Roboguru

Usaha Belanda untuk menguasai kembali wilayah Indonesia dengan cara memecah belah kedaulatan RI ialah…

Usaha Belanda untuk menguasai kembali wilayah Indonesia dengan cara memecah belah kedaulatan RI ialah…

  1. Membentuk KNIL

  2. Menerapkan blokade ekonomi

  3. Melakukan Agresi Militer

  4. Membentuk negara-negara boneka

Jawaban:

Belanda melakukan segala cara untuk kembali menguasai semua kawasan Indonesia dengan bantuan tentara sekutu. Akhirnya mereka membuat sebuah negara boneka dengan tujuan utama memecah belah kedaulatan RI. Negara boneka sendiri adalah negara yang secara resmi merdeka dan diakui kedaulatannya namun secara de-facto berada di bawah kontrol negara lainnya. Negara boneka secara harfiah berarti negara di mana pemerintahannya dapat disamakan seperti boneka yang dimainkan oleh pemerintah negara lainnya sebagai dalang. Pemerintahan negara boneka biasanya sangat tergantung kepada negara dalangnya terutama dalam hal politik, ekonomi, militer dan hubungan luar negeri. Ini menyebabkan pemerintahan seperti ini biasanya tidak mempunyai legitimasi cukup baik di dalam negeri maupun ke dunia internasional. Belanda membuat negara boneka ini menjadi negara baru hingga harus membantu mereka dalam perang. Inilah 6 negara boneka yang pernah dibuat Belanda di Indonesia.

  1. Negara Indonesia Timur (NIT) dibentuk berdasarkan konferensi Denpasar yang berlangsung tanggal 18 – 24 Desember 1946, dimana presiden NIT dijabat oleh Tjokorda Gde Raka Sukawati.
  2. Negara Sumatera Timur dibentuk pada tanggal 24 Maret 1948, dimana presiden negara Sumatera Timur dijabat oleh Dr. Tengku Mansyur.
  3. Negara Madura dibentuk pada tanggal 20 Februari 48, dimana presiden negara Madura dijabat oleh R.A.A Tjakraningrat.
  4. Negara Pasundan dibentuk pada tanggal 16 Februari 1948, dimana presiden negara Pasudan dijabat oleh R.A Wiranatakusumah.
  5. Negara Sumatera Selatan dibentuk pada tanggal 30 Agustus 1948, dimana presiden negara Sumatera Selatan dijabat oleh Abdul Malik.
  6. Negara Jawa Timur dibentuk pada tanggal 26 November 1948, dimana presiden negara Jawa Timur dibentuk oleh R.T.P Achmad Kusumonegara.

 

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawaban yang tepat adalah D

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved