Roboguru

Urutan proses pembentukan urine pada ginjal adalah ....

Pertanyaan

Urutan proses pembentukan urine pada ginjal adalah ....space 

Pembahasan Soal:

Urine merupakan sisa metabolisme tubuh yang dihasilkan oleh ginjal. Proses pembentukan urine dalam ginjal terdiri dari 3 tahap yaitu :

  1. Filtrasi, yaitu penyaringan darah yang terjadi di glomerulus. Filtrasi menghasilkan urine primer yang masih mengandung air, glukosa, asam amino, dan garam mineral. Urine primer kemudian akan diproses lebih lanjut pada tahapan reabsorpsi.
  2. Reabsorpsi, yaitu penyerapan kembali zat-zat yang masih berguna bagi tubuh, misalnya vitamin, glukosa, asam amino, ion, dan sebagian air ke dalam pembuluh darah. Reabsorpsi berlangsung di tubulus kontortus proksimal. Reabsorpsi menghasilkan urine sekunder yang mengandung air, garam, dan urea.
  3. Augmentasi, merupakan penambahan zat sisa seperti asam urat, ion hidrogen, amonia, dan kreatinin ke dalam urine sekunder sehingga tubuh terbebas dari zat-zat berbahaya. Urine sekunder yang telah ditambahkan dengan berbagai zat tersebut disebut sebagai urine sejati.

Urine sejati kemudian disalurkan menuju ke rongga ginjal oleh tubulus kolektivus. Dari rongga ginjal, urine disalurkan ke kandung kemih melalui ureter. Setelah di kandung kemih, urine akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui uretra.

Dengan demikian, urutan proses pembentukan urine pada ginjal adalah filtrasi, reabsorpsi, dan augmentasi.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Fransisca

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan urutan pembentukan dan pengeluaran urine dengan benar!

Pembahasan Soal:

Proses terbentuknya urine meliputi :

  1. Tahap penyaringan (filtrasi). Darah yang banyak mengandung zat sisa metabolisme masuk ke dalam ginjal. Plasma darah yang di dalamnya disaring oleh glomerulus di dalam badan Malpighi. Hasil saringan dari glomerulus disebut filtrat glomerulus atau urine primer. Dalam urine primer mengandung air, glukosa, asam amino, dan garam mineral.
  2. Tahap penyerapan kembali (reabsorpsi). Reabsorpsi terjadi di tubulus kontortus proksimal. Hampir semua gula, vitamin, asam amino, ion, dan air di serap kembali. Hasil dari reabsorpsi berupa urine sekunder. Urine sekunder mengandung air, garam, urea, dan pigmen empedu yang memberi warna dan bau pada urine.
  3. tahap augmentasi. Augmentasi terjadi di tubulus kontortus distal. Beberapa zat sisa seperti asam urat, ion hidrogen, amonia, dan kreatinin di tambahkan ke dalam urine sekunder sehingga tubuh terbebas dari zat berbahaya. Urine sekunder yang sudah ditambahkan ini disebut dengan urine sesungguhnya.

Urine sesungguhnya inilah yang dikeluarkan sebagai sisa metabolisme. Alur pengeluaran urin adalah:

Ginjal - Ureter - Kandung Kemih - Uretraspace 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut ini. Nama dan proses yang terjadi pada P adalah ....

Pembahasan Soal:

Yang ditunjukkan oleh P adalah glomerulusFiltrasi adalah proses penyaringan darah yang mengandung zat-zat sisa metabolisme yang dapat menjadi racun bagi tubuh. Filtrasi terjadi di glomerulus dan kapsul bowman yang menghasilkan filtrat gromerulus atau urin primer. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.  

0

Roboguru

Buatlah skema pembentukan urine beserta penjelasannya!

Pembahasan Soal:

Skema pembentukan urin adalah sebagai berikut:

space  undefined 

Proses pembentukan urine:

  1. Darah melalui pembuluh darah disaring/filtrasi oleh glomerulus membentuk urine primer. Darah, glukosa, dan albumin tersaring sehingga hanya ada zat-zat kecil seperti asam amino, ion-ion, urea, dan air di dalam urine primer.
  2. Urine primer menuju tubulus kontortus proksimal untuk melalui proses reabsopsi. Zat-zat yang masih berguna diserap kembali seperti air dan asam amino. Hasil reabsopsi yaitu urine sekunder.
  3. Urine sekunder menuju tubulus kontortus distal untuk proses augmentasi. Sisa metabolisme seperti urea yang tidak berguna ditambahkan di proses ini. Hasil proses ini adalah urine sesungguhnya. Urine sesungguhnya ini ditampung sementara di pelvis renalis.space 

0

Roboguru

Perhatikan gambar di bawah ini: Proses reabsorpsi molekul yang masih berguna ditunjukkan oleh nomor ....

Pembahasan Soal:

Reabsorpsi molekul terjadi pada seluruh tubulus ginjal, hal ini disebabkan karena saat pembentukan urin, air diabsorpsi dan diresorpsi sejalan pada lengkung henle untuk menyeimbangkan tekanan osmotik. Proses reabosorpsi dimulai dari tubulus kontortus proksimal hingga tubulus kolektivus.

Dengan demikian jawabannya adalah nomor 3, 4, dan 5.space 

0

Roboguru

Sekitar 170 liter cairan disaring oleh ginjal setiap harinya. Namun, hanya 1,5 liter yang dieskresikan dalam bentuk urine. Jelaskan apa yang terjadi pada sisa 168,5 liter cairan lainnya!

Pembahasan Soal:

Proses pembuatan urin itu melalui 3 tahapan, yaitu  filtrasi menghasilkan urine primer, reabsorbsi menghasilkan urine sekunder, dan augmentasi menghasilkan urine sesungguhnya. Pada tahap filtrasi dan reabsorpsi  zat yang dibutuhkan tubuh akan diserap kembali untuk diedarkan kembali ke tubuh melalui pembuluh kapiler darah, selain itu air yang diminum tidak hanya keluar melalui urine tetapi juga melalui kulit dalam bentuk keringat dan uap air hasil respirasi.

Jadi urine yang dihasilkan hanya 1,5 liter karena terdapat air yang dieskresikan melalui paru - paru dan kulit  dan sisanya diedarkan ke tubuh sebagai penyusun jaringan tubuh yang 80% adalah air.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved