Roboguru

Tuliskan nama ion atau senyawa komples berikut! d.[Cu(NH3​)4​(NO3​)2​]2−

Pertanyaan

Tuliskan nama ion atau senyawa komples berikut!

d.[Cu(NH3)4(NO3)2]2 

Pembahasan Soal:

Pada soal mungkin yang dimaksud adalah senyawa [Cu(NH3)4](NO3)2. Tata nama senyawa komples dimulai dengan kation dan anion. Pada senyawa tersebut jiak dipecah menjadi ionnya menjadi.

[Cu(NH3)4](NO3)2[Cu(NH3)4]2++2NO3 

Kation dari senyawa tersebut adalah ion komplesk dan anionnya adalah NO3 dengan nama nitrat. Tata nama ion kompleks dimulai dengan nama ligan kemudian atom pusat berserta dengan biloksnya.

Pada ion tersebut terdapat ligan NH3 dengan nama amin karena ada 4 maka nama ligannya menjadi. Atom pusat pada ion tersebut adalah Cu. Ligan NH3 merupakan ligan yang tidak bermuatan sehingga biloks dari Cu adalah +2, maka nama dari kation komplesk menjadi Tetraamintembaga(II) jika digabunggkan dengan anionnya menjadi Tetraamintembaga(II) Nitrat.

Oleh karena itu, nama senyawa kompleks tersebut adalah Tetraamintembaga(II) Nitrat.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Muhammad

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Lengkapilah tabel berikut!

Pembahasan Soal:

tabel lengkap sebagai berikut :

Jadi, jawaban benar seperti di atas.

0

Roboguru

Nama ion kompleks adalah...

Pembahasan Soal:

Ion kompleks merupakan ion yang tersusun dari ion pusat (atom pusat) yang dikelilingi oleh molekul atau ion yang disebut ligan. Antara ion pusat dengan ligan terjadi ikatan koordinasi. Jumlah ikatan koordinasi yang terjadi antara ion pusat dengan ligan disebut dengan bilanganspacekoordinasi.

Penamaan senyawa kompleks menurut IUPAC mengikuti aturan sebagaispaceberikut.

a. Nama kation (ion positif) disebut lebih dahulu, kemudian diikuti dengan nama anion (ion negatif), seperti pada penamaan senyawaspaceion.

b. Pada ion kompleks, urutan penyebutannya adalah: jumlah ligan-nama ligan-nama atom pusat(bilangan oksidasi atomspacepusat).

c. Jumlah ligan disebut dengan bahasa latin. 1 = mono, 2 = di,  3 = tri, 4 = tetra, 5 = penta, 6 =spaceheksa.

d. Nama ligan ditambah dengan akhiran -o denganspacecara:

  1. Ligan-ligan yang berakhiran -ida diganti denganspace-o.
  2. Ligan-ligan yang berakhiran -it atau -at diganti dengan -ito danspace-ato.
  3. Ligan netral diberi nama sesuai nama molekulnya (dalam bahasaspacelatin).

e. Jika ligannya lebih dari satu macam, urutan penyebutannya dimulai sesuai dengan urutan abjad nama depan dari liganspacetersebut.

f. Nama atom atau ionspacepusat:

  1. Jika ion kompleksnya bermuatan negatif, nama atom pusat diberi akhiranspace-at.
  2. Jika ion kompleksnya tidak bermuatan atau bermuatan positif, tidak ditambahspaceakhiran.

g. Bilangan oksidasi atom pusat ditulis dengan angka romawi dalam kurung setelah nama atomspacepusat.

Berdasarkan aturan tersebut, nama ion kompleks left square bracket Cr Cl subscript 4 open parentheses N H subscript 3 close parentheses subscript 2 right square bracket to the power of negative sign end exponent adalahspaceion diamintetraklorokromat(III).

  • Ligan = N H subscript 3 comma space Cl to the power of minus sign
  • Atom pusat = Cr
  • Bilangan oksidasi atom pusat

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell Cr plus left parenthesis 4 cross times muatan space Cl right parenthesis plus left parenthesis 2 cross times muatan space N H subscript 3 right parenthesis end cell equals cell negative sign 1 end cell row cell Cr plus left parenthesis 4 cross times minus sign 1 right parenthesis plus left parenthesis 2 cross times 0 right parenthesis end cell equals cell negative sign 1 end cell row cell Cr minus sign 4 plus 0 end cell equals cell negative sign 1 end cell row Cr equals cell negative sign 1 plus 4 end cell row Cr equals cell plus 3 end cell end table
 

Jadi, jawaban yang benar adalahspaceC.

0

Roboguru

Nama ion kompleks  adalah ion...

Pembahasan Soal:

Tata nama ion kompleks merupakan gabungan dari nama ligan dan atom pusat.

  • Ligan pada ion tersebut adalah H subscript 2 O dan N H subscript 3. Ligan H subscript 2 O diberi nama aquos karena jumlahnya ada 2 maka ditambahkan awalan di- menjadi diaquos, Ligan N H subscript 3 diberi nama amin karena jumlahnya 4 di tambahkan awalan tetra menjadi tetraamin. Jika terdapat dua ligan maka diurutkan berdasarkan alfabet menjadi tetraamindiaquos.
  • Atom pusat pada ion tersebut adalah Co dengan nama kobalt kemudian ditentukan biloksnya karena N H subscript 3 dan H subscript 2 Oadalah ligan netral maka biloks Co adalah 3 sehingga namanya menjadi kobalt (III).

Oleh karena itu, nama ion komples tersebut adalah tetraamindiaquokobalt(lll).

Jadi, jawaba yang benar adalah C.

0

Roboguru

Tentukan nama dari ion atau senyawa kompleks berikut. A. [MnCl4]2- B. K3[Fe(C2O4)3] C. [Pt(NH3)2(CN)2] D. Fe(H2O)5(OH)]2+ E. [Mn(en)2Cl2]

Pembahasan Soal:

Pemberian nama senyawa kompleks sama seperti penamaan senyawa ion, yatu nama kation diikuti nama anion. Untuk penamaan ion kompleks, terdiri atas dua bagian yang ditulis dalam satu kata. Bagian pertama menyatakan jumlah dan nama ligan, sedangkan bagian kedua menyatakan nama ion pusat dan bilangan oksidasinya.

A. [MnCl4]2-

Ion pusatnya adalah Mn yang mengikat 4 ligan Cl-. Muatan ion Mn sebesar negative sign 2 minus sign left parenthesis 4 cross times minus sign 1 right parenthesis equals plus 2. Oleh karena bermuatan negatif, nama ion logam menjadi manganat. Nama [MnCl4]2- adalah tetrakloromanganat(II).

B. K3[Fe(C2O4)3]

Merupakan senyawa kompleks yang terdiri atas kation K+ dan anion [Fe(C2O4)3]3-. Ion pusatnya adalah Fe yang mengikat 3 ligan C2O42-. Muatan ion Fe sebesar negative sign 3 minus sign left parenthesis 3 cross times minus sign 2 right parenthesis equals plus 3. Oleh karena bermuatan negatif, nama ion logam menjadi ferrat. Nama K3[Fe(C2O4)3] adalah kalium trioksalatoferat(III).

C. [Pt(NH3)2(CN)2]

Ion pusatnya adalah Pt yang mengikat 2 ligan NH3 dan 2 ligan CN-. Muatan ion Pt sebesar 0 minus sign left parenthesis 2 cross times 0 right parenthesis minus sign left parenthesis 2 cross times minus sign 1 right parenthesis equals plus 2. Nama [Pt(NH3)2(CN)2] adalah diamindisianoplatina(II).

D. Fe(H2O)5(OH)]2+

Ion pusatnya adalah Fe yang mengikat 5 ligan H2O dan 1 ligan OH-. Muatan ion Fe sebesar plus 2 minus sign left parenthesis 5 cross times 0 right parenthesis minus sign left parenthesis 1 cross times minus sign 1 right parenthesis equals plus 3. Nama Fe(H2O)5(OH)]2+ adalah pentaakuamonohidroksobesi(III).

E. [Mn(en)2Cl2]

Ion pusatnya adalah Mn yang mengikat 2 ligan etilendiamina dan 2 ligan Cl-. Muatan ion Mn sebesar 0 minus sign left parenthesis 2 cross times 0 right parenthesis minus sign left parenthesis 2 cross times minus sign 1 right parenthesis equals plus 2. Nama [Mn(en)2Cl2] adalah diklorodietilendiaminmangan(II).


Jadi, nama [MnCl4]2- adalah tetrakloromanganat(II), nama K3[Fe(C2O4)3] adalah kalium trioksalatoferat(III), nama [Pt(NH3)2(CN)2] adalah diamindisianoplatina(II), nama Fe(H2O)5(OH)]2+ adalah pentaakuamonohidroksobesi(III), dan nama [Mn(en)2Cl2] adalah diklorodietilendiaminmangan(II).

0

Roboguru

Berikut ini nama ion kompleks  yang tepat adalah…

Pembahasan Soal:

Untuk ion kompleks Error converting from MathML to accessible text. 

Pertama kita tulis kata “ion”.

Disini terdapat 2 macam ligan, yaitu begin mathsize 12px style N H subscript 3 end style (amin) dan Cl- (kloro). 

Karena amin diawali huruf “a” dan kloro diawali dengan huruf “c” (dalam bahasa inggris chloro), maka ligan yang ditulis jumlah dan namanya terlebih dulu adalah amin. Karena ligan amin ada 4, maka namanya menjadi tetraamin. Kemudian dilanjutkan dengan ligan kloro sebanyak 2, menjadi dikloro.

Setelah itu diikuti oleh atom pusatnya yaitu Cr. Karena ion kompleks ini bermuatan positif, maka dinamakan sesuai dengan nama logamnya sendiri yaitu krom, tidak perlu ada akhiran. 

Terakhir kita cari biloksnya, 

muatan ion kompleks = total muatan ligan + biloks atom pusat

+1 = {4x(0) + 2x(-1)} + biloks Cr

Biloks Cr = +3. 

Sekarang kita sudah tahu nama ion kompleksnya, yaitu “ion tetraamindiklorokrom(III)”

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved