan Soal:

Volume udara yang masih dapat dikeluarkan secara maksimal setelah melakukan ekspirasi biasa disebut sebagai volume udara komplementer (volume cadangan ekspirasi) yaitu sebesar 1.500 mL.

Volume udara pernapasan pada manusia secara umum yaitu:

  1. Volume udara tidal merupakan volume udara yang dapat keluar masuk pada saat bernapas biasa sebesar 500 ml.
  2. Volume komplementer merupakan volume udara yang dapat dimasukan sebanyak-banyaknya setelah inspirasi  biasa sebesar 1.500 ml.
  3. Volume suplementer, merupakan volume udara yang dapat dikeluarkan sebanyak-banyaknya setelah ekspirasi biasa sebesar 1.500 ml.
  4. Volume udara residu merupakan volume udara sisa yang terdapat di dalam paru-paru sebesar  1.000 ml.
  5. Kapasitas vital merupakan jumlah udara tidal dengan udara komplementer serta suplementer sebesar 3.500 ml.
  6. Kapasitas total merupakan jumlah kapasitas vital dengan udara residu sebesar 4.500 ml.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Roboguru

Mengapa seorang atlet renang dapat bertahan cukup lama di dalam air selama berenang? Hubungkan jawabanmu dengan volume udara pernapasan!

Pembahasan Soal:

Fungsi paru dan olahraga mempunyai hubungan yang timbal balik, gangguan fungsi paru dapat mempengaruhi kemampuan olahraga, sebaliknya latihan fisik yang teratur atau olahraga dapat meningkatkan fungsi paru. Seseorang yang aktif dalam latihan fisik akan mempunyai kapasitas vital yang lebih tinggi dimana kapasitas vital aadalah penjumlahan dari volume tidal, volume cadangan inspirasi dan volume cadangan ekspirasi 

Kapasitas vital paru dapat dipengaruhi oleh kebiasaan seseorang melakukan olahraga. Olahraga dapat meningkatkan aliran darah melalui paru-paru sehingga menyebabkan oksigen dapat berdifusi ke dalam kapiler paru dengan volume yang lebih besar atau maksimum. Kapasitas vital pada seorang atlet lebih besar daripada orang yang tidak pernah berolahraga.

Pada umumnya, manusia hanya bisa menahan napas sekitar 30-60 detik saja. Ini akibat keterbatasan paru-paru karena adanya penumpukan karbon dioksida di dalamnya sehingga harus segera dikeluarkan.

Pada beberapa kasus, seperti pada atlet renang ataupun penyelam, mereka bisa menahan napas di dalam air selama 20 menit. Itu dikarenakan mereka memiliki teknik menyelam yang berbeda, yaitu teknik hiperventilasi. Teknik itu berfungsi untuk mengurangi karbondioksida yang menumpuk di dalam darah.  undefined 

Roboguru

Seseorang yang berada dalam ruangan tertutup dan penuh dengan asap kendaraan bermotor dapat meninggal dunia karena

Pembahasan Soal:

Seseorang yang berada di dalam ruang tertutup dengan asap kendaraan bermotor dapat meninggal dunia karena asap kendaraan bermotor mengandung gas karbon monoksida (begin mathsize 14px style C O end style). Hemoglobin (Hb) di dalam sel darah merah memiliki kemampuan untuk mengikat oksigen (begin mathsize 14px style O subscript 2 end style), karbon monoksida (begin mathsize 14px style C O end style), dan karbon dioksida (begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style). Akan tetapi, daya ikat hemoglobin terhadap begin mathsize 14px style C O end style lebih kuat dibandingkan dengan daya ikat Hb terhadap begin mathsize 14px style O subscript 2 end style. Inilah mengapa orang yang keracunan gas dari pembakaran kendaraan bermotor dapat meninggal dunia karena di dalam tubuhnya Hb justru lebih banyak mengikat begin mathsize 14px style C O end style bukan mengikat begin mathsize 14px style O subscript 2 end style, sehingga orang tersebut di dalam darahnya memiliki kandungan begin mathsize 14px style C O end style yang tinggi dan begin mathsize 14px style O subscript 2 end style yang rendah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved