Roboguru

Unsur belerang merupakan komponen alami yang terkandung dalam minyak bumi. Namun, keberadaan unsur belerang tersebut harus dihilangkan dalam proses pengolahan minyak bumi. Mengapa demikian?

Pertanyaan

Unsur belerang merupakan komponen alami yang terkandung dalam minyak bumi. Namun, keberadaan unsur belerang tersebut harus dihilangkan dalam proses pengolahan minyak bumi. Mengapa demikian?  

Pembahasan Soal:

Sulfur atau belerang merupakan senyawa yang secara alami terkandung dalam minyak bumi atau gas, namun keberadaannya tidak dinginkan karena dapat menimbulkan masalah, di antaranya adalah korosi pada peralatan proses, meracuni katalis dalam proses pengolahan, bau yang kurang sedap, atau produk samping pembakaran berupa gas buang yang beracun (sulfur dioksida, SO2) dan menimbulkan polusi udara serta hujan asam.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan senyawa sulfur dari minyak bumi, antara lain menggunakan proses oksidasi, adsorpsi selektif, ekstraksi, hydrotreating, dan lain-lain. Sulfur yang disingkirkan dari minyak bumi ini kemudian diambil kembali sebagai sulfur elemental. Proses tersebut dinamakan desulfurisasi.  

Jadi, sulfur dihilangkan karena dapat menimbulkan kerugian pada minyak bumi.
 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Krisna

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kilang minyak Indonesia yang menghasilkan residu penyulingan minyak bumi untuk pengeras jalan raya berada di ....

Pembahasan Soal:

Kilang minyak bumi berfungsi mengolah crude oil (minyak mentah) menjadi produk jadi seperti elpiji, bensin, minyak tanah, solar, minnyak pelumas (oli), dan residu. Di tempat pengilangan minyak tersebut minyak mentah mengalami sejumlah proses untuk memurnikan serta mengubah struktur dan komposisinya sehingga diperoleh produk yang bermanfaat.  

Di Indonesia terdapat banyak tempat pengilangan minyak yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Untuk pengolahan residu penghasil aspal terdapat di Cilacap yaitu PT. PERTAMINA PERSERO yang telah berdiri sejak tahun 1974, dan sudah bekerja sama dengan pemerintah untuk proyek pembangunan jalan raya menggunakan aspal.

Dengan demikian, kilang minyak Indonesia yang menghasilkan residu penyulingan minyak bumi untuk pengeras jalan raya berada di Cilacap.

Roboguru

Dari hasil penyulingan bertingkat minyak bumi diperoleh data berikut.    Fraksi nomor 3 digunakan untuk ...

Pembahasan Soal:

Minyak bumi adalah campuran kompleks yang sebagian besar (sekitar 90% -97%) terdiri dari senyawa hidrokarbon. Minyak bumi hasil pengeboran yang masih dalam bentuk minyak mentah belum bisa digunakan secara langsung, untuk dapat memanfaatkannya, maka minyak mentah harus dimurnikan dengan cara distilasi.

Disitilasi adalah proses pemisahan komponen campuran berdasarkan perbedaan titik didih sehingga diperoleh kelompok-kelompok komponen dalam rentang titik didih tertentu. Kelompok inilah yang dinamakan dengan fraksi minyak bumi.

Fraksi Minyak Bumi :

Fraksi nomor 1 digunakan untuk bahan bakar LPG

Fraksi nomor 2 digunakan untuk bahan bakar kendaraan bermotor.

Fraksi nomor 3 digunakan untuk bahan bakar kompor masak dan bahan bakar pesawat

Fraksi nomor 4 digunakan untuk bahan bakar diesel

Fraksi nomor 5 digunakan untuk bahan bakar pembuatan lilin dan aspal

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan pemurnian minyak bumi?

Pembahasan Soal:

Pemurnian minyak bumi adalah pengolahan minyak bumi dengan proses teknik kimia dan fasilitas lain yang digunakan di kilang minyak untuk mengubah minyak mentah menjadi produk yang berguna  dengan cara menghilangkan zat-zat pengotornya.

Pengolahan (pemurnian = refining) minyak bumi dilakukan melalui distilasi bertingkat. Pada proses ini, minyak mentah, yang mengandung sekitar 500 jenis hidrokarbon dengan jumlah atom C-1 hingga C-50, dipisahkan ke dalam kelompok-kelompok (fraksi) dengan rentang titik didih tertentu.space 

Jadi, pemurnian minyak bumi adalah pengolahan minyak bumi dengan proses teknik kimia dan fasilitas lain yang digunakan di kilang minyak untuk mengubah minyak mentah menjadi produk yang berguna  dengan cara menghilangkan zat-zat pengotornya.

 

Roboguru

Residu minyak bumi yang digunakan pada logam-logam mesin kendaraan agar tidak cepat aus adalah ...

Pembahasan Soal:

Minyak pelumas atau yang sering disebut oli terdapat dalam bagian miyak mentah yang mempunyai daerah titik didih tertinggi, yakni sekitar 400 derajar C ke atas. Fraksi minyak pelumas ini dapat dipisahkan dari residu lainnya dengan cara distilasi hampa. Oli adalah residu minyak bumi yang digunakan pada logam-logam mesin kendaraan agar tidak cepat aus.

Minyak pelumas terdiri atas senyawa hidrokarbon seperti alkana, sikloalkana, aromatik, dan sejumla senyawa organik yang mengandung oksigen dan belerang. Minyak pelumas sendiri digunakan untuk memberikan lapisan minyak antara dua permukaan yang saling bergesekan, sebut saja mesin kendaraan bermotor seperti Sepeda Motor, Mobil dll. Tujuan keberadaan minyak pelumas tersebut untuk meredam atau mengurangi panas hasil gesekan kedua permukaan mesin tersebut.

Jadi, jawaban benar adalah D.

Roboguru

Secara umum, proses pengolahan minyak mentah dilakukan melalui dua tahap yaitu ... dan ...

Pembahasan Soal:

Minyak bumi adalah cairan kental, berwarna coklat pekat/gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. Minyak bumi terdiri dari campuran kompleks dari berbagai hidrokarbon, sebagian besar seri alkana, tetapi bervariasi dalam penampilan, komposisi, dan kemurniannya. Minyak bumi  dapat dipisahkan menjadi komponen-komponen pernyusunnya menurut perbedaan titk didihnya yang disebut proses kilang. Tahap pertama ialah suatu distilasi bertingkat yang akan menghasilkan fraksi-fraksi minyak bumi.   

Pada pengolahan minyak bumi tahap kedua, dilakukan berbagai proses lanjutan dari hasil penyulingan pada tahap pertama. Proses-proses tersebut meliputi:

  1. Perengkahan (cracking): Pada proses perengkahan, dilakukan perubahan struktur kimia senyawa-senyawa hidrokarbon yang meliputi: pemecahan rantai, alkilasi (pembentukan alkil), polimerisasi (penggabungan rantai karbon), reformasi (perubahan struktur), dan isomerisasi (perubahan isomer).
  2. Proses ekstraksi: Pembersihan produk dengan menggunakan pelarut sehingga didapatkan hasil lebih banyak dengan mutu lebih baik.
  3. Proses kristalasasi: Proses pemisahan produk-produk melalui perbedaan titik cairnya. Misalnya, dari pemurnian solar melalui proses pendinginan, penekanan, dan penyaringan akan diperoleh produk sampingan lilin.
  4. Pembersihan dari kontaminasi (treating): Pada proses pengolahan tahap pertama dan tahap kedua sering terjadi kontaminasi (pengotoran). Kotoran-kotoran ini harus dibersihkan dengan cara menambahkan soda kaustik (NaOH), tanah liat atau hidrogenasi.

Hasil proses tahap kedua ini dapat dikelompokan berdasarkan titik didih dan jumlah atom karbon pembentuk rantai karbonnya.

Jadi, tahapan pengolahan minyak mentah adalah distilasi bertingkat dan tahapan lanjutan.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved