Roboguru

Urutan proses pembentukan urine pada ginjal adalah ....

Urutan proses pembentukan urine pada ginjal adalah ....space 

Jawaban:

Urine merupakan sisa metabolisme tubuh yang dihasilkan oleh ginjal. Proses pembentukan urine dalam ginjal terdiri dari 3 tahap yaitu :

  1. Filtrasi, yaitu penyaringan darah yang terjadi di glomerulus. Filtrasi menghasilkan urine primer yang masih mengandung air, glukosa, asam amino, dan garam mineral. Urine primer kemudian akan diproses lebih lanjut pada tahapan reabsorpsi.
  2. Reabsorpsi, yaitu penyerapan kembali zat-zat yang masih berguna bagi tubuh, misalnya vitamin, glukosa, asam amino, ion, dan sebagian air ke dalam pembuluh darah. Reabsorpsi berlangsung di tubulus kontortus proksimal. Reabsorpsi menghasilkan urine sekunder yang mengandung air, garam, dan urea.
  3. Augmentasi, merupakan penambahan zat sisa seperti asam urat, ion hidrogen, amonia, dan kreatinin ke dalam urine sekunder sehingga tubuh terbebas dari zat-zat berbahaya. Urine sekunder yang telah ditambahkan dengan berbagai zat tersebut disebut sebagai urine sejati.

Urine sejati kemudian disalurkan menuju ke rongga ginjal oleh tubulus kolektivus. Dari rongga ginjal, urine disalurkan ke kandung kemih melalui ureter. Setelah di kandung kemih, urine akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui uretra.

Dengan demikian, urutan proses pembentukan urine pada ginjal adalah filtrasi, reabsorpsi, dan augmentasi.space space 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved