Roboguru

Usaha yang paling cocok untuk mengurangi kerugian petani apabila terjadi hama atau penyakit tanaman adalah melalui....

Pertanyaan

Usaha yang paling cocok untuk mengurangi kerugian petani apabila terjadi hama atau penyakit tanaman adalah melalui....

  1. Intensifikasi

  2. Ekstensifikasi

  3. Diversifikasi

  4. Rehabilitasi

  5. Mekanisasi

Pembahasan Soal:

Diversifikasi pertanian adalah pengalokasian sumber daya pertanian ke beberapa aktivitas lainnya yang menguntungkan secara ekonomi maupun lingkungan. Sumber daya pertanian dapat berupa lahan pertanian, bangunan, mesin pertanian, hingga input pertanian lainnya seperti pupuk dan pemberantasan hama.

Jadi, jawaban benar adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Junior

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perkembangan budaya pertanian dimulai pada zaman Mesopotamia. Hal tersebut dilakukan karena manusia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Budaya manusia yang berkembang sejalan dengan tipe pertani...

Pembahasan Soal:

Budaya manusia yang berkembang sejalan dengan tipe pertaniannya adalah di daerah beriklim sedang yang penduduknya membutuhkan kehangatan, serta budidaya pertanian dan peternakan berkembang dengan pesat. Daerah beriklim sedang adalah daerah yang berada di wilayah iklim sedang. Masyarakat yang tinggal di daerah beriklim sedang sangat membutuhkan kehangatan karena wilayahnya yang cukup dingin, salah satu upaya atau perkembangan pertanian di daerah sedang adalah perkembangan pertanian terutama pertanian gandum dan pertanian buah-buahan seperti anggur yang akan difermentasi yang dapat meningkatkan kehangatan. Selain itu peternakan juga berkembang pesat terutama peternakan domba karena membutuhkan bulunya untuk membuat pakaian yang tebal.

Jadi, jawabn yang benar adalah D

Roboguru

Berikut ini yang tidak berkaitan dengan sistem pertanian konvensional adalah ....

Pembahasan Soal:

Petanian Konvensional adalah sbeuah metode atau sistem dalam kegiatan pertanian yang dilakukan dalam metode yang tradisional.  Pertanian konvensional hanya berusaha meningkatan hasil pada satu jenis tanaman dan memanfaatkan inovasi teknologi. Ciri dari pertanuian konvensional adalah sebagai berikut :

  1. Berfokus pada budidaya tanaman pangan
  2. Penggunaan pestisida dan Insektisida
  3. Jangka waktu relati singkat
  4. Penggunaan pupuk kimia
  5. Biaya untuk produksi lebih besar

Dari pilihan jawaban diatas yang tidak termasuk dalam sistem pertanian konvensional adalah Budidaya tanaman pangan organik, karena hal ini termasuk dalam sistem pertanian organik.

Jadi, jawaban yang benar adalah A

Roboguru

Berikut ini adalah sistem pertanian yang umumnya diterapkan di Indonesia, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Indonesia adalah negara yang beragam akan jenis kenampakan permukaan bumi. Kenampakan permukaan di Indonesia yang beragam berpengaruh pada banyaknya sistem pertanian yang ada di Indonesia.  Jenis sistem pertanian yang ada di Indonesia adalah sistem pertanian dengan sistem pengairan.  Dalam pertanian dengan menggunakan sistem pertanian dengan sistem pengairan sangat mengandal air hujan dan skema pengumpulan air dengan sistem tadah. Karena dengan posisi Indonesia di daerah tropis hal ini jarang untuk dilakukan.

Jadi, jawaban yang benar adalah E

Roboguru

Dalam pemanfaatan lingkungan, diperlukan  tindakan yang bijaksana agar terhindar dari kerusakan lingkungan akibat aktivitas yang kita lakukan. Berikut ini kegiatan pemanfaatan lingkungan yang bijak da...

Pembahasan Soal:

Pemanfaatan lingkungan hidup dapat dikatakan sebagai media penghasil bahan kebutuhan pokok (sandang, pangan, dan papan), sumber bahan mineral yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung kelangsungan hidup manusia dan sebagai media ekosistem bagi pelestarian flora dan fauna serta sumber alam lain yang dapat dilindungi untuk dilestarikan. Dalam pemanfaatan lingkungan, diperlukan  tindakan yang bijaksana agar terhindar dari kerusakan lingkungan akibat aktivitas yang kita lakukan. Contohnya kegiatan pemanfaatan lingkungan yang bijak dalam bidang pertanian adalah melakukan diversifikasi penanaman dalam satu lahan. Diversifikasi pertanian yaitu usaha penganekaragaman jenis usaha atau tanaman pertanian untuk menghindari ketergantungan pada salah satu hasil pertanian.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Upaya untuk mencapai ketahanan pangan melalui diversifikasi pertanian dilakukan dengan cara ....

Pembahasan Soal:

Upaya yang dapat dilakukan dalam peningkatan ketahanan pangan dibidang pertanian adalah dengan melakukan intensifikasi pertanian, ekstensifikasi pertanian, dan diversifikasi pertanian. Upaya-upaya tersebut dilakukan agar hasil produksi pertanian mengalami peningkatan sehingga dapat mencukupi kebutuhan pangan setiap penduduk. Diversifikasi pertanian dilakukan untuk meningkatkan hasil pertanian dengan cara melakukan tumpang sari, yaitu menanam berbagai jenis tanaman dalam satu lahan pada waktu bersamaan.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved