Roboguru

Uraikan yang dimaksud upah minimum provinsi!

Pertanyaan

Uraikan yang dimaksud upah minimum provinsi! space space 

Pembahasan Soal:

Upah minimum propinsi adalah upah minimum yang berlaku secara sektoral di seluruh kabupaten/kota di satu propinsi, sedang upah minimum sektoral Kabupaten/Kota (UMSK) adalah upah minimum yang berlaku secara sektoral di Daerah Kabupaten/Kota. space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Sumiati

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 11 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini yang dimaksud upah subsistansi adalah ….

Pembahasan Soal:

Upah adalah pembalas berupa uang dan sebagainya yang dibayarkan untuk membalas jasa atau sebagai pembayar tenaga yang sudah dikeluarkan untuk mengerjakan sesuatu. Pembayaran dapat dihitung sebagai jumlah tetap untuk setiap tugas yang terselesaikan (upah tugas atau upah borongan) atau dalam hitungan jam atau hatian (kerja upahan) atau yang lebih mudah, yakni dihitung berdasarkan jumlah kerja yang terselesaikan.

Yang dimaksud upah subsistansi adalah tingkat upah di mana seseorang bisa mempertahankan hidupnya secara minimal.

Jadi, jawaban yang tepat adalah poin C.

Roboguru

Apabila ada pengusaha yang membayar karyawannya dengan upah di bawah upah minimum, apakah termasuk tindak pidana? Jelaskan!

Pembahasan Soal:

Pasal 81 angka 25 UU Cipta Kerja yang memuat baru Pasal 88E ayat (2) UU Ketenagakerjaan melarang pengusaha untuk membayar upah lebih rendah dari upah minimum. Pengusaha yang membayar upah dibawah upah minimum dapat dikenakan sanksi sebagaimana diatur dalam Pasal 81 angka 63 UU Cipta Kerja yang mengubah Pasal 185 ayat (1) UU Ketenagakerjaan sebagai berikut:

Barang siapa melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 42 ayat (2), Pasal 68, Pasal 69 ayat (2), Pasal 80, Pasal 82, Pasal 88A ayat (3), Pasal 88E ayat (2), Pasal 143, Pasal 156 ayat (1), atau Pasal 160 ayat (4) dikenai sanksi pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling sedikit Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah) dan paling banyak Rp400.000.000,00 (empat ratus juta rupiah).space space 

Roboguru

Besaran upah minimum regional (UMR) yang rendah sering menyebabkan buruh berunjuk rasa. Upah yang dapat dilakukan pemerintah atau perusahaan terkait masalah tersebut ....

Pembahasan Soal:

Dalam mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan, perlu adanya peran mediator. Pada ilustrasi ini, diharapkan pemerintah dapat menjadi mediator dalam hal penetapan UMR untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D. undefined

Roboguru

Dalam penentuan upah, pemerintah memiliki peran penting yaitu sebagai perantara antara pihak ... dan pihak ....

Pembahasan Soal:

Peran pemerintah dalam penentuan upah, antara lain:

  1. Memberikan perlindungan terhadap hak-hak pekerja terutama pemenuhan upah yang layak, pemerintah melalui dewan pengupahan menetapkan Upah Minimum Regional (UMR) sebagai ketetapan dalam pengupahan.
  2. Sebagi pihak ketiga (perantara) antara pihak pengusaha dan pihak pekerja, melalui dewan pengupahan pemerintah menetapkan besaran UMR agar pihak perusahaan dapat memberikan upah yang sesuai.
  3. Melindungi kelompok kerja dari adanya sistem pengupan yang sangat rendah dan secara materil kurang memuaskan, melalui dewan pengupahan penetapan UMR memerhatikan kebutuhan dan Indeks Harga Konsumen (IHK).

Dalam penentuan upah, pemerintah memiliki peran penting yaitu sebagai perantara antara pihak pengusaha dan pihak pekerja. 

 

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut!   Pemerintah menetapkan besarnya upah minimum yang diterima pekerja. Penetapan upah layak melibatkan pemerintah, pengusaha, dan pekerja. Penetapan upah layak hanya ...

Pembahasan Soal:

Upah merupakan suatu kompensasi yang diterima pekerja dari tempat ia bekerja sebagai bentuk balas jasa atas tenaga/pikiran yang diberikan pada perusahaan.

Di Indonesia pemerintah menetapkan upah minimum yang harus dibayar perusahaan dengan mempertimbangkan komponen kebutuhan hidup layak (KHL) pekerja dan keluarganya. Penetapan besaran upah minumun ditetapkan oleh pemerintah namun proses penetapan nilai KHL tersebut melibatkan beberapa pihak, seperti perwakilan pekerja (serikat pekerja), perwakilan pengusaha (asosiasi), dan pemerintah. Tingkat upah minium berbeda-beda tiap daerah, mulai dari provinsi (UMP) dan kota (UMK) namun besaran UMK tidak boleh di bawah besaran UMP.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. undefined

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved