Roboguru

Tuliskan penjelajah-penjelajah samudra dari Eropa yang berhasil singgah ke Nusantara!

Pertanyaan

Tuliskan penjelajah-penjelajah samudra dari Eropa yang berhasil singgah ke Nusantara!

Pembahasan:

Zaman penjelajahan samudra merupakan masa (abad XV-XVII) ketika bangsa-bangsa Eropa banyak melakukan penjelajahan samudra mengelilingi dunia untuk menemukan komoditas dagang dari dunia Timur. Adapun bangsa-bangsa Eropa yang dianggap sebagai pelopor penjelajahan samudra adalah bangsa Portugis, Spanyol, Belanda, dan lnggris. Salah satu wilayah yang dituju oleh bangsa Barat pada zaman ini adalah wilayah Nusantara. Berikut ini adalah tokoh penjelajah-penjelajah Eropa yang sampai di Nusantara.

  1. Alfonso de Albuquerque (Portugis). Pada 1510, Afonso de Albuquerque berhasil menaklukkan Goa, India yang merupakan pelabuhan dagang yang makmur. Selanjutnya, pada 1511, pelabuhan Malaka berhasil ia taklukkan. Setahun setelahnya, dia sampai di kepulauan Maluku
  2. Ferdinand Magellan (Spanyol). Pada 1519, Magellan bersama Sebastian del Cano berlayar keliling dunia untuk mencari rute menuju kepulauan rempah-rempah dengan menyeberangi Samudra Pasifik, sekaligus membuktikan teori bahwa bumi itu bulat. Magellan dan del Cano berhasil mencapai Filipina pada 1521, tetapi Magellan tewas dalam suatu pertempuran dengan penduduk lokal. Setelah itu, Sebastian del Cano melanjutkan perjalanan kembali ke Spanyol melewati Tidore, Maluku, Timor, dan menyeberangi Samudra Hindia, dan akhirnya tiba di Spanyol pada 1522.
  3. Sir Francis Drake (lnggris). Francis Drake melakukan pelayaran mengelilingi dunia tahun 1577-1580. Dalam pelayaran keliling dunianya, pada 1579, Drake berlabuh di Kesultanan Ternate. Di sana, ia diterima sebagai tamu dan dijamu oleh Sultan Ternate, Baabullah. Armada Drake meninggalkan Ternate dengan kapal penuh muatan cengkih.
  4. James Lancester (lnggris). Pada tahun 1601, di bawah bendera kongsi dagang Britania (EIC) James Lancester mulai berlayar menuju Hindia Timur untuk misi dagang dan diplomasi. Pada 1602, ia mendarat di Aceh dan wilayah Sumatra lainnya serta Banten di Jawa. Ia menjalin hubungan diplomatik dengan Kesultanan Aceh dan Banten serta mengirimkan ekspedisi ke Maluku.
  5. Sir Henry Middleton (lnggris). Tahun 1604, Henry Middleton memimpin ekspedisi kedua EIC menuju Hindia Timur. Dalam pelayarannya di Nusantara, ia mengunjungi Sumatra, Banten, Kepulauan Maluku, serta Ternate dan Tidore. Di Banten, ia menyampaikan surat dari Raja lnggris James I untuk sultan Banten. Adapun di Ternate dan Tidore, ia bersaing dengan VOC dalam upaya mendapatkan rempah-rempah.
  6. Cornelis de Houtman (Belanda). Cornelis de Houtman merupakan bangsa Belanda pertama yang datang ke Indonesia. Cornelis de Houtman berlayar pada 1595 dengan menggunakan empat kapal dan tiba di Banten pada 1596.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penjelajah eropa yang singgah di Nusantara adalah Alfonso de Albuquerque hingga Cornelis de Houtman

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 28 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Sebutkan pemimpin pelayaran penjelajahan samudra dari bangsa Spanyol!

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved