Roboguru

Untuk latihan kalian, silahkan lakukan proses mengolah dan menyajikan data statistik merek data yang sudah didapat pada Tabel 4.1. Pilihlah sajian data yang menurut kalian tepat untuk menyajikan data tersebut.  Tabel 4.1 Data hasil observasi ukuran dan merek sepatu siswa kelas VII, VIII, dan IX

Pertanyaan

Untuk latihan kalian, silahkan lakukan proses mengolah dan menyajikan data statistik merek data yang sudah didapat pada Tabel 4.1. Pilihlah sajian data yang menurut kalian tepat untuk menyajikan data tersebut.undefined 

Tabel 4.1 Data hasil observasi ukuran dan merek sepatu siswa kelas VII, VIII, dan IX

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Terdapat 4 buah diagram yang dapat dibentuk dari tabel tersebut, yaitu:

Diagram lingkaran untuk informasi jenis kelamin, karena agar mudah dilihat perbaningannya. Persentase perempuan adalah begin mathsize 14px style 11 over 24 cross times 100 percent sign equals 41 percent sign end style dan persentase laki-laki adalah begin mathsize 14px style 13 over 24 cross times 100 percent sign equals 59 percent sign end style. Maka diagram lingkarannya adalah sebagai berkut:

 

Diagram lingkaran untuk informasi kelas, karena agar mudah melihat perbandingannya. Persentase kelas VII adalah begin mathsize 14px style 11 over 24 cross times 100 percent sign equals 46 percent sign end style , persentase kelas VIII adalah begin mathsize 14px style 8 over 24 cross times 100 percent sign equals 33 percent sign end style, persentase kelas IX adalah begin mathsize 14px style 5 over 24 cross times 100 percent sign equals 21 percent sign end style. Maka diagram lingkarannya adalah sebagai berikut:

 

 

 

Diagram batang untuk informasi ukuran sepatu dapat digunakan diagram batang, agar data terkait banyaknya ukuran sepatu terkecil dan terbesar lebih mudah dilihat. Maka diagram batangnya adalah sebgai berikut:

 

Diagram batang untuk informasi  merk sepatu, sehingga data terkait pemakai jumlah merk sepatu terbanyak lebih mudah dilihat. Maka diagram batangnya adalah sebagai berikut:

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 12 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved