Roboguru

Tuliskan dua nilai moral yang terkandung dalam penggalan cerita tersebut!

Pertanyaan

Tuliskan dua nilai moral yang terkandung dalam penggalan cerita tersebut!space 

Pembahasan Soal:

Nilai moral mencakup pengertian tentang baik buruknya perbuatan manusia berdasarkan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.

Nilai moral yang disampaikan dalam novel pada dasarnya adalah nilai yang disampaikan pengarang dalam rangka mendidik pembaca, agar pembaca dapat mengatur tingkah lakunya untuk menjadi manusia yang baik  sesuai dengan karakter tokoh yang ditonjolkan. 

Jenis-jenis nilai moral:

  1. Nilai moral yang baik. Kategori nilai moral yang baik ini seperti adanya tindakan seseorang dalam monolong sesama yang membutuhkan satu sama lainnya. Atau perilaku seseorang yang mengikuti gotong royong untuk membersihkan lingkungan.
  2. Nilai moral yang buruk. Nilai ini seperti melakukan tindakan mencuri, korupsi, kolusi, nepostisme, dan lain sebagainya, sehingga dianggap masyarakat layak untuk memperoleh hukuman.

Sesuai dengan penjelasan mengenai nilai moral tersebut, maka nilai moral yang terdapat dalam kutipan di atas adalah:

  1. Agus Setya adalah seorang pekerja keras. Nilai moral ini dibuktikan dengan kalimat Agus Setya salah seorang pekerja yang haus akan berita aktual, la pun semakin canggih dalam berkarya.
  2. Agus seorang yang ramah kepada semua kalangan. Nilai moral ini dibuktikan dengan kalimat la rajin memasuki pelosok-pelosok tempat yang bobrok. Didekatinya para fakir miskin, dibujukinya mereka.

Dengan demikian, dua nilai moral yang terkandung dalam kutipan cerita di atas adalah Rajin, pekerja keras dan ramah kepada semua kalangan. space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Hayati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Nilai yang terdapat dalam penggalan novel tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Niai yang terdapat pada kutipan di atas adalah nilai keagamaan. Hal tersebut tergambar pada kutipan "... sujudlah ke hadirat Tuhan. Mintalah ampun kepada Tuhan Yang Maha Penyayang dan Maha Pengampun,  ..."

Nilai agama adalah nilai dalam cerpen/novel yang berhubungan dengan kepercayaan atau ajaran agama tertentu. Biasanya nilai ini dapat diketahui dengan simbol agama tertentu, kutipan atau dalil dari suatu kitab suci, dan penggambaran nilai-nilai kehidupan yang dilandasi ajaran agama yang bersifat universal.undefined 

0

Roboguru

Nilai yang dapat memberikan atau memancarkan petuah atau ajaran yang berkaitan dengan etika atau moral, disebut...

Pembahasan Soal:

Nilai yang dapat memberikan atau memancarkan petuah atau ajaran yang berkaitan dengan etika atau moral, disebut nilai moral.

Nilai moral dalam suatu karya sastra berkaitan dengan akhlak, budi pekerti atau nilai baik dan buruk yang dapat diterima secara umum, mengenai sikap, perbuatan, kewajiban, dan lain sebagainya. Nilai moral dalam karya sastra dapat bersifat baik maupun buruk.

Dengan demikian, nilai yang dapat memberikan atau memancarkan petuah atau ajaran yang berkaitan dengan etika atau moral, disebut nilai moral.undefined 

0

Roboguru

"Apa boleh buat, " keluhnya. "Bagaimana jua pun kasih dan hormatku kepada ibuku, dan bagaimana jua pun cintaku pada negeri tempat aku lahir ke dunia, tapi perbuatan dan perasaan ibuku sebagai mertua t...

Pembahasan Soal:

Etika adalah nilai kesopanan yang muncul dalam sebuah cerita. Nilai kesopanan yang dimunculkan dalam kutipan di atas adalah berkaitan dengan seorang anak yang sangat menghormati ibunya meskipun ibunya tidak merestui pernikahannya dengan gadis yang tidak sekampung. Nilai ini tampak pada kalimat bagaimana jua pun kasih dan hormatku kepada ibuku, dan bagaimana jua pun cintaku pada negeri tempat aku lahir ke dunia. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Bacalah kedua teks berikut! Teks I Kalian bersembilan. Dua orang menjadi guru; tiga hanya ibu rumah tangga; tapi menyambi berdagang; seorang perawat; dua orang bertani; seorang karyawan personalia; ...

Pembahasan Soal:

Dalam teks I, dapat dilihat usaha seorang ayah dalam mengambil keputusan. Sementara itu, teks II membicarakan perjuangan seorang anak dalam mencari nafkah sebagai seorang pemulung, meskipun dia merupakan seorang sarjana.

Dengan demikian, nilai moral pada teks I adalah Seorang Ayah harus bijaksana dalam mengambil keputusan, sedangkan nilai moral pada teks II adalah Jika ingin sukses berkarier, lakukanlah apa saja asal halal.

0

Roboguru

Perhatikan kutipan buku fiksi berikut!     Kalian, anak-anakku, semakin susah ditemukan di rumah. Malam itu, apakah kalian ingat? Aku menunggu di beranda. Aku harus bisa bicara kepada kalian. Besokn...

Pembahasan Soal:

Nilai merupakan sesuatu yang penting, berguna, atau bermanfaat bagi manusia. 

Nilai yang didapatkan dalam kutipan buku fiksi tersebut adalah nilai moral: kita harus mengingat keluarga kita sendiri, apalagi orang tua kita. Bersikap baiklah kepada Ibu, hargai ibu dan bersikaplah sewajarnya sekalipun kita mempunyai masalah di luar rumah, jangan membawa kesan tidak baik kepada orang di rumah.

Alasannya, pada cerpen tersebut menceritakan tokoh aku yaitu seorang ibu yang rindu keadaan keluarganya yang hangat seperti dahulu. Namun, kenyataannya anak-anak ibu tersebut bersikap tak acuh kepada ibunya sendiri sampai tidak mengucap salam dan tidak berbicara pada ibunya sendiri.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved