Pertanyaan

UM UGM 2013 TKD - 271 SEJARAH Pembuatan benda-benda Megalithik seperti menhir, dolmen, pandhusa, dan sarkofagus selalu dilandasi pada keyakinan yang berlaku di masyarakat pada masa itu, yakni…. (1) animisme (2) politeisme (3) dinamisme (4) primitif

UM UGM 2013 TKD - 271 SEJARAH

Pembuatan benda-benda Megalithik seperti menhir, dolmen, pandhusa, dan sarkofagus selalu dilandasi pada keyakinan yang berlaku di masyarakat pada masa itu, yakni….

(1)   animisme

(2)   politeisme

(3)   dinamisme

(4)   primitif

  1. jika jawaban (1), (2), (3) benar

  2. jika jawaban (1) dan (3) benar

  3. jika jawaban (2) dan (4) benar

  4. jika jawaban (4) benar

     

  5. jika semua jawaban benar

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Alat-alat seperti menhir, dolmen, padhusa, dan sarkofagus merupakan alat-alat yang digunakan pada masa Megalithikum . Diciptakannya alat-alat tersebut digunakan sebagai media untuk pemujaan. Pada masa Megalithikum berbagai kepercayaan telah dikenal diantaranya animisme, dinamisme, dan totemisme. Kepercayaan terhadap benda yang mempunyai kekuatan mistis dikenal dengan istilah dinamisme, sedangkan kepercayaan terhadap roh nenek moyang dikenal dengan ajaran animisme. Pada masa Megalithikum selain percaya terhadap animisme dan dinamisme dikenal juga kepercayaan totemisme, yaitu kepercayaan terhadap hewan-hewan tertentu yang dianggap memiliki kekuatan mistis.

Alat-alat seperti menhir, dolmen, padhusa, dan sarkofagus merupakan alat-alat yang digunakan pada masa Megalithikum. Diciptakannya alat-alat tersebut digunakan sebagai media untuk pemujaan. Pada masa Megalithikum berbagai kepercayaan telah dikenal diantaranya animisme, dinamisme, dan totemisme. Kepercayaan terhadap benda yang mempunyai kekuatan mistis dikenal dengan istilah dinamisme, sedangkan kepercayaan terhadap roh nenek moyang dikenal dengan ajaran animisme. Pada masa Megalithikum selain percaya terhadap animisme dan dinamisme dikenal juga kepercayaan totemisme, yaitu kepercayaan terhadap hewan-hewan tertentu yang dianggap memiliki kekuatan mistis.

77

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Pembuatan benda-benda Megalitikum seperti menhir, dolmen, sarkofagus, waruga selalu dilandasi pada keyakinan yang berlaku di masyarakat pada masa itu, yakni: Animisme Paganisme Dinamisme ...

112

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia