Roboguru

Tuliskan sumber dan kegunaan utama dari alkuna!

Pertanyaan

Tuliskan sumber dan kegunaan utama dari alkuna!space 

Pembahasan Soal:

Alkuna yang mempunyai nilai ekonomis penting hanyalah etuna (C subscript 2 H subscript 2). Nama lain etuna adalah asetilena. Dalam jumlah sedikit, asetilena dapat dibuat dari reaksi batu karbid (kalsium karbida) dengan air. Pembuatan gas karbid dari batu karbid ini digunakan oleh tukang las (las karbid).

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah sesuai penjelasan di atas.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Budi

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut yang bukan merupakan sifat-sifat dari alkuna adalah ....

Pembahasan Soal:

Alkuna adalah hidrokarbon alifatik tak jenuh dengan satu ikatan karbon-karbon rangkap tiga negative sign C triple bond C minus sign. Alkuna memiliki ikatan rangkap sehingga dapat mengalami reaksi adisi. Semua hidrokarbon sukar larut dalam air termasuk alkuna, tetapi lebih mudah larut dalam pelarut yang nonpolar sehingga seharusnya alkuna larut dalam dietil eter.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

2

Roboguru

Tuliskan persamaan reaksi yang terjadi dan sebutkan nama senyawa yang dihasilkan! Asetilena + gas klorin

Pembahasan Soal:

Pada soal diketahui:

  • Asetilena merupan senyawa ikatan rangkap 3 yang memiliki rumus molekul begin mathsize 14px style C subscript 2 H subscript 2 end style. Asetilena merupakan nama trivial sedangkan nama IUPAC dari senyawa tersebut adalah etuna.
    begin mathsize 14px style H C triple bond C H end style
  • gas klorin adalah begin mathsize 14px style Cl subscript 2 end style

Reaksi yang terjadi antara asetilena (etuna) dengan gas klorin adalah reaksi adisi. Reaksi adisi dengan halogen yaitu pemutusan ikatan rangkap dengan penambahan golongan halogen. Golongan halogen pada soal adalah begin mathsize 14px style Cl subscript 2 end style. Halogen akan menempel pada atom karbon yang memiliki atom H paling sedikit. Reaksi adisi pada alkuna terjadi dua tahap, yang pertama untuk memutus ikatan rangkap tiga menjadi rangkap dua, lalu memutus ikatan rangkap dua menjadi ikatan tunggal. Maka reaksinya adalah:
Error converting from MathML to accessible text. 


Setelah reaksi yang pertama, lalu direaksikan lagi dengan Cl yang bersisa untuk memutus ikatan rangkap dua menjadi ikatan tunggal

Pada reaksi yang dihasilkan diketahui bahwa ikatan rangkap tiga terputus menjadi ikatan rangkap satu dengan masuknya ikatan Cl. Dari hasil reaksi diketahui:

  • Rantai utama adalah etana karena memiliki 2 atom karbon.
  • Rantai cabang adalah klor pada nomor atom karbon ke 1 dan ke 2, dan diberi nama 1,1,2,2-tetrakloro

Jadi, nama senyawa yang dihasilkan adalah 1,1,2,2-tetrakloroetana.

0

Roboguru

Tuliskan persamaan reaksi dari: CH ≡ CH + H2 →

Pembahasan Soal:

Alkuna lebih reaktif dibanding alkena dan alkana. Salah satu ikatan pada rangkap di alkuna lebih mudah putus apabila berinteraksi dengan zat lain (mengalami reaksi). Terputusnya ikatan rangkap tiga menjadi ikatan rangkap dua disebut reaksi adisi.

Reaksi yang terjadi antara begin mathsize 14px style C H triple bond C H end style dengan begin mathsize 14px style H subscript 2 end style merupakan reaksi adisi.

Perhatikan reaksi berikut:

undefined

Pada reaksi tersebut, atom H pada begin mathsize 14px style H subscript 2 end style akan menyerang atom karbon ikatan rangkap tiga sehingga terjadi pengurangan ikatan rangkap pada alkuna menjadi ikatan rangkap dua.

Jadi, hasil reaksi begin mathsize 14px style C H triple bond C H end style dengan begin mathsize 14px style H subscript 2 end style adalah begin mathsize 14px style C H subscript 2 double bond C H subscript 2 end style.

0

Roboguru

Asetilena atau etuna  merupakan senyawa alkuna yang sangat ringan dan berwujud gas. Senyawa ini sering digunakan sebagai bahan bakar karena keuntungannya yang hanya membutuhkan gas oksigen sedikit dan...

Pembahasan Soal:

Asetilena adalah satu-satunya bahan bakar yang direkomendasikan untuk penerangan kerja di bawah tanah, misalnya pada tambang batu bara. Ini karena asetilena lebih ringan dari udara sehingga tidak menumpuk. Penumpukan gas bakar di bawah tanah berisiko menimbulkan ledakan. Selain itu, asetilena membutuhkan sedikit oksigen untuk terjadinya pembakaran sempurna, sehingga pembakaran asetilena tidak menghasilkan gas karbon monoksida yang berbahaya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined 

0

Roboguru

Tuliskan persamaan reaksi dari: CH ≡ C – CH3 + HCl →

Pembahasan Soal:

    Alkuna merupakan hidrokarbon yang mempunyai ikatan rangkap tiga antar-atom karbonnya. Senyawa pada soal memiliki ikatan rangkap tiga antar-atom karbonnya, sehingga senyawa tersebut adalah senyawa alkuna. Senyawa tersebut direaksikan dengan begin mathsize 14px style H Cl end style yang merupakan salah satu asam halida atau begin mathsize 14px style HX space left parenthesis X space equals space Cl comma space Br comma space I right parenthesis end style.


    Alkuna lebih reaktif dibanding alkana dan alkena. Alkuna dapat mengalami reaksi adisi (penjenuhan) dan substitusi (penggantian atom hidrogen dengan gugus lain). Reaksi adisi adalah reaksi penjenuhan atau pemutusan ikatan rangkap oleh hidrogen (begin mathsize 14px style H subscript 2 end style), halogen (begin mathsize 14px style X subscript 2 end style), atau asam halida (begin mathsize 14px style HX end style). Reaksi senyawa alkuna dan asam halida (begin mathsize 14px style HX end style) adalah reaksi adisi. Reaksi adisi asam halida (begin mathsize 14px style HX end style) pada alkuna berlaku aturan Markovnikov.

  • Jika atom karbon yang berikatan rangkap mengikat jumlah atom hidrogen yang berbeda, atom begin mathsize 14px style X end style akan terikat pada atom karbon yang sedikit mengikat hidrogen
  • Jika jumlah atom karbon pada ikatan rangkapnya mengikat jumlah atom hidrogen sama banyak, atom begin mathsize 14px style X end style akan terikat pada atom begin mathsize 14px style C end style yang mempunyai rantai karbon paling panjang.

    Pada soal diatas, atom karbon yang berikatan rangkap mengikat jumlah atom hidrogen yang berbeda. Oleh karena itu, atom begin mathsize 14px style X end style atau pada soal ini adalah begin mathsize 14px style Cl end style (pada begin mathsize 14px style H Cl end style) akan terikat pada atom karbon yang sedikit mengikat hidrogen, yaitu atom begin mathsize 14px style C end style nomor 2 yang tidak mengikat hidrogen.

   Reaksi adisi pada alkuna membutuhkan pereaksi dengan jumlah dua kali lipat dari alkena untuk memutuskan ikatan rangkapnya. Namun karena  pada soal hanya terdapat 1 begin mathsize 14px style H Cl end style, maka ikatan rangkap tiga pada alkuna terputus satu sehigga menghasilkan alkena yang memiliki ikatan rangkap dua. Lalu atom begin mathsize 14px style Cl end style akan menjadi cabang atau substituen pada begin mathsize 14px style C end style nomor 2.  



Dengan demikian, persamaan reaksi antara senyawa alkuna tersebut dengan HCl dapat dituliskan sebagai berikut.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved