Roboguru

Tuliskanlah organisme penyebab, gejala, cara penularan dan tindakan pencegahan dari penyakit rabies!

Pertanyaan

Tuliskanlah organisme penyebab, gejala, cara penularan dan tindakan pencegahan dari penyakit rabies!space 

Pembahasan Soal:

Rabies merupakan infeksi akut pada susunan saraf pusat. Penyakit ini disebabkan oleh Rhabdovirus yang dapat menular ke manusia melalui gigitan atau air liur hewan penderita, misalnya anjing, kera, serigala, rubah, tikus, kucing, kelelawar, kelinci, sapi, kuda, dan kambing.

Virus rabies bereproduksi di dalam otot dan menyebar hingga susunan saraf pusat. Gejala anjing yang terkena rabies, yaitu tampak tidak sehat, gelisah, agresif, mengeluarkan air liur yang berlebihan, lidah terjulur, suka menyendiri di tempat yang gelap, ekor ditekuk di antara kedua kaki belakang, takut cahaya dan suara, serta ingin menggigit apa saja di sekitarnya, baik benda maupun orang. Gejala rabies yang dialami manusia, antara lain sakit kepala, mual, muntah, sakit tenggorokan, demam, halusinasi, kaku otot, serta peningkatan sekresi keringat dan air liur.

Cara pencegahan rabies dilakukan dengan pemberian vaksin. Terdapat dua jenis vaksin anti rabies, yaitu:

  • Vaksin anti rabies (VAR). VAR merupakan obat anti rabies yang bekerja dengan cara merangsang sistem daya tahan tubuh untuk membentuk imunitas terhadap virus rabies.
  • Serum anti rabies (SAR). SAR berguna untuk menetralisir toksin rabies yang masuk segera setelah seseorang digigit anjing. SAR umumnya hanya diberikan satu kali dengan cara disuntikkan di sekitar luka gigitan anjing.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 12 April 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved