Roboguru

Tuliskan tujuh langkah strategis yang dikembangkan untuk mengatasi masalah ketahanan pangan yang disepakati dalam World Food Summit di Roma pada November 1996.

Pertanyaan

Tuliskan tujuh langkah strategis yang dikembangkan untuk mengatasi masalah ketahanan pangan yang disepakati dalam World Food Summit di Roma pada November 1996.space

Pembahasan Soal:

Berikut adalah tujuh langkah strategis yang disepakati dalam Rome Declaration  on World Food Security pada November tahun 1996 :

  1. Pemerintah akan memastikan bahwa lingkungan politik, sosial dan ekonomi yang dirancang dapat menciptakan situasi terbaik untuk memberantas kemiskinan dan memperkuat perdamaian, serta meningkatkan partisipasi aktif masyarakat baik perempuan maupun laki-laki secara kondusif untuk mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan.
  2. Pemerintah akan menerapkan kebijakan yang bertujuan untuk memberantas kemiskinan dan kesenjangan ekonomi serta meningkatkan akses sarana dan prasarana ekonomi untuk semua kalangan. Dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan yang bergizi, aman dikonsumsi, dan efektivitas penggunaan pangan tersebut.
  3. Pemerintah akan mengupayakan kebijakan yang partisipatif dan berkelanjutan di bidang pangan, pertanian, perikanan, kehutanan dan pembangunan pedesaan di daerah potensial dan kurang potensial. Hal ini dirasa penting bagi pasokan pangan yang memadai dan dapat diandalkan di tingkat rumah tangga, nasional, regional dan global. Selain itu, upaya lain turut dilakukan untuk mengurangi hama dan kekeringan dengan mempertimbangkan karakter lahan pertanian yang multifungsi.
  4. Pemerintah akan berusaha untuk memastikan bahwa perdagangan hasil pertanian dan kebijakan perdagangan secara keseluruhan berlangsung kondusif, untuk mendorong ketahanan pangan bagi semua pihak melalui sistem perdagangan dunia yang adil dan berorientasi pasar.
  5. Pemerintah akan berusaha untuk mencegah dan siaga terhadap bencana alam dan bencana sosial serta memenuhi persyaratan ketersediaan pangan darurat dalam rangka mendorong pemulihan, rehabilitasi, pengembangan dan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan.
  6. Pemerintah akan mempromosikan alokasi investasi sektor publik dan sektor swasta untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia, pangan, pertanian, perikanan dan kehutanan, serta pembangunan pedesaan di wilayah yang potensial dan kurang potensial.
  7. Pemerintah akan menerapkan, memantau, dan menindaklanjuti rencana ini pada semua tingkatan serta terus bekerjasama dengan komunitas internasional.

Ketujuh poin inilah yang kemudian menjadi dasar pelaksanaan upaya ketahanan pangan dunia oleh FAO.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

H. Mahmud

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 12 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Gunung Kidul merupakan salah satu daerah yang memiliki kondisi alam berupa tanah kapur, karena kondisi tanah yang berupa tanah kapur berakibat pada minimnya cadangan air yang dimiliki beberapa wilayah...

Pembahasan Soal:

Gunung Kidul adalah salah satu daerah yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kondisi fisik Gunung kidul berupa kawasan karst yang terbentuk dari proses pelarutan batuan kapur. Bentang alam ini dikenal sebagai Kawasan Karst Pegunungan Sewu. Secara hidrologis daerah ini sulit akan air sehingga potensi pangan yang cocok dengan kondisi geografi daerah Gunung Kidul adalah tanaman palawija. Tanaman palawija tidak memerlukan banyak air dan dapat ditanaman dalam kondisi tanah kering dan cuaca kemarau. Contoh tanaman palawija adalah kacang tanah, kacang kedelai, jagung, kacang panjang, kacang tunggak, singkong, ubi jalar.

0

Roboguru

Sebutkan upaya pemantapan ketahanan pangan dan penanganan rawan pangan di tingkat rumah tangga!

Pembahasan Soal:

Upaya pemantapan ketahanan pangan dan penanganan rawan pangan di tingkat rumah tangga dapat dilakukan melalui hal-hal berikut, yaitu :

  • Menjaga stabilitas harga pangan
  • Perluasan kesempatan kerja dan peningkatan pendapatan
  • Pemberdayaan masyarakat miskin dan rawan pangan
  • Peningkatan efektivitas aktivitas raskin
  • Penguatan forum pengolahan pangan di perdesaan

0

Roboguru

Sebutkan hasil olahan bahan pangan setengah jadi dari beras!

Pembahasan Soal:

Barang setengah jadi adalah bahan baku yang telah diolah dan diproduksi tetapi belum bisa langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia karena belum menjadi produk siap pakai.
Beras merupakan salah satu bahan baku yang menjadi bahan pokok konsumsi masyarakat di Indonesia. Berbagai pengolahan dari beras menjadi hasil olahan pangan setengah jadi antara lain tepung beras, bihun, kerupuk gendar dan masih banyak lagi yang lainnya.

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Solusi tepat untuk mendukung ketahanan pangan dari jenis bahan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Pengolahan bahan pangan jenis umbi - umbian (ubi,talas,singkong) pengolahaan nya lebih baik didistribusikan langsung ke konsumen  untuk menjaga kualitas bahan pangan.

Jadi,jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Di satu sisi masyarakat Indonesia mengonsumsi nasi sebagai makanan pokoknya. Di sisi lain ada sebagian masyarakat Indonesia yang memilih jagung, ketela, atau sagu sebagai makanan pokok. Faktor yang me...

Pembahasan Soal:

Pemilihan jenis makanan masyarakat yang terus-menerus dipertahankan disebabkan oleh pola makan. Pola makan adalah cara seseorang/ sekelompok orang untuk memanfaatkan pangan yang tersedia sebagai reaksi terhadap tekanan ekonomi dan sosial budaya yang dialaminya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved