Roboguru

Unsur-unsur A, B, dan C, terletak pada periode ketiga sistern periodik. Oksida unsur A dalam air menghasilkan larutan yang memiliki pH < 7, unsur B dengan air menghasilkan gas hidrogen, dan unsur C dapat bereaksi baik dengan larutan asam maupun larutan basa. Susunan unsur-unsur tersebut dalam sistem periodik, dari kiri ke kanan adalah ....

Pertanyaan

Unsur-unsur A, B, dan C, terletak pada periode ketiga sistern periodik. Oksida unsur A dalam air menghasilkan larutan yang memiliki pH < 7, unsur B dengan air menghasilkan gas hidrogen, dan unsur C dapat bereaksi baik dengan larutan asam maupun larutan basa. Susunan unsur-unsur tersebut dalam sistem periodik, dari kiri ke kanan adalah ....space 

  1. A, C, Bspace

  2. C, A, Bspace

  3. B, A, Cspace

  4. A, B, Cspace

  5. B, C, Aspace

Pembahasan Soal:

Unsur A bersifat asam karena memiliki pH < 7. Unsur B bereaksi dengan air menghasilkan gas hidrogen merupakan ciri-ciri basa. Unsur C dapat bereaksi baik dengan larutan asam maupun larutan basa artinya bersifat amfoter. Dalam satu periode dari kiri ke kanan sifat basa semakin melemah. Dengan kata lain, dari kiri ke kanan urutan sifat asam-basanya: asam - amfoter - basa. Sehingga unsur-unsur tersebut dalam tabel periodik dari kiri ke kanan adalah B - C - A.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Q. 'Ainillana

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jika sifat unsur magnesium dibandingkan dengan sifat unsur natrium, maka magnesium ....

Pembahasan Soal:

Urutan unsur periode ketiga dari kiri ke kanan yaitu Na, Mg, Al, Si, P, S, Cl, dan Ar. Dalam satu periode dari kiri ke kanan, berikut adalah sifat unsur-unsur periode tiga:

  • Energi ionisasi lebih besar
  • Jari-jari atom lebih kecil
  • Sifat logam makin berubah dari logam (Na, Mg, Al), semilogam (Si), dan nonlogam (P, S, Cl, Ar). Pada kelompok logam (Na. Mg. Al), sifat logam meningkat dengan urutan Na < Mg < Al. Semakin banyak jumlah elektron pada logam, semakin kuat ikatan logamnya.
  • Sifat reduktor makin berkurang
  • Sifat basa makin berkurang atau sifat asam meningkat. Senyawa hidroksida unsur-unsur periode ketiga berubah dari bersifat basa - amfoter - asam. Na dan Mg membentuk senyawa hidroksida NaOH dan Mg open parentheses O H close parentheses subscript 2 yang bersifat sama-sama basa.

Berdasarkan penjelasan di atas, sifat unsur magnesium dibandingkan dengan sifat unsur natrium, maka magnesium :

  • energi ionisasinya lebih tinggispacespace
  • jari-jari atomnya lebih kecil
  • sifat logamnya bertambah

Jadi, logam magnesium memiliki energi ionisasi lebih tinggi daripada natrium.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Asam berikut yang memiliki pH paling kecil adalah ...

Pembahasan Soal:

Kekuatan asam pada senyawa hidroksida unsur-unsur periode 3 dari kiri ke kanan berubah dari basa menuju asam. Senyawa hidroksida dari Na dan Mg bersifat basa, Al bersifat amfoter, Si bersifat asam sangat lemah, P bersifat asam lemah, S bersifat asam kuat, dan Cl bersifat asam sangat kuat.

Karena senyawa hidroksida Cl (H Cl O subscript 4) bersifat asam sangat kuat, maka harga pH nya paling kecil dibanding dengan yang lainnya.

Jadi jawaban yang benar adalah A.space 

Roboguru

Unsur-unsur A, B, dan C terletak pada periode ketiga. Unsur A dengan air bereaksi menghasilkan gas hidrogen. Oksida unsur B dalam air mempunyai pH lebih kecil dari 7. Unsur C dapat bereaksi dengan asa...

Pembahasan Soal:

Catatan: Unsur A, B, C terletak pada periode ketiga.

Unsur A

begin mathsize 14px style 2 A open parentheses italic s close parentheses and 2 H subscript 2 O open parentheses italic l close parentheses yields 2 AOH open parentheses italic a italic q close parentheses plus H subscript 2 open parentheses italic g close parentheses end style 

Logam yang bereaksi dengan air membentuk gas hidrogen, biasanya adalah logam alkali, maka A adalah logam alkali, yaitu Na.

Unsur B

begin mathsize 14px style B O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses and H subscript 2 O open parentheses italic l close parentheses yields H subscript 2 B O subscript 3 open parentheses italic a italic q close parentheses end style 

Oksida yang menghasilkan larutan bersifat asam (pH<7) adalah oksida non logam. Unsur non logam yang berada di periode ketiga yang memungkinkan adalah unsur C, maka B adalah unsur C.

Unsur C

Unsur periode ketiga yang memiliki sifat amfoter adalah logam Al, maka C adalah unsur Al.

Urutan unsur-unsur tersebut dari kiri ke kanan adalah Na, Al, C/N, maka jawaban yang paling tepat adalah B.

 

Roboguru

Diketahui beberapa hidroksida unsur periode ketiga berikut.     Hidroksida yang bersifat basa ditunjukkan oleh nomor . . . .

Pembahasan Soal:

Sifat asam dan basa unsur periode ketiga semakin ke kanan adalah semakin bersifat asam dan apabila semakin ke kiri maka sifatnya adalah semakin basa. Urutan unsur periode ketiga adalah:

Nanegative signMgnegative signAlnegative signSinegative signPnegative signSnegative signCl

Maka unsur-unsur yang paling kiri adalah Na dan Mg, maka Na dan Mg adalah unsur yang paling basa. Dengan demikian maka hidroksida unsur periode ketiga yang bersifat asam adalah senyawa (1) dan (5).space

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.

Roboguru

Unsur-unsur A, B, dan C terletak pada periode ketiga. Unsur A dengan air bereaksi menghasilkan gas hidrogen. Oksida unsur B dalam air mempunyai pH lebih kecil dari 7. Unsur C dapat bereaksi dengan asa...

Pembahasan Soal:

Unsur-unsur periode ketiga dalam tabel periodik dari kiri ke kanan yaitu natrium, magnesium, aluminium, silikon, fosfor, sulfur, klor, dan argon.

  • Unsur A dengan air bereaksi menghasilkan gas hidrogen. Unsur natrium dan magnesium dalam air bereaksi menghasilkan basa dan gas hidrogen. Dengan demikian unsur A terletak di sebelah kiri.
  • Oksida unsur B dalam air mempunyai pH lebih kecil dari 7. Oksida unsur sulfur dan klor dalam air membentuk asam yang pH nya kurang dari 7. Dengan demikian unsur B terletak di sebelah kanan.
  • Unsur C dapat bereaksi dengan asam maupun basa. Unsur aluminium bersifat amfoter / dapat bereaksi dengan asam dan basa. Dengan demikian unsur C terletak di tengah.

Susunan unsur-unsur tersebut dalam sistem periodik unsur dari kiri ke kanan yaitu A, C, dan B.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved