Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan tiga ciri keanekaragaman hayati di Indonesia!

Tuliskan tiga ciri keanekaragaman hayati di Indonesia!space space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Indonesia termasuk ke dalam salah satu negara megabiodiversitas (keanekaragaman hayati raksasa) . Selain kaya, keanekaragaman hayati di Indonesia juga tergolong unik sehingga memiliki ciri tersendiri. Tiga ciri keanekaragaman hayati di Indonesia yaitu sebagai beikut: Fauna bertipe Oriental, Australia, dan Peralihan . Indonesia berada pada zona Oriental di bagian barat dan zona Australia di bagian timur. Selain dua zona fauna tersebut, Indonesia juga memiliki zona peralihan yang merupakan zona transisi antara oriental dan Australia. Ketiga zona tersebut memiliki karakteristik fauna yang sangat berbeda, karena itulah fauna Indonesia juga sangat beragam. Flora Indonesia bertipe Malesiana . Kawasan Malesiana meliputi Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, dan Kepulauan Solomon. Pohon-pohon yang hidup di kawasan botani ini merupakan tumbuhan yang aktif melakukan fotosintesis serta tumbuhan yang memiliki kanopi rapat. Banyak ditemukan fauna dan flora endemik . Fauna dan flora endemik adalah jenis hewan dan tumbuhan yang hanya ada atau bisa ditemukan di daerah tertentu saja. Di Indonesia, ada banyak jenis fauna dan flora yang hanya bisa ditemukan di Indonesia saja. Contohnya adalah komodo yang merupakan fauna endemik Pulau Komodo dan badak bercula satu yang merupakan jenis fauna endemik di Taman Nasional Ujung Kulon. Selain itu, ada bunga Rafflesia arnoldii yang yang merupakan flora endemik yang hanya bisa ditemukan di hutan-hutan di wilayah Sumatera Barat, Jambi dan Bengkulu.

Indonesia termasuk ke dalam salah satu negara megabiodiversitas (keanekaragaman hayati raksasa). Selain kaya, keanekaragaman hayati di Indonesia juga tergolong unik sehingga memiliki ciri tersendiri. Tiga ciri keanekaragaman hayati di Indonesia yaitu sebagai beikut:

  • Fauna bertipe Oriental, Australia, dan Peralihan. Indonesia berada pada zona Oriental di bagian barat dan zona Australia di bagian timur. Selain dua zona fauna tersebut, Indonesia juga memiliki zona peralihan yang merupakan zona transisi antara oriental dan Australia. Ketiga zona tersebut memiliki karakteristik fauna yang sangat berbeda, karena itulah fauna Indonesia juga sangat beragam.
  • Flora Indonesia bertipe Malesiana. Kawasan Malesiana meliputi Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, dan Kepulauan Solomon. Pohon-pohon yang hidup di kawasan botani ini merupakan tumbuhan yang aktif melakukan fotosintesis serta tumbuhan yang memiliki kanopi rapat.
  • Banyak ditemukan fauna dan flora endemik. Fauna dan flora endemik adalah jenis hewan dan tumbuhan yang hanya ada atau bisa ditemukan di daerah tertentu saja. Di Indonesia, ada banyak jenis fauna dan flora yang hanya bisa ditemukan di Indonesia saja. Contohnya adalah komodo yang merupakan fauna endemik Pulau Komodo dan badak bercula satu yang merupakan jenis fauna endemik di Taman Nasional Ujung Kulon. Selain itu, ada bunga Rafflesia arnoldii yang yang merupakan flora endemik yang hanya bisa ditemukan di hutan-hutan di wilayah Sumatera Barat, Jambi dan Bengkulu.space space 

5rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berdasarkan garis Wallace dan garis Weber, tipe fauna Indonesia dibedakan menjadi tiga jenis yaitu fauna tipe Oriental, fauna tipe peralihandan fauna tipe Australian. Adanya mamalia berukuran besar me...

5rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia