Roboguru

Tuliskan secara singkat kronologi jatuhnya Mesir dan dimulainya kekuasaan Romawi!

Pertanyaan

Tuliskan secara singkat kronologi jatuhnya Mesir dan dimulainya kekuasaan Romawi!

Pembahasan Soal:

Kejatuhan kerajaan Mesir dimulai dengan semakin melemahnya pemerintahan Dinasti Ptolemy pada masa kekuasaan Raja Ptolemy XII yang tidak begitu memperdulikan budaya asli Mesir. Dinasti Ptolemy merupakan keturunan Jenderal Ptolemaus, salah satu jenderal besar yang memimpin pasukan Alexander Agung, sehingga seluruh keturunan Ptolemaus memiliki darah Yunani dan Makedonia, bukan darah Mesir. Jauhnya kultur antara penguasa dan rakyat kemudian membuat banyak rakyat di Mesir makin tidak menyukai pemerintahan dinasti ini. Pada masa Cleopatra, kekuasaan dibagi menjadi dua antara Cleopatra dan saudaranya Ptolemy XIII. Terjadi konflik diantara keduanya sehingga Cleopatra terpaksa melarikan diri dan meminta tolong kepada Julius Caesar dan Republik Romawi. Keadaan yang kacau tersebut diperparah dengan pemberontakan yang dilakukan oleh penduduk asli Mesir, sehingga Ptolemy XIII terpaksa menyetujui permintaan Julius Caesar untuk menggunakan tentara Romawi dalam usaha memadamkan pemberontakan. Tidak lama kemudian, Julius Caesar melakukan perebutan kekuasaan dan menjatuhkan Ptolemy XIII. Cleopatra hanya bertindak sebagai boneka, hal ini kemudian dianggap sebagai masa dimana Kerajaan Mesir Kuno akhirnya runtuh.

Dengan demikian kronologi keruntuhan kerajaan Mesir Kuno dimulai dari pertikaian antara penduduk asli Mesir dengan para penguasa yang keturunan Yunani, hingga kemudian dicampuri oleh Romawi yang memutuskan untuk mengambil alih seluruh wilayah Mesir.space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Peran Ratu Hatshepsut pada masa Kerajaan Baru Mesir adalah….

Pembahasan Soal:

Pengganti Tuthmosis I adalah Ratu perempuan yaitu; Hatshepsut yang terkenal dengan kebijakannya memulihkan jaringan perdagangan dengan negara-negara tetangga dan melakukan ekspedisi perdagangan ke Punt atau Jazirah Arab. Ratu Hatshepsut juga melakukan pembangunan kuil-kuil sebagai tempat pemakaman Firaun yang megah disandingkan dengan sepasang obelisk raksasa dan kapel di Karnak sebagai tempat pemujaan Dewa Amun

0

Roboguru

Salah satu faktor penyebab keruntuhan Mesir Kuno pada tahun 1800 SM adalah ....

Pembahasan Soal:

Peradaban Mesir Kuno merupakan peradaban yang mendiami lembah Sungai Nil sejak tahun 4000 SM. Dinamika politik peradaban Mesir Kuno terbagi menjadi tiga, yakni Mesir Awal, Mesir Pertengahan, dan Mesir Baru. Pada tahun 1800 SM, peradaban Mesir Kuno mengalami kemuduran akibat serangan dari bangsa Hyksos. Dalam perkembangan selanjutnya, peradaban Mesir Kuno mengalami keruntuhan yang diakibatkan oleh sejumlah faktor, mulai dari konflik internal kerajaan, serangan dari bangsa luar, hingga bencana alam yang melanda.

Oleh karena itu, peradaban Mesir Kuno tahun 1800 SM mengalami keruntuhan akibat dari serangan bangsa Hyksos yang dalam perkembangannya ditambah dengan konflik internal kerajaan hingga bencana alam yang melanda. 

0

Roboguru

Berikut ini yang merupakan pernyataan yang tepat mengenai the gift of the Nile adalah ….

Pembahasan Soal:

Sungai Nil berasal dari gletser Gunung Kilimanjaro yang terbentang sepanjang 6400 km yang melewati peradaban Mesir. Lembah Sungai Nil merupakan pusat kehidupan bagi masyarakat Mesir melalui pertanian dengan sistem irigasi yang dialirkan ke setiap ladang.

Dengan demikian, maka pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Hanya satu dinasti kuat yang berkuasa dalam sejarah peradaban Mesir Kuno SEBAB Orang Mesir menganggap Firaun adalah Dewa yang tidak dapat dipertentangkan

Pembahasan Soal:

Pernyataan salah. Dalam sejarah Mesir terdapat berbagai Dinasti dan berbagai bangsa yang menguasai Lembah Sungai Nil. Bangsa Mesir pernah dikuasai oleh Bangsa Hyksos, Asyur, Yunani dan Romawi.

Alasan benar. Masyarakat Mesir menganggap Firaun adalah Dewa yang tidak dapat dipertentangkan, legitimasi diri sebagai “Dewa” dilakukan oleh Firaun untuk menguasai tanah, perdagangan dan hasil bumi di Mesir.

Pernyataan salah, alasan benar maka jawabannya adalah D

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan dibawah ini ! membangun banyak kuil-kuil megah dan mendirikan patung dan obelisk memimpin tentara untuk melawan bangsa Het dari Asia Kecil menandatangani perjanjian damai Ka...

Pembahasan Soal:

Ramses II atau yang dikenal dengan Ramses Agung menjadi raja pada 1279 SM yang memiliki keunggulan dengan membangun banyak kuil, mendirikan patung-patung dan obelisk dan melalui anaknya menjadi pemimpin dalam melakukan ekspedisi militer untuk melawan bangsa Het yang berasal dari Asia Kecil dalam pertempuran Kadesh pada 1274 SM, melalui pertempuran ini diadakan perjanjian yang kemudian dikenal dengan perjanjian damai Kadesh pada tahun 1274 SM yang merupakan perjanjian tertua di dunia.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved