Roboguru

Tuliskan jenis-jenis masalah sosial menurut Soerjono Sekanto !

Pertanyaan

Tuliskan jenis-jenis masalah sosial menurut Soerjono Sekanto !

undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Jenis-jenis masalah sosial menurut Soerjono Sekanto antara lain :

1. Faktor ekonomi. Faktor ekonomi menjadi sebuah bentuk dari masalah sosial yang dimana kemudian menciptakan kemiskinan dan juga pengangguran yang dimana kemudian haruslah menjadi sebuah tanggung jawab pemerintah.

2. Faktor biologis. Faktor biologi adalah sebuah faktor yang dimana akan menciptakan sebuah permasalahan sosial sebagai mana biasanya berbentuk wabah, penyakit, hingga kepada kurang bergizi.

3. Faktor psikologis. Faktor psikologis memiliki sebuah pengaruh kepada masalah sosial yang dimana seperti bebanhidup akan menciptakan sebuah mosi dan menciptakan sebuah konflik masyarakat.

4. Faktor kebudayaan. Yang dimana perkembangan budaya memiliki sebuah peranan di dalam pemicu dari timbulnya sebuah permasalahan sosial. Sebagaimana misalanya adalah kenakan remaja, pernikahan, perceraian, pernikahan dini dan lain sebagainya.

undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan secara runtut, contoh masalah sosial yang ada, penyebab, pihak yang terlibat, dan cara mengatasi masalah sosial tersebut!

Pembahasan Soal:

Contoh : Kemiskinan adalah salah satu masalah sosial di kota-kota besar. Penyebab masalah ini adalah laju urbanisasi yang tinggi , tingkat pendidikan yang rendah dari kaum urban dan tidak memiliki ketrampilan, sehingga sulit mendapatkan pekerjaan yang layak dengan penghasilan yang cukup. Pihak-pihak yang terkait dalam masalah sosial ini adalah kaum urban dan pemerintah kota, Upaya mengatasi masalah tersebut adalah menekan laju urbanisasi, memberi kemudahan bagi kaum miskin kota untuk mengikuti pendidikan dan ketrampilan di kota, membuka lapangan kerja dan mendorong semangat berwirausaha bagi masyarakat miskin kota.

0

Roboguru

Jumlah lapangan kerja dan jumlah angkatan kerja yang tidak seimbang menyebabkan meningkatnya angka pengangguran. Dampak pengangguran adalah kesulitan ekonomi bagi masyarakat sehingga pada akhirnya mun...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan lingkup dampaknya, masalah sosial dibagi dua yaitu strategis dan umum/biasa. Masalah sosial strategis dianggap sentral dan dapat mengakibatkan masalah sosial lainnya, sedangkan masalah sosial umum berdampak pada lingkup kecil. Dalam kasus ini, masalah pengangguran mengakibatkan berbagai masalah lain muncul, seperti kesulitan ekonomi, kemiskinan, kesenjangan, bahkan konflik dalam ranah rumah tangga. Maka itu, pengangguran dalam kasus ini dikategorikan sebagai masalah sosial strategis. Jadi, jawaban yang tepat adalah E. undefined 

0

Roboguru

berikut yang tidak termasuk ke dalam permasalahan sosial, yaitu...

Pembahasan Soal:

Jawaban: d

Masalah sosial adalah perbedaan antara harapan dan kenyataan atau sebagai kesenjangan antara situasi yang ada dengan situasi yang seharusnya. Masalah sosial dipandang oleh sejumlah orang dalam masyarakat sebagai sesuatu kondisi yang tidak diharapkan. Contoh dari permasalahan sosial, seperti kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial ekonomi, dan ketidakadilan. Permasalahan sosial timbul sebagai konsekuensi dari interaksi ataupun perbuatan-perubahan manusia. Oleh karena itu, kejadian-kejadian yang tidak bersumber dari perbuatan-perbuatan manusia bukanlah disebut permasalahan sosial. Kepincangan yang terjadi akibat bencana alam, seperti gempa bumi, banjir, gunung meletus, atau wabah penyakit dan segala yang disebabkan oleh pengaruh alam, bukanlah digolongkan sebagai permasalahan sosial. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah d. bencana alam

0

Roboguru

Masalah sosial juga akan terus ada seiring dengan berkembangnya kehidupan sosial di masyarakat. Pernyataan tersebut sejalan dengan salah satu prinsip masalah sosial, yaitu prinsip ….

Pembahasan Soal:

setiap masyarakat dengan karakteristik sosialnya masing-masing, dapat mengalami masalah sosial, baik itu masyarakat pertanian, nelayan, industri, masyarakat pedesaan, dan perkotaan. Masalah sosial memang dapat dikendalikan agar tidak tumbuh liar dan berkembang. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa masalah sosial akan muncul kembali dengan wajah dan penampilan baru. Artinya, masalah sosial juga akan terus ada seiring dengan berkembangnya kehidupan sosial di masyarakat. Di sinilah kita bisa melihat bahwa masalah sosial memiliki prinsip berkesinambungan. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Jelaskan menurut pendapatmu tentang pengertian Terorisme!

Pembahasan Soal:

Secara sosiologis terorisme merupakan paham yang mengajarkan cara  “perjuangan” dengan cara menyebar terror atau melakukan aksi menyebar rasa takut demi mencapai tujuan tertentu, baik untuk tujuan kelompok maupun tujuan pribadi. Tindakan terorisme disebabkan oleh banyak faktor di antaranya:

  1. Ketimpangan sosial ekonomi dan ketidakadilan yang memunculkan sikap terdzolimi
  2. Melemahnya konsep dasar intimitas relasi sosial organik yang menyebakan melebarnya jarak sosial
  3. Intervensi nilai baru dari berbagai belahan dunia yang menyebabkan berubahnya tata nilai sosial budaya serta memporak porandakan sendi kehidupan social indegenius masyarakat.
  4. Tidak berfungsinya lembaga sosial kemasyarakat dalam memberdayakan potensi  postif yang dimiliki masyarakat.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved