Roboguru

Untuk mengendalikan inflasi, kebijakan yang dapat dilakukan Bank Indonesia adalah ....

Pertanyaan

Untuk mengendalikan inflasi, kebijakan yang dapat dilakukan Bank Indonesia adalah ....  

  1. ekspansif dengan cara menjual SBI dan SPBU.  

  2. ekspansif dengan cara membeli SBI dari SPBU.  

  3. kontraktif dengan cara menerapkan pajak progresif.  

  4. kontraktif dengan cara menurunkan tingkat diskonto.  

  5. kontraktif dengan cara menaikkan giro wajib minimum.  

Pembahasan Soal:

Kebijakan monoter yang dilakukan Bank Indonesia dalam mengatasi inflasi ada dua.

  1. Kebijakan Monoter Ekspansif atau Monetary Expansive Policy adalah suatu kebijakan dalam rangka menambah jumlah uang yang beredar.
  2. Kebijakan Monoter Kontrakti atau Monetary Contractive Policy adalah suatu kebijakan dalam rangka mengurangi jumlah uang yang beredar. Disebut juga dengan kebijakan uang ketat (right money policy).

Untuk mengendalikan inflasi, Bank Indonesia dapat melakukan kebijakan monoter yang bersifat kontraktif dengan cara:

  • Menjual SBI dan SPBU (politik pasar terbuka),
  • Menaikkan tingkat bunga (politik diskonto),
  • Menaikkan cadangan wajib minimum (politik cash ratio),
  • Memperketat pemberian kredit (politik pagu kredit).


Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan E.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Sumiati

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 16 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.   Bila suku bunga deposito perbankan naik, suku bunga nominal tidak akan mengalami kenaikan.  SEBAB  Be...

Pembahasan Soal:

Pernyataan salah. Bunga deposito adalah imbalan yang diterima nasabah karena telah menyimpan sejumlah uang pada bank. Apabila suku bunga yang ada meningkat, maka nominal bunga yang diterima nasabah juga akan meningkat. Hal ini dikarenakan nominal bunga diperoleh dari perkalian antara jumlah deposito yang ada dengan tingkat suku bunga.

Alasan benar. Suku bunga dengan inflasi memiliki korelasi yang negatif, dimana semakin tinggi tingkat inflasi maka suku bunga akan diturunkan, demikian pula sebaliknya. Suku bunga yang diturunkan pada saat inflasi ditujukan agar uang yang beredar di masyarakat semakin banyak, sedangkan suku bunga akan dinaikkan kembali pada saat inflasi menurun agar jumlah uang yang beredar di masyarakat tidak terlalu banyak dan tingkat inflasi dapat dikendalikan.

Jadi, jawaban yang sesuai adalah D.  

0

Roboguru

Kebijakan moneter kontraktif dapat dilakukan dengan cara .... (OSK 2015)

Pembahasan Soal:

Kebijakan moneter kontraktif (monetary contractive policy) yang disebut kebijakan uang ketat (tight money policy) ialah kebijakan mengurangi jumlah uang yang beredar. Tujuan utama dari kebijakan ini adalah menurunkan tingkat infiasi dengan cara mengurangi jumlah uang beredar dalam perekonomian. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan meningkatkan suku bunga, menjual obligasi pemerintah, dan menaikkan persyaratan cadangan untuk bank.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.  

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Kebijakan moneter uang ketat (tight money policy) dapat dilakukan dengan cara menaikkan suku bunga atau m...

Pembahasan Soal:

Kebijakan moneter adalah kebijakan yang dilakukan bank sentral untuk mengatur jumlah uang yang beredar. Kebijakan moneter dapat bersifat ekspansif dan kontraktif. Kebijakan moneter ekspansif dilakukan untuk menambah jumlah uang yang beredar. Sebaliknya, kebijakan moneter kontraktif dilakukan untuk mengurangi jumlah uang yang beredar. Sasaran kebijakan moneter untuk mengatasi inflasi dicapai melalui pengaturan jumlah uang beredar melalui kebijakan kontraktif. Cara ini dilakukan melalui hal-hal sebagai berikut.

  • Penetapan Cadangan Minimal
    Bank sentral dapat mengatur uang giral ini melalui penetapan cadangan minimal. Untuk menekan laju inflasi, cadangan minimal ini dinaikkan sehingga jumlah uang menjadi lebih kecil.
  • Menggunakan Tingkat Diskonto (Discount Rate)
    Discount rate adalah tingkat diskonto untuk pinjaman yang diberikan oleh bank sentral kepada bank umum. Apabila tingkat diskonto dinaikkan oleh bank sentral maka keinginan bank umum untuk meminjam makin kecil sehingga cadangan yang ada pada bank umum juga makin kecil. Akibatnya, kemampuan bank umum memberikan pinjaman kepada masyarakat juga makin kecil sehingga jumlah uang beredar turun dan inflasi menjadi turun.
  • Operasi Pasar Terbuka
    Bank sentral juga bisa menggunakan instrumen moneter operasi pasar terbuka dengan menjual surat-surat berharga kepada masyarakat. Hal ini akan membuat uang yang beredar di masyarakat mejadi berkurang.
  • Kebijakan Kredit Ketat
    Kebijakan ini dilakukan dengan cara memperketat syarat pemberian kredit ke masyarakat agar uang yang beredar tidak semakin bertambah.

Kesimpulan:

  • Pernyataan benar. Kebijakan moneter uang ketat (tight money policy) dapat dilakukan dengan cara menaikkan suku bunga atau menjual surat-surat berharga.
  • Alasan salah. Kebijakan moneter kontraktif dilakukan untuk mengurangi jumlah uang yang beredar. Oleh karena itu, kebijakan moneter kontraktif akan sangat efektif dilakukan apabila keseimbangan di pasar barang mengalami kenaikan investasi

Jadi, jawaban yang tepat adalah poin C.  

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Kebijakan moneter dapat dilakukan melalui operasi pasar terbuka. SEBAB Operasi pasar terbuka yang dilaku...

Pembahasan Soal:

Pernyataan benar:
instrumen kebijakan moneter antara lain operasi pasar terbuka, politik diskonto, kebijakan cadangan kas, dan kebijakan kredit selektif.

Alasan salah:
Operasi pasar terbuka merupakan kebijakan yang dilakukan bank sentral untuk menambah atau mengurangi jumlah uang beredar. Hal tersebut dapat dilakukan dengan jual beli surat-surat berharga di pasar uang, seperti obligasi, Sertifikat Bank Indonesia (SBI) , dan Surat Berharga Pasar Uang (SBPU) . Untuk mengurangi jumlah uang beredar, maka bank sentral akan menjual surat berharga kepada bank-bank umum. Sebaliknya, untuk menambah jumlah uang beredar, maka bank sentral akan membeli kembali surat berharga tersebut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban C. 

0

Roboguru

Kebijakan moneter yang tepat untuk mengatasi kondisi ekonomi yang lesu adalah ....

Pembahasan Soal:

Kebijakan moneter adalah sebuah kebijakan yang dikeluarkan oleh bank sentral dalam bentuk pengaturan persediaan uang untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan utama dari kebijakan moneter adalah mencegah terjadinya peningkatan uang beredar secara berlebihan atau sangat kurang. Pihak yang dapat memberikan kebijakan moneter ialah pemerintah suatu negara atau otoritas moneter.

Perekonomian yang lesu ditandai dengan rendahnya daya beli masyarakat. Untuk mengatasinya, maka diperkukan kebijakan yang bersifat ekaspansif, yaitu dengan cara:

  1. Menurunkan suku bunga
  2. Menurunkan cadangan kas
  3. Membeli SBI
  4. Mempermudah kredit


Jadi, jawaban yang benar adalah Poin C. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved