Roboguru

Upah tenaga kerja yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup minimun adalah perbuatan yang tidak etis. Upah yang ideal harus cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup yang layak bagi pekerja dan keluarga. Teori ini disebut ....

Pertanyaan

Upah tenaga kerja yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup minimun adalah perbuatan yang tidak etis. Upah yang ideal harus cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup yang layak bagi pekerja dan keluarga. Teori ini disebut ....space space 

  1. teori upah alamspace space 

  2. teori upah besispace space 

  3. teori upah wajarspace space 

  4. teori upah bonusspace space 

  5. teori upah etikaspace space 

Pembahasan Soal:

Teori upah etika adalah upah yang diberikan harus sesuai dengan beban kerja dan dapat memberikan hidup yang layak bagi pekerja.

 

Jadi, jawaban yang sesuai adalah E.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Setiani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Upah bulanan terendah yang terdiri atas upah pokok termasuk tunjangan tetap yang ditetapkan oleh gubernur sebagai jaring pengaman adalah ....

Pembahasan Soal:

Di Indonesia upah yang diberikan kepada pekerja memiliki berbagai jenis dan setiap jenis memiliki cara pembayarannya. Para pengusaha bisa memilih sistem upah yang sesuai untuk jenis perusahaannya. Namun, pemerintah memiliki kewajiban menetapkan berapa besarnya upah minimum yang harus diterima pekerja agar bisa hidup layak.

Upah minimum adalah upah bulanan terendah yang terdiri atas upah pokok termasuk tunjangan tetap yang ditetapkan oleh gubernur sebagai jaring pengaman. space space 

0

Roboguru

Upah yang diberikan kepada pekerja harus sesuai beban pekerjaan yang dilakukan pekerja sehingga pekerja dapat hidup layak. Pernyataan tersebut sesuai teori upah ....

Pembahasan Soal:

Pernyataan tersebut sesuai dengan teori upah etika. Menurut teori ini, Upah yang diberikan kepada pekerja harus sesuai beban pekerjaan yang dilakukan pekerja sehingga pekerja dapat hidup layak. Tindakan pengusaha memberikan upah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan minimum merupakan sesuatu yang tidak "etis". Para pengusaha sebaiknya memberikan upah layak kepada pekerja dan keluarganya serta tunjangan keluarga. 

0

Roboguru

Perhatikan hal-hal berikut ini! Permintaan dan penawaran kerja Kesepakatan antara pemberi dan penerima kerja Penetapan upah minimum Ditentukan oleh masyarakat Disesuaikan dengan kebutuhan pener...

Pembahasan Soal:

Cara penetapan besarnya upah di Indonesia adalah sebagai berikut.

  • Permintaan dan penawaran kerja (1)
  • Kesepakatan antara pemberi dan penerima kerja (2)
  • Penetapan upah minimum (3)

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A. undefined 

 

0

Roboguru

Empat faktor yang menentukan tingkat upah adalah ....

Pembahasan Soal:

Upah adalah hak yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan terhadap jasa pekerjaan yang telah dilakukan. Terdapat empat faktor yang menentukan tingkat upah meliputi:

  1. Tingkat harga. Apabila tingkat harga barang baik, pekerja juga akan menuntut tingkat upah dinaikkan.
  2. Produktivitas kerja. Bila tingkat produktivitas tenaga kerja rendah, tingkat upah juga rendah, demikian pula sebaliknya.
  3. Struktur ekonomi nasional. Struktur ekonomi berpengaruh terhadap tingkat upah. Misalnya, masih kurangnya industri menyebabkan sedikitnya daya tampung tenaga kerja, sedangkan pencari kerja sangat banyak sehingga pekerja mau bekerja dengan tingkat upah yang sangat rendah.
  4. Peraturan pemerintah. Peraturan pemerintah seperti upah minimum juga memengaruhi tingkat upah industri. space space 

0

Roboguru

Seorang pengusaha membuat produknya untuk dijual di pasar. Dia menggunakan tenaga kerja dan harus membayar upahnya. Pengusaha tersebut akan menggunakan jumlah tenaga kerja sehingga….

Pembahasan Soal:

Semakin banyak jumlah tenaga kerja yang direkrut perusahaan maka jumlah biaya tenaga kerja akan semakin bertambah. Hal ini dapat disiasati dengan meningkatkan jumlah produksi atau menaikkan harga barang. Setidaknya jumlah tingkat upah tidak melebihi produktivitas riil tenaga kerja dikalikan harga produk di pasaran. Misalnya jumlah penambahan tenaga kerja sebanyak 30 orang. Dalam sebulan tingkat penambahan produksi sekitar 1000 unit per orang sehingga total penambahan produksi sebesar 30.000 unit per bulan. Harga jual produk pun bertambah Rp3.000 per unit. Maka penambahan tingkat upah yang ditetapkan tidak boleh lebih dari Rp90.000.000 per bulan. Karena jika tingkat upah yang ditetapkan semakin rendah maka lama kelamaan perusahaan akan semakin rugi meskipun pada awalnya akan mengalami keuntungan.

Dengan demikian, pengusaha tersebut akan menggunakan jumlah tenaga kerja sehingga tingkat upah yang dibayar sama (setidaknya tidak melebihi) dengan produktivitas ril tenaga kerjanya dikalikan dengan  harga produk di pasar. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C. space

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved